Sukses

Elon Musk Ganti Logo Twitter Jadi X, Warganet Gaungkan Ucapan Selamat Tinggal Buat Larry si Burung Biru

Elon Musk mengganti logo Twitter menjadi X, warganet pun menggaungkan ucapan selamat tinggal pada logo lama Twitter yakni Larry si burung biru.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk resmi mengganti logo Twitter dari yang semua adalah burung biru bernama Larry, kini jadi huruf X. Perubahan ini pertama hadir di laman Twitter, dan selanjutnya diikuti pada Android dan iOS.

Seiring dengan perubahan logo Twitter jadi X ini, sang pemilik Twitter juga mengganti logo Twitter di kantor pusatnya di San Francisco, Amerika Serikat.

Perubahan logo Twitter jadi X yang mulai final ini pun memunculkan salam perpisahan warganet untuk burung biru Larry yang telah bertahun-tahun jadi logo Twitter.

Mereka mengunggah topik Goodbye Twitter yang sempat jadi salah satu trending topic Twitter. Bahkan, bersama dengan cuitan Goodbye Twitter, tidak sedikit warganet yang mengunggah meme perpisahan dengan logo Twitter, burung Larry.

"Kaget banget buka HP ada notif logonya X, pas dibuka ternyata Twitter. Goodbye Twitter burung biru," kata pengguna dengan akun @imy***.

"Goodbye Twitter bird," kata @fad***.

"Goodbye Twitter, 2006-2023," sembari mengunggah gambar burung biru bersama tas besar.

Ada pula warganet yang menerima logo X karena dipaksa oleh Elon Musk.

"Kita cinta Twitter, tapi Elon memaksa untuk X. Kita tak punya pilihan lain selain menerimanya, goodbye Twitter," kata pengguna dengan akun @vin***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keengganan Warganet Update Aplikasi

"Goodbye little Twitter bird," kata pengguna dengan akun @mel*** yang memperlihatkan video saat update aplikasi Twitter berubah jadi X.

Warganet lain mencuitkan perpisahan kepada Twitter sekaligus mengunggah foto logo-logo Twitter yakni Larry si burung biru dari masa ke masa, hingga terakhir berubah jadi X di tahun 2023.

Warganet lain bahkan mengunggah foto makam dengan tulisan Twitter 2006-2023. Tak lupa ia mencuitkan "rest in peace" di salam perpisahannya.

"Goodbye Twitter. May you rest in peace," kata @mar***.

Tidak sedikit pula warganet yang enggan untuk update aplikasinya ke versi baru Twitter dengan logo X.

"Gak mau update, gak mau goodbye Twitter, mau burung biru aja," kata @jaj***.

"Goodbye Twitter nih?? Pls jangan hilangkan si blue bird," kata @ell***.

 

3 dari 4 halaman

Logo Twitter Resmi Diganti Jadi X

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (28/7/2023), nama dan logo burung biru ini sudah dihapus dari Google Play Store dan digantikan dengan logo dan merek "X".

Meski kini sudah menggunakan nama dan logo X, pengguna tablet dan HP Android masih dapat menggunakan kata "Twitter" di kolom pencarian yang nantinya akan dirujuk ke laman aplikasi X.

Selain itu, pengguna juga dapat melihat lebih awal bagaimana perusahaan mengubah desain aplikasi. Misalnya, logo burung ikonik di bagian atas aplikasi telah diganti dengan huruf X.

Tak hanya sudah hilang dari Play Store, ikon burung biru dan nama Twitter kini sudah tidak ada lagi di Apple App Store.

Informasi, perubahan Twitter ke X ini merupakan bagian dari rencana bos Tesla dan SpaceX tersebut untuk melakukan rebranding Twitter.

Sebelumnya, Anda tidak lagi menemukan logo burung biru ikonik bernama Larry di bagian kiri atas platform media sosial saat masuk ke twitter.com via browser di PC atau laptop.

Sebagai gantinya, perusahaan hanya menampilkan logo baru Twitter yang diumumkan oleh Elon Musk, yaitu X. Pengunjung juga akan mendapati logo "X" ditengah layar ketika masuk ke platform.

4 dari 4 halaman

Pemkot San Fransisco Lakukan Investigasi Soal Penggantian Logo Kantor Twitter

Perlahan tapi pasti, perubahan dilakukan di sejumlah komponen Twitter. Mulai dari ikon di aplikasi, logo Twitter di kantor kini juga diganti dengan logo X warna hitam.

Namun, perubahan logo di bangunan kantor Twitter tersebut ternyata menjadi sorotan regulator kota San Fransisco. Alasannya, seperti dikutip dari NDTV, Sabtu (29/7/2023), perusahaan yang ingin melakukan penggantian logo atau tanda di kantornya harus mengurus perizinan.

Menurut juru bicara Departemen Inspeksi Bangunan San Fransisco Patrick Hannan, perubahan huruf atau simbol, termasuk pemasangannya di atas gedung membutuhkan izin untuk memastikannya tetap konsisten dengan sejarah bangunan dan kepastian keamanannya.

"Peninjauan dan persetujuan perencanaan juga diperlukan untuk pemasangan tanda ini. Kota membuka pengaduan dan memulai penyelidikan," tutur juru bicara tersebut.

Sebelumnya, proses penggantian logo kantor Twitter juga sempat dihentikan kepolisian setempat. Alasannya, proses penggantian tersebut tidak disertai dengan selotip tanda peringatan bagi pejalan kaki, untuk menjaga keselamatan apabila ada yang jatuh.

Sebelumnya, Elon Musk akhirnya mengganti burung biru ikonik Twitter dengan logo baru platform media sosial tersebut itu, yakni huruf "X".

Kini, Anda tidak lagi menemukan logo burung biru ikonik bernama Larry di bagian kiri atas platform media sosial saat masuk ke twitter.com via browser di PC atau laptop.

Sebagai gantinya, perusahaan hanya menampilkan logo baru Twitter yang diumumkan oleh Elon Musk pada hari ini, yaitu X. Pengguna juga akan menemukan logo X saat masuk ke menu utama platform.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.