Sukses

5 Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Browser

Video tidak dapat diputar di browser? Ini dia penyebab dan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kalian pasti pernah mengalami kesalahan teknis ini saat memutar video dari Google Drive, dengan pemberitahuan "File video ini tidak dapat diputar. (Kode Kesalahan: 102630)."

Ada beberapa faktor penyebab dari permasalahan tersebut, seperti browser tidak kompatibel dengan video, driver grafis yang ketinggalan zaman, atau ekstensi browser yang menyebabkan permasalahan tersebut.

Merangkum dari Online Tech Tips, Minggu (1/10/2023), berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi video tidak dapat diputar.

1. Perbarui peramban web

Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui browser web ke versi terbaru. Melakukan pembaruan dapat meningkatkan kompatibilitas dengan format video berbasis web dan memperbaiki masalah umum di balik kesalahan streaming.

Meskipun browser dapat diperbarui secara otomatis, tetapi kamu juga perlu memeriksa ulang pada panel pengaturannya.

Jika kamu menggunakan Google Chrome, buka Chrome Menu kemudian pilih Settings. Selanjutnya, pilih About Chrome pada sidebar dan tunggu proses pembaruan.

Namun, jika kamu pengguna Apple Safari, langkah yang harus dilakukan adalah buka Apple Menu dan pilih System Settings > General > Software Update.

2. Hapus cache peramban

Cache browser (peramban) yang usang dapat menimbulkan masalah pada laman web, mencegah pemutaran video, dan memicu kesalahan pemutaran. Maka dari itu, membersihkan cache adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Ada cara yang berbeda untuk setiap jenis browser, baik pada Google Chrome dan Apple Safari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hapus Cache pada Google Chrome dan Apple Safari

Untuk menghapus cache pada Google Chrome, langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Buka Chrome Menu.
  • Arahkan ke More Tools.
  • Pilih Clear Browsing Data.
  • Pada pop-up Bersihkan Data Browser, atur Time range ke All time.
  • Centang  Cookies and other site data dan Cached images and files.
  • Pilih Clear Data.

Jika kamu pengguna Apple Safari, untuk membersihkan cache kamu hanya perlu memilih Safari > Clear History pada menu bar dan atur Clear ke all history > pilih Clear History.

Selain menghapus cache pada Google Chrome dan Apple Safari, kamu juga perlu menghapus cache DNS (Domain Name Service). Cache DNS biasanya berisi url yang sudah usang, sehingga mencegah browser mengambil data file video.

Untuk menghapusnya melalui Microsoft Windows, klik kanan tombol Start > pilih Windows PowerShell/Terminal > jalankan perintah yang tertera pada layar.

Jika kamu pengguna macOS, buka Launchpad > pilih Others > Terminal > jalankan perintah yang tertera pada layar.

3 dari 4 halaman

Coba Peramban Web Lain untuk Memutar Video

3. Putar video melalui web yang berbeda

Browser yang berbeda memiliki kemampuan berbeda pula. Beberapa browser dapat memutar video dan streaming lebih baik daripada browser lainnya.

Jika solusi di atas tidak berhasil, coba putar video melalui browser yang berbeda. Langkah ini juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah kesalahan terjadi karena browser yang kamu gunakan atau pada sumber video.

4. Perbarui driver video card

Untuk memperbaruinya melalui PC, cukup kunjungi situs web produsen kartu grafis kamu. Unduh dan instal driver video card terbaru, kemudian periksa pembaruan windows untuk pembaruan tambahan pada perangkat keras. 

Caranya, klik kanan tombol Start > buka Settings > Windows update.

Jika kamu pengguna Mac, buka aplikasi Pengaturan Sistem dan pilih General > Software Update.

4 dari 4 halaman

Nonaktifkan Ekstensi Pihak Ketiga

5. Nonaktifkan ekstensi pihak ketiga

Ekstensi browser meningkatkan apa yang bisa kamu lakukan saat online, tetapi terkadang mengganggu elemen web. Kunjungi konsol manajemen add-on browser kamu dan matikan semuanya.

Jika langkah ini dapat mengatasi permasalahan video yang tidak dapat diputar, aktifkan kembali ekstensi satu per satu sampai kamu dapat mengidentifikasi add-on mana yang menyebabkan kode kesalahan. Setelah menemukannya, kamu dapat menonaktifkan add-on tersebut.

Itu dia lima solusi untuk mengatasi video kamu yang tidak dapat diputar. Namun, jika solusi di atas tidak ada yang membantu, ada baiknya untuk menghubungi situs layanan dukungan.

Kode eror yang muncul bisa saja disebabkan oleh file video yang rusak atau hilang di situs hosting. Jika kesalahan terjadi pada beberapa browser dan perangkat, satu-satunya pilihan kamu adalah menghubungi situs layanan dukungan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini