Sukses

8 Cara Mudah Ambil Screenshot di Windows 10 dan Windows 11

Temukan 8 cara mudah mengambil tangkapan layar (screenshot) di Windows 10 dan 11. Panduan praktis ini memberikan tutorial lengkap untuk mengambil screenshot dengan cepat dan efisien pada sistem operasi terbaru dari Windows.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi screenshot atau tangkapan layar merupakan cara paling sering digunakan untuk menyimpan apa yang muncul di layar perangkat kamu. Entah itu catatan kerja, video YouTube, hingga foto bersama keluarga yang ingin dibagikan.

Pada Windows 10 dan 11, terdapat berbagai cara mengabadikan layar yang perlu dikuasai oleh pengguna. Cara ini hanya memerlukan beberapa tombol sebagai pintasan keyboard screenshot.

Mengutip CNet, Senin (15/8/2023), meskipun Microsoft telah menghentikan penjualan Windows 10, pihaknya masih mendukung sistem operasi tersebut hingga tahun 2025.

Jadi, cara screenshot di laptop Windows 10 dan Windows 11 ini masih dapat kamu praktikkan hingga beberapa tahun kedepan.

1. Snip & Sketch

Alat Snip & Sketch mempermudah akses, bagikan, dan beri anotasi hasil tangkapan layar daripada Snipping Tool yang lama.

Cara menggunakan alat ini adalah dengan menekan pintasan keyboard "Tombol Windows + Shift + S". kamu juga dapat mencarinya pada pencarian aplikasi dengan nama "Screen Snip"

Setelah memencet shortcut, layar akan redup dan membuka menu kecil di bagian atas yang memungkinkan kamu memilih jenis tangkapan layar yang ingin diambil.

Setelah kamu mengambil screenshot, tangkapan layar akan disimpan ke clipboard dan muncul sesaat sebagai notifikasi di sudut kanan bawah layar. K

Klik notifikasi untuk membuka tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch untuk membuat anotasi, menyimpan, atau membagikannya. (Jika kamu melewatkan notifikasi, buka panel notifikasi dan kamu akan melihatnya di sana).

Jika kamu membuka Snip & Sketch dengan mencarinya, ini akan membuka jendela Snip & Sketch, bukan panel kecil di bagian atas layar.

Dari sini, kamu perlu mengklik tombol "Baru" di kiri atas untuk memulai tangkapan layar dan membuka panel kecil. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Snipping Tool dan Print Screen

2. Snipping Tool

Snipping Tool merupakan alat yang telah ada sejak Windows Vista. Meski Windows telah mengancam akan hapus alat ini, nyatanya Snipping Tool masih digunakan pada Windows 11.

kamu dapat mencari Alat ini pada pencarian aplikasi.

Untuk menggunakannya, klik tombol "Baru" untuk memulai proses pengambilan gambar. Jenis screenshot ddefault adalah persegi panjang, tetapi kamu juga dapat mengambil gambar bentuk bebas, layar penuh, dan jendela.

Snipping Tool tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar kamu. kamu harus menyimpannya secara manual di alat ini sebelum keluar dan secara otomatis menyalin gambar kamu ke clipboard.

3. Print Screen

Untuk menangkap seluruh layar, tekan tombol "Print Screen" (kadang diberi label PrtScn).

Tangkapan layar kamu tidak akan disimpan sebagai file, tetapi akan disalin ke clipboard. Kamu harus membuka alat pengeditan gambar (seperti Microsoft Paint), tempel tangkapan layar ke dalam editor, dan simpan file dari sana.

kamu juga dapat mengatur tombol PrtScn untuk membuka alat Snip & Sketch dengan membuka "Pengaturan > Kemudahan Akses > Keyboard" dan mengaktifkan "Gunakan tombol PrtScn untuk membuka potongan layar" di bawah Pintasan Layar Cetak.

 

3 dari 5 halaman

Pintasan Print Screen

4. Tombol Windows dan Print Screen

Untuk menangkap seluruh layar dan secara otomatis menyimpan tangkapan layar, ketuk "Tombol Windows + tombol Print Screen."

Layar akan meredup sebentar untuk menandakan bahwa kamu baru saja mengambil tangkapan layar, dan tangkapan layar akan disimpan ke folder Pictures > Screenshots (Gambar > Tangkapan Layar).

5. Alt dan Print Screen

Untuk mengambil tangkapan layar cepat dari jendela yang sedang aktif, gunakan pintasan keyboard "Alt + PrtScn."

Ini akan mengambil jendela yang sedang aktif dan menyalin tangkapan layar ke clipboard. Kamu harus membuka tangkapan layar di editor gambar untuk menyimpannya.

6. Tanpa Tombol Print Screen

Jika komputer kamu tidak memiliki tombol PrtScn, jangan khawatir, Microsoft memiliki pintasan keyboard lain.

Kamu dapat menekan "Fn + Tombol Windows + Spasi" untuk mengambil tangkapan layar. Kemudian akan disimpan ke folder Pictures > Screenshots.

4 dari 5 halaman

Selain Print Screen

7. Bilah Permainan

Kamu dapat menggunakan bilah Game untuk mengambil tangkapan layar, baik ketika sedang bermain game atau tidak.

Pertama, kamu harus mengaktifkan bilah Game dari halaman pengaturan dengan memastikan kamu telah mengaktifkan Rekam klip game, tangkapan layar, dan siaran menggunakan bilah Game. Setelah diaktifkan, tekan "Tombol Windows + tombol G" untuk membuka bilah Game.

Dari sini, kamu dapat mengeklik tombol tangkapan layar di bilah Game atau menggunakan pintasan keyboard default "Tombol Windows + Alt + PrtScn" untuk mengambil tangkapan layar layar penuh.

Untuk mengatur pintasan keyboard tangkapan layar bilah Game kamu sendiri, buka Pengaturan > Game > Bilah Game.

8. Logo Windows + volume turun

Jika kamu menggunakan perangkat Microsoft Surface, kamu dapat menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar--mirip dengan cara kamu mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet lain.

Untuk melakukannya, tahan tombol sentuh Logo Windows di bagian bawah layar Surface kamu dan tekan tombol volume turun di sisi tablet.

Layar akan meredup sebentar dan tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke folder Pictures > Screenshots.

5 dari 5 halaman

Infografis: 26 Satelit Milik Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini