Sukses

Steam Ulang Tahun ke-20, Bawa Nostalgia dengan Tampilan Warna Hijau Tentara

Steam menghadirkan warna hijau sebagai latar tampilan situsnya, sebagai bentuk nostalgia dan merayakan hari ulang tahun ke-20.

Liputan6.com, Jakarta - Steam merayakan hari jadi mereka yang ke-20 pada Selasa, (12/9/2023), dengan mengubah tampilan situs mereka menjadi warna army green atau hijau tentara.

Warna army green ini menjadi warna pertama yang digunakan dalam tampilan awal Steam dulu. Karenanya, penggunaannya sekarang bertujuan untuk membangkitkan nostalgia bagi para pengguna lama.

Meski begitu, tampilan ini tampaknya cuma sehari saja yaitu pada 12 September 2023 waktu setempat.

Selain itu, mereka juga memberikan beberapa diskon untuk banyak judul game, serta membuat landing page khusus yang berisi sejarah perjalanan Steam dari tahun 2003.

Mengutip laman tersebut, Valve mengumumkan peluncuran Steam di Game Developer Conference tahun 2002. Menurut perusahaan, saat itu platform tersebut digunakan untuk memudahkan perilisan update game-game mereka.

"Namun, tujuan utamanya adalah memberi pengembang game, sebuah cara untuk menjangkau pemain dan membangun audiens mereka secara langsung," tulis Valve.

Kemudian pada Maret 2004, Counter-Strike: Condition Zero menjadi gim pertama yang dirilis Valve melalui Steam, dengan Half-Life 2 melakukan debut pada 16 November di tahun yang sama.

Valve juga sempat merilis Codename: Gordon di platform itu pada bulan Mei, tapi akhirnya dihapus.

Di 2008, Valve merilis Steamworks, alat dan layanan buat para pengembang dan publisher, untuk menggarap gim mereka dan mendapatkan hasil yang maksimal dari mendistribusikan game di platform itu.

Steam Cloud juga dirilis oleh Valve pada 2008 sebagai platform yang memungkinkan pengembang untuk menyimpan file game mereka secara jarak jauh dan memberikan pemain akses ke simpanan game mereka di server Steam dari komputer mana pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikan Badge Khusus Buat Akun Terlama

Steam lalu menambahkan dukungan untuk macOS dan meluncurkan Steam Play untuk pengguna Linux pada 2010. Steam Wallet dan toko dalam game TF2 juga dirilis tahun ini.

Seiring berjalannya waktu, Steam akhirnya meluncurkan fitur pengembalian dana atau refund, penghargaan Steam Awards, hingga merilis konsol gaming handheld sendiri yaitu Steam Deck.

Selain itu, mengutip IGN, merayakan ulang tahun mereka ke-20, Valve juga memberikan badge digital khusus buat beberapa akun terlama yang ada di Steam.

Dikutip dari Engadget, kehadiran Steam di industri game bukan tanpa halangan dan protes. Tahun 2023, distribusi gim secara digital belum semasif sekarang.

Sebagian besar gamer PC membeli game di toko, dan menginstalnya secara manual memakai CD atau DVD.

Namun saat Half-Life 2 dirilis, banyak yang kaget dan protes karena gim ini ternyata memerlukan Steam dan butuh terhubung dengan internet, meski merupakan gim single-player.

Meski begitu, kehadiran Steam dan semakin berkembangnya internet membuat gamer PC semakin terbiasa dengan distribusi gim digital. Selain itu, publisher juga mulai menjual gimnya di platform itu.

3 dari 4 halaman

Steam Hadirkan Tampilan Bahasa Indonesia

Popularitas Steam pun juga tak cuma di negara-negara seperti Amerika Serikat atau Jepang, tetapi juga di Indonesia.

Ini terlihat dengan Steam yang akhirnya menghadirkan opsi dukungan Bahasa Indonesia setelah 20 tahun berdiri. Ini pun memudahkan pengguna yang tak mahir berbahasa Inggris, untuk menelusuri game atau bertransaksi di platform tersebut.

Pembaruan Steam ini digulirkan pada 14 Agustus 2023 yang lalu, seperti terlihat dari keterangan update Steam Client Beta, mengutip laman resmi Steam, Jumat (18/8/2023).

Cara Ubah Steam ke Bahasa Indonesia

Buat pengguna Steam pun kini bisa mengubah tampilan ke bahasa Indonesia di situs tersebut dengan cara berikut ini:

  • Buka situs https://store.steampowered.com/ di desktop
  • Klik menu "Language" di bagian atas website
  • Pilih opsi "Bahasa Indonesia"
  • Nantinya seluruh tulisan di Steam akan berubah otomatis menjadi Bahasa Indonesia

 

4 dari 4 halaman

Pengguna Bisa Berikan Feedback

Buat pengguna situs besutan Valve ini pun juga bisa memberikan feedback terkait penerjemahan ke Bahasa Indonesia melalui steamcommunity.com, atau melaporkan salah terjemahan ke www.valvesoftware.com.

Tak hanya menambahkan Bahasa Indonesia, Steam juga menggelar sejumlah perbaikan untuk sejumlah bug, perbaikan folder, hingga menambahkan dukungan untuk streaming presets berkualitas 4K.

Dengan penambahan dukungan bahasa Indonesia ini sendiri, Indonesia tampaknya mulai dilirik sebagai pasar yang menarik buat para pelaku industri game.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.