Sukses

Apple Gulirkan iOS 17.0.1 dan iPadOS 17.0.1, Perbaiki Bug dan Celah Keamanan

Apple merilis pembaruan iOS 17.0.1 dan iPadOS 17.0.1 hanya beberapa hari setelah peluncuran iOS 17 dengan membawa perbaikan bug.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Apple telah merilis iOS 17 dengan berbagai fitur baru yang hadir pada sejumlah seri iPhone XR ke atas. Seperti halnya sistem operasi lain, versi pertama iOS 17 ini masih diwarnai dengan beberapa bug dan celah keamanan yang dapat dieksploitasi.

Untuk itu, Apple mengumumkan telah menggulirkan update iOS 17.0.1 dan iPadOS 17.0.1 untuk iPhone dan iPad, dengan menambahkan perbaikan bug pada perangkat lunak baru tersebut. 

Dikutip dari Mac Rumors, Sabtu (23/9/2023), pembaruan iOS 17.0.1 dan iPadOS 17.0.1 hadir hanya beberapa hari setelah Apple meluncurkan iOS 17 dan iPadOS 17.

Perangkat lunak dengan versi 21A340 ini, dapat diunduh di iPhone dan iPad di atas jenis Air dengan membuka Pengaturan (Settings)>Umum (General)>Pembaruan Perangkat Lunak (Update Software). 

Selain iOS 17.0.1, ada juga pembaruan iOS 17.0.2 terpisah (build 21A350) yang akan tersedia untuk model iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Menurut catatan Apple, pembaruan ini menyediakan perbaikan bug dan pembaruan keamanan penting untuk semua perangkat yang memenuhi syarat.

Dokumen dukungan keamanan Apple mengonfirmasi pembaruan tersebut mengatasi beberapa celah keamanan yang mungkin telah dieksploitasi dalam versi iOS sebelum iOS 16.7.

Apple juga telah merilis iOS 16.7 (build 20H19) bagi mereka yang belum memperbarui sistem operasi smartphone ke iOS 17, atau mereka yang tidak dapat memperbarui.

Mendengar maraknya kasus eksploitasi celah keamanan pada iPhone, penting bagi kamu untuk segera lakukan pembaruan sistem operasi agar terhindar dari masalah tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 iPhone Ini Tak Dapat Update iOS 17, Apa Alasannya?

Seperti yang telah disebutkan, terdapat beberapa seri iPhone lawas yang tidak mendapatkan update iOS 17. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi alasan Apple memutus dukungan iOS 17 untuk perangkat lawas mereka?

Salah satunya terkait untuk memberikan performa optimal untuk model ponsel sebelum iPhone 15 series, dan tidak memiliki performa setara dengan deretan iPhone dua atau tiga tahun belakangan ini.

Tak hanya itu, sejumlah fitur baru iOS 17 tentunya belum tentu bisa terpenuhi oleh kemampuan iPhone lawas dengan chipset A11 Bionic, sebagaimana dikutip dari Make Use Of, Selasa (19/9/2023).

Walau iPhone X mengusung teknologi Neural Engine, nyatanya hal tersebut tidak mampu mengakomodir fitur-fitur baru yang ditawarkan Apple lewat update iOS 17 ini.

Dengan ini, Apple dapat fokus untuk "memoles" fitur yang ingin dihadirkan dalam iOS 17 dan dapat digunakan pengguna iPhone lawas tanpa terkendala dan performa stabil.

Namun, tidak lagi mendukung iPhone lawas ini dapat menjadi cara "jitu" agar pengguna iOS untuk meng-upgrade ponsel Apple lama mereka ke yang lebih baru atau terkini, seperti iPhone 15 series.

Walau iPhone 8 ke bawah yang tidak kebagian iOS 17 masih bisa mengoptimalkan perangkat mereka. Model ini tetap mendapatkan update keamanan dan bug melallui iOS 16.7.

Berikut ini adalah daftar seri iPhone yang kebagian update iOS 17.

3 dari 4 halaman

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17, Apa Saja?

Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17:

  • iPhone XR
  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE (2nd generation)
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone SE (3rd generation)
  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max
4 dari 4 halaman

5 fitur Baru iOS 17 yang Wajib Dicoba

Setelah melakukan update ke iOS 17, berikut daftar fitur yang dapat kamu coba:

Mode StandBy

Ketika iPhone kamu sedang diisi daya dan diletakkan landscape, iPhone akan masuk ke mode baru dan berubah menjadi semacam layar pintar. 

Layar ini akan menampilkan waktu, dan kamu dapat menambahkan fitur tambahan, seperti berita utama atau foto atau widget lainnya. 

Fitur ini dimaksudkan untuk membuat ponsel kamu lebih bermanfaat saat tidak berada di tangan kamu (kapan pun itu). Namun, yang membuatnya lebih menarik adalah bagaimana fitur ini menampilkan kalender, jam, dan pemutar musik. 

Layar akan mati secara otomatis, kecuali kamu memiliki iPhone 14 Pro atau yang lebih baru dan mengaturnya untuk selalu menyala.

Menyaring Gambar Tidak Pantas

Gambar seksual yang tidak diinginkan adalah masalah lama. Apple mencoba mengatasinya dengan fitur baru yang disebut Peringatan Konten Sensitif atau Sensitive Content Warnings. 

Ketika diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis mendeteksi gambar dan video telanjang dan memburamkannya, menampilkan peringatan dan opsi untuk melihat atau menolak. 

Efek buramnya tidak terlalu spesifik, sehingga kamu tidak akan bisa menebak berdasarkan siluet gambar. Ini akan berlaku untuk gambar yang diterima di Pesan, pesan FaceTime, dan melalui AirDrop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.