Sukses

iPhone 15 Punya Bug Tak Bisa Transfer Data dari HP Lama, Simak Langkah Mudah Atasinya

Beberapa pengguna iPhone 15 mengeluhkan permasalahan yang terjadi saat mencoba melakukan pengaturan. Berikut cara untuk mengatasi hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 15 baru saja resmi diluncurkan. Namun, beberapa pemilik iPhone baru ini mengeluhkan permasalahan yang terjadi saat mencoba melakukan pengaturan.

Dikutip dari Mashable, Senin (25/9/2023), Apple menyatakan, masalah ini muncul ketika pengguna ingin mentransfer data dari iPhone lama ke iPhone 15 atau iPhone 15 Pro dengan iOS terbaru. 

Biasanya untuk melakukan pemindahan data, pengguna harus memilih opsi "From Another iPhone" selama pengaturan. Namun, saat melakukannya, beberapa iPhone 15 akan membeku dan menampilkan logo Apple.

Kendati demikian, pengguna tidak perlu khawatir jika iPhone 15 macet di logo Apple. Sebab, ada cara untuk mengatasi hal tersebut seperti pembahasan berikut ini.

Lakukan Update ke iPhone 15

Bagi para pengguna yang baru saja membeli iPhone 15 dan belum mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah normal untuk mengatur iPhone 15 tanpa menggunakan opsi transfer data. 

Selanjutnya, unduh update baru yang baru saja dirilis Apple, iOS 17.0.2, untuk memperbaiki masalah transfer data.

Beberapa pengguna telah melaporkan, iPhone mereka langsung meminta update ke iOS terbaru ketika pengaturan awal. Namun, apabila hal itu tidak muncul, pengguna harus melalui seluruh proses penyiapan seperti yang disebutkan di atas. 

Kemudian, setel ulang iPhone 15 ke setelan pabrik dan ulangi proses penyiapan. Dan, pengguna dapat memilih opsi transfer data "From Another iPhone" tanpa masalah apa pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana jiPhone 15 Hanya Menampilkan Logo Apple di Layar?

Jika iPhone 15 terjebak dalam loop boot-up di logo Apple, jangan khawatir. Apple juga sudah punya cara untuk memperbaikinya, tapi untuk melakukannya kamu harus menggunakan komputer. 

Pertama, masukkan iPhone 15 ke mode pemulihan. Untuk melakukan ini, gunakan kabel, sambungkan iPhone 15 ke komputer. 

Kemudian, tekan dan lepaskan tombol volume atas, serta diikuti dengan tekan dan lepaskan cepat tombol volume bawah. 

Selanjutnya tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple di iPhone 15 digantikan dengan gambar komputer dan kabel. Setelah itu, di komputer temukan perangkat iPhone di Finder atau iTunes, pilih opsi "Restore". 

Apple mengatakan, jika iPhone restart saat komputer masih mengunduh pembaruan, pengguna harus kembali ke proses sebelumnya untuk mengembalikan iPhone ke mode pemulihan.

Setelah pembaruan diinstal, pengguna dapat melakukan proses pengaturan di iPhone sekali lagi. Bagi pengguna iPhone 15, mereka dapat melanjutkan dan mentransfer data dari ponsel lama, atau bisa melalui backup data yang ada di iCloud.

3 dari 4 halaman

Tingkatkan ke iPhone 15 dan Hindari Frozen Screen Bug

Transfer langsung Quick Start biasanya merupakan cara termudah untuk meningkatkan ke iPhone baru dan memindahkan semua data dengan lancar.

Namun dengan kehadiran iOS 17, ada bug yang dapat membekukan iPhone di layar boot, sehingga memaksa pengguna melakukan DFU (peningkatan firmware perangkat).

Dikutip dari 9to5mac, sebelum melakukan transfer langsung, pastikan untuk melakukan upgrade ke iOS 17.0.2. Cara lain adalah dengan memakai cadangan iCloud atau Mac untuk memulihkan.

1. Pulihkan Backup dari iCloud atau Mac

  • Buat cadangan baru dengan iCloud atau Mac.
  • Nyalakan iPhone baru.
  • Update iPhone 15 ke iOS 17.0.2.
  • Ikuti petunjuk di layar, lewati opsi Quick Start, lalu pilih 
  • Masuk dengan iCloud dan pilih cadangan, atau sambungkan iPhone baru ke Mac/PC dengan kabel Lightning untuk memulihkan dari cadangan Mac/PC

2. Atur Sebagai Perangkat Baru

Pengguna dapat memilih untuk mengatur iPhone 15 seperti baru. Lalu, mengunduh aplikasi secara manual serta memasukkan data lain sesuai keinginan. 

Salah satu manfaat utamanya adalah pengguna bisa mendapatkan perangkat yang benar-benar baru. Untuk melakukannya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi Settings,
  • Ketuk General
  • Geser ke bawah dan ketuk Transfer or Reset iPhone
  • Pilih Erase All Content and Settings
  • Ikuti petunjuknya untuk menghapus iPhone sepenuhnya
4 dari 4 halaman

Perbedaan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro

Apple telah resmi mengungkap iPhone 15 sebagai lini iPhone tahun ini. Ada empat model iPhone 15 yang dirilis yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Buat kamu yang tertarik untuk upgrade perangkat ke iPhone 15 tetapi bingung mau pilih model yang mana, berikut Tekno Liputan6.com, berikan informasi sejumlah perbedaan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro, dikutip dari Cnet, Jumat (15/9/2023):

Kedua iPhone, baik itu iPhone 15 dan iPhone 15 Pro sama-sama hadir dengan layar berukuran 6,1 inci dengan jenis Super Retina XDR yang memiliki resolusi 2.556x1.179 piksel.

Kendati demikian, layar iPhone 15 Pro didukung fitur bernama ProMotion, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah refresh rate antara 10Hz hingga 120Hz. Sementara, iPhone 15 didukung refresh rate standar 60Hz.

Selain itu, iPhone 15 Pro juga dibekali layar Always on Display yang membuatnya bisa tetap menyala dan redup ketika isi daya. Pada iPhone 15, tidak ada fitur layar Always on Display.

iPhone 15 memiliki frame aluminium dengan bagian belakang kaca yang warnanya senada. Sementara frame iPhone 15 Pro terbuat dari material titanium dengan bagian belakang kaca matte bertekstur.

iPhone 15 menggunakan dua kamera di bodi belakang. Sementara iPhone 15 Pro memiliki tiga kamera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.