Sukses

Cara Menambahkan Tautan ke Catatan di iOS 17 dan iPadOS 17

Hadirnya iOS 17 dan iPadOS 17, pengguna dapat menambahkan tautan ke catatan dengan beberapa cara berbeda, untuk langkah-langkahnya, simak artikel berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, Apple telah menyempurnakan aplikasi catatannya agar pengguna dapat menambahkan lebih dari sekadar teks ke catatan. Pengguna dapat menambahkan foto dan gambar, dokumen yang dipindai, dan bahkan gambar melalui Apple Pencil.

Dan sekarang, dengan hadirnya iOS 17 dan iPadOS 17, pengguna dapat menambahkan tautan ke catatan.

Fitur penautan dapat dilakukan dalam beberapa cara berbeda. Pengguna bisa menambahkan tautan ke halaman web dalam catatan. Mengklik tautan yang ditambahkan akan membuka Safari dengan halaman yang dihasilkan.

Lebih kerennya lagi, pengguna bisa menambahkan tautan ke catatan lain. Jika pengguna mengklik tautan tersebut, maka itu akan membuka catatan lainnya.

Memasukkan tautan dengan cara ini memungkinkan pengguna menghubungkan catatan yang berbeda, tetapi saling terkait. Untuk mengetahui cara kerjanya, berikut Liputan6.com rangkum dari Zdnet, Minggu (22/10/2023).

Cara menyisipkan tautan yang dapat diklik di aplikasi Catatan

1. Perbarui perangkat 

Pertama, pastikan kamu telah memperbarui perangkat ke versi iOS 17. Buka Pengaturan, pilih Umum, lalu ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.

Kemudian, kamu akan diberitahu bahwa OS tersebut mutakhir atau diminta untuk mengunduh dan menginstal pembaruan terkini.

2. Tautan ke halaman web

Selanjutnya, buat atau buka catatan di aplikasi Catatan. Tulis teks yang ingin ditambahkan tautan, lalu pilih. 

Cara lainnya, ketuk area kosong mana pun pada catatan yang ingin ditambahkan tautan. Geser menu pop-up dan ketuk opsi untuk Tambahkan Tautan. 

3. Masukkan URL halaman web

Kamu juga bisa hanya dengan mengetikkan URL di kolom "Tautan ke" pada layar "Tambahkan Tautan". Alternatifnya, buka Safari atau browser lain dan telusuri situs yang ingin ditautkan.

Ketuk di bidang alamat untuk memilih URL. Ketuk alamat yang dipilih dan Salin. Kembali ke catatan, ketuk di bidang "Tautan ke" lalu ketuk Tempel untuk memasukkan URL. Setelah selesai, ketuk Selesai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka dan Tambahkan Nama Catatan

4. Buka halaman web tertaut

Tautan yang kamu tambahkan di catatan sekarang digarisbawahi dan dapat diklik. Klik tautan atau teks tertaut, dan Safari akan membuka halaman web terkait.

5. Tautan ke catatan lain

Untuk menautkan ke catatan lain, tinjau catatan terlebih dahulu untuk menemukan catatan yang ingin  ditautkan. Kemudian, buka catatan yang ingin kamu sisipkan tautannya.

Pilih teks yang ingin digunakan untuk tautan atau cukup ketuk area kosong mana pun. Ketuk Tambahkan Tautan dari menu pop-up. 

6. Tambahkan nama catatan

Ketikkan nama catatan yang ingin ditautkan. Aplikasi akan menampilkan nama yang sesuai dengan yang kamu ketikkan. Dari daftar, ketuk nama catatan yang ingin ditautkan.

Secara default, teks yang ditautkan tetap mempertahankan namanya. Untuk mengubah namanya menjadi catatan tertaut, aktifkan "Gunakan Judul Catatan sebagai Nama". Setelah selesai, ketuk Selesai.

3 dari 4 halaman

Lakukan Ini Untuk Bekerja dengan Tautan Atau Menghapus Tautan

7. Buka catatan tertaut

Untuk membuka tautan, cukup ketuk tautannya dan kamu akan dibawa ke catatan terkait.  

8. Bekerja dengan tautan

Untuk bekerja dengan item tertaut, tekan tautannya. Dari menu, kamu dapat membuka tautan, menyalin tautan, atau membaginya dengan orang lain atau aplikasi lain.

9. Hapus tautannya

Untuk menghilangkan tautan, pilih seluruh teks yang ditautkan. Dari menu pop-up, ketuk Hapus Tautan. Tautan tersebut kemudian dihapus, meskipun teksnya sendiri tetap ada.

 

4 dari 4 halaman

Apple Rilis Update iOS 17 Buat Atasi Masalah Panas di iPhone 15

Di sisi lain, jajaran iPhone 15 yang baru diluncurkan Apple beberapa waktu lalu, sempat dikeluhkan oleh pengguna yang menemukan ponsel mereka terlalu panas saat digunakan.

Kondisi panas itu dilaporkan terjadi saat penggunaan aplikasi tertentu seperti Instagram. Masalah lain yang dilaporkan adalah pemrosesan latar belakang setelah transfer dan bug di iOS 17.

 Pada Kamis kemarin, Apple pun sudah merilis update software untuk iOS 17, yang mengatasi sejumlah masalah tersebut, seperti yang diumumkan di laman Support-nya, dikutip Sabtu (7/10/2023).

"Pembaruan ini menyediakan perbaikan bug yang penting dan pembaruan keamanan, serta dan mengatasi masalah yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih hangat dari yang diperkirakan," tulis Apple.

Dalam rincian pembaruan untuk patch ini, Apple mencantumkan dua perbaikan yang ditujukan pada iOS dan iPadOS.

Salah satunya adalah eksploitasi kernel untuk penyerang dengan akses lokal ke perangkat yang menurut Apple "mungkin telah dieksploitasi secara aktif terhadap versi iOS sebelum iOS 16.6."

Ada juga perbaikan untuk bug libvpx, yang menurut CISA, memungkinkan seseorang mengambil alih perangkat dari jarak jauh, yang juga telah ditambal baru-baru ini di aplikasi seperti Chrome dan Firefox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini