Sukses

9 Fakta Mengejutkan Tentang Loch Ness, Makhluk Misterius yang Jadi Buruan Banyak Orang

Loch Ness adalah danau yang terkenal karena makhluk misteriusnya, Nessie. Apa saja fakta mengejutkan tentang danau dan monster ini? Simak ulasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, Loch Ness kembali menjadi sorotan setelah ratusan orang ramai-ramai melakukan pencarian monster di danau Skotlandia ini.

Diketahui, Loch Ness sendiri adalah sebuah danau air tawar terletak di dataran tinggi Skotlandia. Danau ini memiliki panjang sekitar 37 km, lebar sekitar 1,5 km, dan kedalaman maksimum sekitar 230 m.

Namun, apa yang membuat danau ini terkenal di seluruh dunia bukanlah ukuran atau keindahannya, melainkan makhluk misterius konon hidup di dalamnya bernama monster Loch Ness, atau biasa disebut Nessie.

Nessie adalah sebuah makhluk kriptid yang keberadaannya belum diakui oleh ilmu pengetahuan, tetapi diyakini oleh banyak orang.

Nessie sering digambarkan sebagai makhluk besar, berleher panjang, dan memiliki satu atau lebih tonjolan di atas permukaan air.

Banyak orang mengklaim telah melihat atau memotretnya, tetapi hingga kini belum ada bukti ilmiah meyakinkan tentang eksistensi Loch Ness monster.

Meskipun begitu, Nessie tetap menjadi salah satu fenomena menarik perhatian dan rasa penasaran banyak orang. Berikut adalah 9 fakta mengejutkan tentang Loch Ness dan makhluk misteriusnya.

1. Asal Mula Kemunculan Monster Loch Ness

Mengutip Scottish Field, Selasa (29/8/2023), laporan pertama kemunculan monster Nessie terjadi pada tahun 565M ketika Saint Columba berenang di danau Loch Ness.

Berdasarkan buku Life of Saint Columba karangan Saint Adomnan, Columba tinggal di tanah Picts ketika dia bertemu dengan seorang pria di tepi Sungai Ness.

Mereka menjelaskan, pria itu meninggal ketika sedang berenang di sungai ketika dia diserang oleh 'binatang air' dan menyeretnya ke dalam air.

Saat Columba berhadapan dengan Nessie, dia membuat tanda salib dan berkata: "Jangan melangkah lebih dekat. Jangan sentuh pria itu. Segera kembali."

Seolah-olah mengerti ucapan Saint Columba, Nessie pun langsung kembali masuk ke danau dan melarikan diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Penampakan di Dunia Modern

Keberadaan monster berleher panjang dengan punuk di punggung yang berasal dari Danau Loch Ness Skotlandia atau biasa disebut monster nessie ini hingga kini terus menjadi misteri.(Wikipedia)

Penampakan monster Nessie di era modern pertama kali dilaporkan pada 14 April 1933, oleh pasangan mengatakan melihat hal aneh ketika berkendara di pinggir danau Loch Ness.

John Mackay dan istrinya melihat 'sesuatu menyerupai ikan paus' saat melewati danau air tawar itu.

3. Dokumentasi Jejak Kaki Monster Loch Ness

Di tahun sama saat kemunculan pertamanya di era modern, di mana pemburu terkenal bernama Marmaduke Wetherall menemukan jejak kaki di tepi danau.

Nyatanya, jejak tersebut dibuat oleh seseorang menggunakan boneka kaki kuda nil.

4. Foto Pertama Bikin Gempar Dunia

Rumor paling terkenal hingga saat ini adalah foto Nessie, yang memperlihatkan seekor makhluk misterius dengan leher panjang di ambil pada tahun 1934 oleh Robert Kenneth Wilson.

Setelah penelurusan, ternyata foto tersebut adalah hoaks dikenal sebagai The Surgeon. Namun, fotografer foto tersebut menolak dikaitkan dengan gambar itu.

 

3 dari 4 halaman

5. Pencarian Massal

The Official Loch Ness Monster Sightings Register

Pada tahun 1987, sebuah operasi pencarian besar-besar yang memakan biaya 1 juta pound sterling bernama Deepscan dilakukan.

Tiga hari menjelajahi perairan dalam berbekal peralatan sonar canggih, pencarian Nessie berakhir tanpa hasil.

Pada salah satu bagian danau, di seberang Kastil Urquhart, peralatan sonar salah satu perahun mendeteksi tiga benda besar di kedalaman antara 256 dan 590 kaki.

Seorang peneliti mengatakan jejak sonar konsisten dengan makhluk ‘lebih besar dari hiu tetapi lebih kecil dari paus’.

Namun, perahu-perahu tersebut gagal menemukan jejak apa pun ketika dikirim ke bagian danau yang sama pada hari kedua dan ketiga operasi.

6. BBC Lancarkan Ekspedisi

BBC mensponsori pencarian Nessie pada tahun 2003, tetapi hasilnya makhluk misterius itu tidak ditemukan.

Menggunakan 600 peralatan sonar dan teknologi navigasi satelit untuk membantu pencarian, ternyata tim pencarian dan pembuktian monster Loch Ness tinggal di danau tersebut hasilnya tidak terbukti alias hanya mitos.

 

4 dari 4 halaman

7. Nessie Ketemu, Tapi...

Sosok Diduga Loch Ness Kembali Tertangkap Kamera dan Lebih Nyata

Warga sekitar danau di Skotlandia itu dibuat terkejut dengan penemuan sebuah makhluk sepanjang 30 kaki di dasar danau pada tahun 2016.

Diduga bukti nyata sang monster misterius itu hidup, ternyata temuan tersebut hanyala model "Nessie" dari film tahun 1970, berjudul The Private Life of Sherlock Holmes, dibintangi oleh Robert Stephens dan Christopher Lee.

Adapun model makhluk ini ditemukan di dasar danau berkat teknologi sonar Kongsberg Maritime, diduga "boneka" ini tenggelam setelah punuk apungnya terlepas.

8. Pernah Tampil di Seri Doctor Who

Monster Loch Ness juga pernah tampil di dua seri Doctor Who, berjudul Terror of the Zygons pada tahun 1975, dan episode Timelash pada tahun 1985.

9. Loch Ness Bukan Dinosaurus

Setelah foto terkenal Robert Kenneth Wilson diterbitkan, kemiripan kepala dan leher Nessie dengan dinosaurus sauropoda tidak luput dari perhatian.

Masalah dengan identifikasi ini adalah sauropoda adalah dinosaurus darat dan bernapas di udara. Saat berenang, Nessie harus menjulurkan kepalanya keluar dari air setiap beberapa detik.

Mitos Nessie sebagai dinosaurus sauropoda mungkin mengacu pada teori abad ke-19, di mana Brachiosaurus menghabiskan sebagian besar waktunya di air, membantu menopang bobotnya sangat besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini