Sukses

Telkomsel Optimalkan Jaringan dan Internet di KTT ASEAN 2023 Jakarta

Telkomsel melakukan sejumlah hal ini untuk mempersiapkan akses jaringan dan layanan internet broadband di gelaran KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Operator telekomunikasi Telkomsel mempersiapkan akses jaringan dan layanan internet broadband untuk mendukung Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-43 pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan dilakukan di lebih dari 2.590 BTS broadband, termasuk tambahan tambahan 149 BTS 4G/LTE dan mengoperasikan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT).

Hal ini guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi di sejumlah area, seperti penginapan, lokasi rangkaian KTT ke-43 ASEAN, titik transit transportasi seperti bandara, hingga destinasi wisata.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan penambahan dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan 7 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan KTT ASEAN 2023.

Dikutip dari siaran pers, Selasa (5/9/2023), perusahaan juga mempersiapkan Kartu Prabayar Tourist Edisi KTT ASEAN 2023 dengan kuota data hingga 200 GB.

Sejumlah titik layanan pelanggan juga disiapkan di lokasi-lokasi seperti bandara dan media center, untuk melayani kebutuhan registrasi Kartu Prabayar Tourist dan IMEI perangkat mobile.

Titik-titik ini juga melayani paket data dan isi ulang pulsa, aktivasi untuk layanan jaringan 5G, serta aktivasi layanan digital seperti MAXstream, Dunia Games, dan lain-lain.

Bagi perwakilan delegasi KTT ke-43 ASEAN yang menggunakan layanan dari negara asal, juga dapat mengaktifkan layanan international roaming di Indonesia. 

Telkomsel menyatakan telah menggandeng 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, yakni dari negara-negara delegasi KTT ke-43 ASEAN yang akan hadir di Indonesia.

Kerja sama Telkomsel tersebut mencakup 4G/LTE Roaming Partnership, dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan beberapa negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan dan Harapan Telkomsel untuk KTT ASEAN

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, dukungan ini melanjutkan keberhasilan mereka dalam menyediakan konektivitas digital di KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT pada Mei 2023 lalu.

Menurut Nugroho, KTT ke-43 ASEAN di Jakarta akan menjadi ajang berbagai pertemuan bilateral di antara para pemimpin negara, untuk menguatkan pencapaian visi ASEAN 2045, dengan memastikan kelembagaan ASEAN yang kuat dan kokoh.

"Kami berharap dukungan Telkomsel untuk menjaga kelancaran seluruh rangkaian forum internasional ini dapat memperkuat peran Indonesia sebagai penggerak yang terus membuka peluang strategis menuju masa depan Kawasan Asia Tenggara yang lebih baik," kata pria yang karib disapa Nugi ini. 

"Terutama dalam mendorong tiga pilar capaian utama KTT ASEAN 2023 yang mencakup pembahasan ASEAN Matters, penguatan Epicentrum of Growth, dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) yang dapat dimanifestasikan dalam konteks ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Kawasan Asia Tenggara," ia menambahkan. 

3 dari 4 halaman

Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meresmikan ASEAN Newsroom di KTT ke-43 ASEAN pada Senin (4/9/2023).

Budi Arie menyebut, saat ini dibutuhkan nilai-nilai people center guna memupuk persamaan masyarakat Asia Tenggara.

"Salah satu cara untuk mendorong target people center, dengan dibentuknya ASEAN Newsroom. Guna meningkatkan sinergi pemberitaan antara kantor pemberitaan antar negara," kata Budi Arie kepada awak media, seperti dikutip dari Global Liputan6.com.

"Melalui ini kerja sama antara kantor berita antar ASEAN, maka negara anggota bisa bertukar informasi maupun mengaktivasi berita."

Dalam pemaparannya, ASEAN Newsroom bisa tercipta kerja sama antara kantor berita di berbagai negara anggota asean dalam bertukar informasi.

 

4 dari 4 halaman

Mewujudkan People Center

"Ini adalah keseriusan ASEAN untuk membuat dan mewujudkan People Center. Selain sebagai wadah kerja sama ASEAN Newsroom, ini juga akan mampu menyebarluaskan beragam program, kinerja dan capaian ASEAN yang faktual dan aktual," tutur Budi. 

Selama KTT ASEAN ini, Kominfo memfasilitasi media center yang bisa dimanfaatkan rekan-rekan media selama perhelatan berlangsung.

Di Media Center ini juga akan ada ASEAN Newsroom center yang pertama untuk turut serta menyukseskan agenda KTT ASEAN ke-43.

"ASEAN Newsroom tidak hanya beroperasi sementara tapi juga akan tetap berlanjut sampai selesai acara. ASEAN Newsroom akan berlokasi di jakarta tepatnya di gedung LKBN Antara," kata Budi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.