Sukses

FaceTime iOS 17 Bisa Kirim Reactions Animasi Hingga Pesan Video, Ini Cara Pakainya

FaceTime pada iOS 17 dihadirkan dengan berbagai fitur terbaru, di antaranya fitur pemberi efek animasi dan pesan video, berikut cara menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Reactions di FaceTime merupakan efek animasi yang baru-baru ini diperkenalkan Apple lewat update iOS 17. Efek ini akan muncul di layar kamu saat melakukan obrolan video.

Reaction ini sama seperti yang biasa digunakan ketika memberikan respons di Messages, seperti hati, kembang api, dan jempol. Namun bedanya, di FaceTime usai update iOS 17, efek ini menonjolkan bahasa tubuh dengan animasi 3D.

Selain itu, selama panggilan video, efek animasi ini sedikit berbeda. Kamu dapat mengaktifkannya secara manual atau menggunakan gerakan tangan. 

Sebagai contoh, pengguna iPhone kini dapat membuat bentuk hati dengan tangan. Dengan melakukan gerakan itu, hati kecil berwarna merah akan mulai muncul dari tengah. 

Dijelaskan lebih lanjut, reactions dengan animasi 3D ini juga akan muncul di macOS Sonoma dan iPadOS 17.

Jika kamu belum menjelajahi fitur ini, simak cara-cara berikut ini untuk memaksimalkan Reactions ketika melakukan panggilan video di FaceTime, seperti dikutip dari Engadget, Minggu (8/10/2023). 

Cara Aktifkan Reactions Secara Manual di FaceTime 

Cara paling mudah untuk membuat reactions adalah dengan menekan gambar dirimu saat melakukan panggilan FaceTime. Hal ini akan memunculkan menu popup muncul di bagian atas.

Dari situ, kamu akan melihat delapan reaction yang dapat dipilih. Kamu dapat memilih ikon jempol ke atas atau jempol ke bawah untuk memunculkan simbol masing-masing di samping wajah.  

Kalau kamu mengetuk bentuk hati, jejak hati berwarna merah akan muncul di layar. Untuk menunjukkan kegembiraan, kamu juga bisa memilih ikon balon atau simbol konfeti untuk memicu tampilan warna-warni di layar. 

Seperti di Message, kamu bisa memicu pertunjukan kembang api atau sinar laser yang funky. Kamu juga bisa membuat layar menjadi gelap dan suram dengan mengetuk ikon hujan di layar perangkat Apple tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Pakai Gerakan Tangan untuk Munculkan Efek di FaceTime

Selain secara manual, kamu juga dapat mengaktifkan efek animasi ini dengan gerakan tertentu. Misalnya, kamu dapat membuat gelembung jempol ke atas atau jempol ke bawah di layar dengan melakukan gerakan yang sama.

Jika kamu mengacungkan jempol dua kali dengan kedua tangan, layar akan menjadi gelap, dan kembang api akan muncul di latar belakang.

Sementara, jika kamu melakukan dua kali jempol ke bawah, kamu akan melihat animasi hujan di seluruh layar. Selain itu, jika kamu membuat bentuk hati dengan tangan, layar akan menyala dengan sekumpulan emoji hati di tempat telapak tangan kamu.

Lalu ketika kamu membentuk tanda perdamaian (peace) dengan tangan kamu, layar akan dipenuhi dengan sekumpulan balon mengambang berwarna-warni.

Jika kamu membuat dua tanda perdamaian (peace), itu akan memunculkan konfeti. Terakhir untuk memunculkan pertunjukan sinar laser, pengguna harus membuat dua tanda tanduk atau metal dengan tangan. 

3 dari 4 halaman

Cara Meninggalkan Pesan Video di FaceTime di iOS 17

Tidak hanya dapat menambahkan efek animasi pada video FaceTime, kamu sekarang juga memiliki opsi untuk merekam dan mengirim pesan video jika seseorang tidak menjawab panggilan.

Untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Mulai FaceTime

Pilih kontak yang ingin dihubungi, lalu ketuk FaceTime di bagian bawah. Jika tidak ada yang mengangkat, kamu akan melihat "[Kontak] Tidak Tersedia" dan kamu akan diberikan dua opsi.

Kamu bisa menelepon mereka lagi atau menekan Rekam Video untuk meninggalkan pesan.

2. Ketuk Opsi Rekam Video

Pilih Rekam Video dan kamu akan melihat hitungan mundur di layar. Kemudian kamu dapat merekam pesan yang ingin disampaikan.

3. Kirim pesan video 

Setelah selesai mengucapkan apa yang ingin disampaikan, ketuk Kirim. Kami juga bisa memilih Ambil Ulang video.

Jika kamu mengirim pesan video, penerima akan melihatnya di log panggilan tidak terjawab dalam aplikasi FaceTime mereka. 

4 dari 4 halaman

24 Ringtone Baru di iOS 17, Pengguna iPhone Kini Punya Lebih Banyak Pilihan

Di sisi lain, bersama dengan iOS 17, Apple telah merilis sejumlah nada dering baru. Nada dering ini hadir dengan umpan balik haptic yang lebih kuat dan beberapa nada dering memiliki nuansa unik.

Nada dering baru di iOS 17 ini tentu memungkinkan pengguna mengganti suasana ponsel mereka, sekaligus memberikan elemen personalisasi yang lebih besar. 

Selain 24 nada dering baru, Apple juga menambahkan 12 nada peringatan baru. Nada-nada ini berfungsi lebih baik untuk notifikasi yang lebih pendek, seperti teks dan peringatan aplikasi, daripada nada dering yang lebih panjang.

Dengan pembaruan ini, pengguna iPhone tentu memiliki pengalaman yang lebih unik dan menarik saat ponsel mereka berdering. Adapun beberapa daftar nada dering tersebut adalah Arpeggio, Breaking, Canopy, Chalet, Chirp, Daybreak, dan Departure.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.