Sukses

Fitur Baru Personal Voice di iOS 17, Bisa Ubah Teks Jadi Suara Pengguna

Personal Voice, merupakan fitur baru berbasis machine learning pada iOS 17 yang ramah bagi pengguna disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Update iOS 17 yang baru saja dirilis Apple memiliki beberapa fitur aksesibilitas baru yang ramah bagi penyandang disabilitas. Salah satunya adalah Personal Voice yakni fitur berbasis machine learning untuk menghasilkan suara buatan dari pengguna

Dikutip dari Mashable, Kamis (28/9/2023), Personal Voice dibuat berdasarkan sampel audio yang direkam, serta berfungsi dengan Live Speech (fitur aksesibilitas lain yang baru di iOS 17) untuk mengubah teks menjadi audio.

Dengan Personal Voice dan Live Speech, pengguna dapat mengetik pesan di FaceTime atau saat melakukan panggilan. Jadi, fitur ini akan mengatakan hal yang ingin dibicarakan pengguna dengan suara buatan.

Apple pun memastikan pengguna memiliki kendali penuh terhadap fitur ini, karena pembelajaran mesin dilakukan secara lokal di perangkat. Oleh sebab itu, informasi pribadi pengguna akan tetap aman dan terjaga. 

Fitur ini disebut akan sanngat membantu orang mengekspresikan dirinya, terlepas dari kondisi mereka. Fitur baru di iOS 17 ini pun bisa membantu orang yang sedang kehabisan suara atau tidak dapat berbicara secara langsung. 

Sebelum mulai memakai Personal Voice, ada baiknya mengetahui kalau diperlukan beberapa saat untuk menyiapkannya. Untuk memakai fitur ini, pengguna membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk melatih modelnya.

Tidak hanya itu, pemrosesan suara fitur baru di iOS 17 ini juga dibutuhkan waktu beberapa jam. Maka dari itu, pengguna perlu menyiapkan waktu cukup lama untuk mulai bisa memakainya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatur Personal Voice

1. Memulai

Masuk ke Settings > Accessibility > Personal Voice (pada bagian Speech). Kemudian, pada Personal Voice, ketuk "Create a Personal Voice."

Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk merekam 150 frasa dengan suara keras di tempat yang sunyi. Pengguna harus berbicara secara alami dan menjaga jarak perangkat sekitar 6-12 inci.

Pengguna dapat menjeda antar frasa, atau menyimpan dan menutupnya, sehingga pengguna dapat kembali ke proses penyiapan di lain waktu.

2. Periksa kualitas suara

Setelah memberi nama Personal Voice, pengguna akan diminta untuk memeriksa kualitas suara sebelum melanjutkan.

3. Rekam sampel audio

Setelah pengguna siap melakukannya, saatnya memberikan sampel audio dengan membacakan 150 frasa. Frasa tersebut merupakan kombinasi pertanyaan dan pernyataan yang bervariasi dari fakta sejarah hingga potongan teks acak. 

Semua ini dirancang untuk menangkap keseluruhan suara pengguna dalam konteks dan intonasi yang berbeda. Oleh karena itu, pengguna perlu menyediakan begitu banyak sampel audio. 

Langkah ini dapat menghabiskan waktu sekitar 15-20 menit, tergantung pada jeda dan kecepatan membaca.

 

3 dari 4 halaman

Setelah Mengatur Personal Voice, Kamu Bisa Menggunakannya

4. Hubungkan iPhone dan biarkan saja

Setelah pengaturan selesai, saatnya membiarkan machine learning melakukan tugasnya. Klik lanjutkan, setelah selesai merekam dan berikutnya adalah mempersiapkan Personal Voice kamu. 

Untuk melakukan ini, iPhone harus dikunci dan dicolokkan. Dalam mode terkunci, Personal Voice akan diproses dan pengguna bakal menerima notifikasi jika sudah siap.

Setelah melakukan pengaturan Personal Voice, selanjutnya adalah cara menggunakannya. Nah, berikut ini cara menggunakan Personal Voice.

1. Tambahkan Personal Voice ke Live Speech

Setelah Personal Voice diatur, mulailah menggunakannya dengan menambahkan ke koleksi suara di Live Speech. 

Buka Settings > Accessibility > Live Speech

Setelah itu, aktifkan Live Speech. Di halaman yang sama, ketuk di bawah VoicePersonal Voice akan menjadi opsi untuk dipilih di bagian atas. Ketuk Personal Voice untuk memilihnya dari daftar.

4 dari 4 halaman

Gunakan Personal Voice untuk Panggilan dan FaceTime

2. Aktifkan Live Speech di FaceTime atau panggilan

Untuk menggunakan Personal Voice, pengguna harus mengaktifkan Live Speech. Lakukan ini dengan mengklik tiga kali tombol samping. 

Sebuah jendela di bagian bawah layar akan muncul dan meminta pengguna untuk mengetik pesan. Saat pengguna menekan enter, akan terdengar suara pengguna versi buatan AI. . 

Dari situ, pengguna dapat mengaksesnya kapan saja, serta sudah dapat memakainya ketika melakukan panggilan FaceTime atau telepon. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.