Sukses

Vivo Kembangkan Smartphone Layar Lipat Kelas Menengah?

Vivo merilis informasi mengenai dua smartphone lipat baru mereka, Vivo S Flip dan V Flip yang disinyalir akan menjangkau HP kelas menengah.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone layar lipat belakangan ini menjadi sebuah tren yang sedang dikembangkan oleh para pabrikan HP, seperti yang terakhir ini adalah pabrikan asal Korea Selatan, Samsung, yang keluarkan Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5.

Tak mau kalah dari pesaingnya, Vivo juga berlomba dalam tren ini dengan mengeluarkan Vivo X Fold 2 sebagai smartphone layar lipat flagship mereka.

Namun dikutip dari GSM Arena, Senin (25/9/2023), terdapat dua daftar merek dagang baru dari Vivo yang muncul di situs web EUIPO (Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa).

Dua daftar merek dagang baru ini kemungkinan mengacu pada smartphone layar lipat clamshell masa depan bernama Vivo V Flip dan Vivo S Flip.

Saat ini, perusahaan memiliki smartphone layar lipat standar dengan nama Vivo X Fold 2 dan smartphone lipat vertikal bernama Vivo X Flip. Mengingat keduanya adalah model flagship, sangat mungkin model V Flip dan S Flip di masa depan adalah semacam model kelas menengah.

Rumor tentang dua smartphone layar lipat yang ramah anggaran tampaknya tidak terlalu mengada-ada. Mungkin OEM  ini mengincar segmen smartphone layar lipat yang masih belum tersentuh.

Serupa, Motorola baru-baru ini meluncurkan duo Razr 40, dengan fokus pada ponsel budget, serta adanya rumor bahwa Samsung mempertimbangkan untuk membuat smartphone layar lipat yang lebih murah. 

Seiring dengan semakin matangnya pasar foldable dan teknologi layar lipat menjadi lebih mudah diakses, akan lebih banyak produk smartphone murah yang dapat dilipat dan tampaknya tren ini sudah dimulai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumor Foldable Samsung

Sementara itu, setelah sukses meluncurkan serangkaian smartphone layar lipat, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, kini berencana untuk memperkenalkan tablet lipat dan laptop lipat ke pasar.

Sebuah pernyataan dari salah satu eksekutif perusahaan memastikan bahwa mereka tengah mengembangkan teknologi lipat ini untuk diintegrasikan ke dalam lebih banyak produk elektronik.

Akhir Juli 2023, Samsung meluncurkan Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Flip 5 dalam acara Galaxy Unpacked yang kedua dalam tahun ini. Ponsel layar lipat tersebut hadir bersamaan dengan rangkaian Galaxy Tab S9 yang terdiri dari Tab S9, Tab S9 Plus, dan Galaxy Tab S9 Ultra.

Kepala Bisnis Mobile eXperience Samsung, TM Roh, mengonfirmasi dalam wawancara dengan Independent bahwa laptop dan tablet lipat bisa menjadi rencana masa depan perusahaan. TM Roh meyakini, tablet versi lipat akan mendapat sambutan baik di pasaran.

TM Roh mengatakan, seperti buku atau buku catatan, smartphone layar lipat lebih mudah disimpan saat tidak digunakan atau dibawa saat dalam perjalanan sambil tetap menjaga semua informasi penting.

Untuk itulah, perusahaan berpikir untuk membawa teknologi layar lipat serupa ke dalam tablet dan laptop. Namun, eksekutif Samsung ini tidak memberikan jadwal pasti untuk peluncuran produk-produk ini.

3 dari 4 halaman

Informasi Spesifikasi Vivo X Fold 2

Masih dari GSM Arena, VP Vivo Huang Tao telah mengungkap Vivo X Fold 2 akan menjadi smartphone yang didesain resmi untuk Forum Boao 2023.

Dengan kata lain, smartphone ini akan ditampilkan sebagai demo untuk bidang teknologi, desain, dan inovasi Tiongkok di forum tersebut. Jadi, pada event tersebut, penampakan Vivo X Fold 2 akan diungkap, sebelum resmi diperkenalkan pada April 2023.

Selain informasi mengenai kehadirannya, informasi mengenai spesifikasi smartphone layar lipat ini juga mulai bermunculan. Salah satunya adalah Vivo X Fold 2 disebut akan memiliki baterai berkapasitas 4.800mAh dan mendukung fast charging 120W.

Berdasarkan rumor lain, smartphone ini akan memiliki kamera yang menggunakan sensor Sony IMX866, OIS, dan V2 ISP. Sensor itu pun disebut sama dengan kamera utama 50MP yang ada di Vivo X90 dan iQOO 11 Pro.

Sementara untuk dapur pacu, penerus Vivo X Fold ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Perangkat ini disebut akan memiliki sensor sidik jari ultrasonic di kedua layarnya.

Selain Vivo X Fold 2, Vivo disebut juga akan memperkenalkan Vivo X Flip di event yang sama. Karenanya, menarik untuk mengetahui pengumuman resmi dari Vivo mengenai kehadiran perangkat tersebut.

4 dari 4 halaman

Alasan Smartphone Lipat Laku Keras

Seperti yang telah kita ketahui,  Samsung telah meluncurkan seri Galaxy Foldables terbaru mereka dalam ajang Galaxy Unpacked 2023, yaitu Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5.

Tak hanya menjanjikan desain inovatif dan fitur canggih, Galaxy X Flip5 dan Z Fold5 juga hadir dengan performa tangguh.

Tidak heran, jika banyak konsumen tertarik untuk memiliki smartphone layar lipat ini. Hal ini terlihat dari hasil sesi pre-order Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5 pada 26 Juli hingga 17 Agustus 2023.

Lalu berapa banyak jumlah seri Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 yang sudah terjual di pasaran? Sayangnya, pihak Samsung masih belum memiliki data terkini terkait hal tersebut.

"Kami masih memantau hasil penjualan hingga saat ini," kata Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, di workshop Join the Flip Side, Senin (4/8/2023).

Dia menambahkan, "Namun dari angka pre-order Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 meningkat 1,5 kali lipat dibandingkan pre order seri HP layar lipat Galaxy sebelumnya (Galaxy Z Fold4 dan Flip4)."

Tercatat hingga hari ini, device paling diminati masyarakat ialah Samsung Galaxy Z Flip5 dengan warna Mint Green dan Galaxy Z Fold5 dengan warna Icy Blue.

Alasannya, kedua opsi warna tersebut adalah baru di masing-masing model.

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini