Sukses

Simak, Ini 10 Tips Ampuh Atasi Kamera Smartphone Buram Saat Ambil Foto

Kamu pernah mengalami kondisi kamera HP yang buram saat mengambil foto? Simak 10 tips ampuh berikut ini untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orang yang suka mengabadikan berbagai momen atau objek, kamera yang jernih pastinya menjadi impian bagi para pemburu foto. Karenanya, tidak jarang mereka sengaja mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan smartphone dengan kamera terbaik.

Namun, meskipun begitu, tidak tertutup kemungkinan kamera smartphone akan mengalami penurunan kualitas, karena masa pakai sudah cukup lama. Akibatnya, hasil foto atau video yang dihasilkan tidak sejernih saat awal masa-masa pemakaian.

Penyebab lain dari kamera yang tidak jernih lagi atau buram bisa juga disebabkan karena kurangnya perawatan atau pemakaian perangkat yang kurang hati-hati.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan. Nah, berikut adalah tips-tips sederhana yang bahkan bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa detik saja.

1. Membersihkan kamera smartphone

Lensa kamera yang kotor adalah penyebab kamera buram yang paling banyak dialami oleh semua perangkat smartphone. Kotoran yang menempel pada lensa, tidak hanya menyebabkan blur atau distorsi secara langsung, tapi juga mengganggu fitur autofokus.

Namun, kamu perlu berhati-hati saat membersihkan kamera. Pakai kain mikrofiber yang biasa digunakan untuk menyeka lensa kacamata dan jangan semprotkan bahan permbersih apapun.

Tanpa kamu ketahui, bisa jadi kaca lensa kamera kamu mungkin memiliki lapisan yang dapat sensitif terhadap bahan kimia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lakukan Pengaturan di Kamera Smartphone

2. Pastikan kamu menggunakan mode yang benar saat mengambil gambar

Dalam kamera hp, biasanya terdapat banyak mode pengambilan gambar yang berbeda. Jadi, pastikan kamu tidak salah memilih mode dan menyebabkan hasil foto kamu buram.

3. Ketuk gambar benda yang akan difoto untuk mengatur fokus

Tidak jarang fitur autofokus di hp kamu mengalami kesalahan. Untuk memperbaikinya, kamu hanya perlu ketuk gambar benda yang ingin difokuskan pada viewfinder.

Jika kamu pengguna iPhone, kamu bisa mengetuk di mana saja dalam bingkai untuk mengalihkan fokus. Sementara untuk perangkat Android, metode penyesuaian fokus berbeda-beda antara satu merk dengan merk yang lain.

4. Gunakan mode manual

Secara bawaan, sebagian aplikasi kamera akan tersetel otomatis. Namun, di beberapa kamera hp Android, ada mode manual atau Pro yang memungkinkan kamu mengatur kamera seperti mengoperasikan kamera DSLR.

Untuk menghilangkan blur dengan mode manual, kamu bisa mengaturshutter speed atau ISO untuk mengambil gambar di kondisi dengan cahaya rendah.

3 dari 4 halaman

Cipratan Air dan Lembab Juga Berpotensi Membuat Kamera HP Buram

5. Periksa lensa kamera terhadap kondensasi

Salah satu penyebab kamera buram, adalah smartphone yang terkena air atau lembab. Hal ini dapat menyebabkan pengembunan antara lensa dan kaca kamera bagian luar.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini, kamu harus menunggu sampai embun di dalam kamera menguap. Simpan HP pada suhu ruangan dan kelembapan normal agar proses ini berlangsung cepat.

 6. Bersihkan layar HP kamu

Seperti tips di atas, kamu perlu membersihkan layar HP dengan menggunakan kain mikrofiber. Layar yang kotor, berminyak, atau terkena air dapat membuat foto menjadi buram, terutama jika kamu memotret dengan kamera depan.

4 dari 4 halaman

Opsi Lain untuk Atasi Kamera HP Buram

7. Tutup paksa aplikasi kamera dan mulai ulang perangkat kamu

Aplikasi kamera pada smartphone tidak seprofesional kamera khusus. Ditambah, smartphone juga menampung banyak aplikasi yang berjalan dan mungkin saja bug. 

Tiga hal tersebut bisa menjadi pemicu kamera HP tidak bisa fokus. Untuk itu, hal yang perlu kamu lakukan adalah menutup aplikasi kamera kemudian mulai ulang hp kamu.

8. Periksa pembaruan aplikasi kamera

Jika masalah fokus kamera disebabkan oleh bug, sebaiknya periksa pembaruan aplikasi yang mungkin tersedia untuk diunduh.

9. Beralih ke kamera yang berbeda

Sebagian besar smartphone dilengkapi dengan beberapa lensa kamera yang berbeda. Jika foto yang kamu ambil buram, cobalah beralih ke kamera dengan fokus yang sesuai.

Kamera utama biasanya memiliki kejernihan terbaik, karena sensor gambar dengan megapiksel yang lebih tinggi. Jika kamera belakang kamu buram, kamu bisa mencoba untuk beralih ke kamera depan, kemudian kembali lagi ke kamera belakang.

10. Gunakan aplikasi kamera pihak ketiga

Apabila semua tips telah kamu coba tetapi kamera belum menunjukkan hasil yang maksimal, alternatif lainnya adalah gunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini