Sukses

Pengguna iPhone Segera Update ke iOS 16.6, Apple Tambal Celah Keamanan Penting

Apple telah menggulirkan udpdate iOS 16.6 bersama dengan iPadOS 16.6 untuk para pengguna iPhone dan iPad untuk mengatasi celah keamanan yang penting.

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi menggulirkan update untuk iPhone dan iPad lewat pembaruan update iOS 16.6 dan iPadOS 16.6. Pembaruan ini pun sudah bisa diunduh para pengguna iPhone dan iPad.

Mengutip informasi dari 9to5mac, Selasa (25/7/2023), pembaruan iOS 16.6 membawa sejumlah perbaikan keamanan yang penting. Bahkan, menurut perusahaan, celah keamanan yang ditambal lewat pembaruan ini terdeteksi sudah dieksploitasi.

Menurut Apple, setidaknya ada 16 celah keamanan yang ditambal melalui update ini, termasuk di kernel, Find My, WebKit, hingga Apple Nueral Engine. 

Untuk diketahui, kernel merupakan inti dari kode iOS. Karenanya, kerentanan ini berpotensi memberikan akses tak terbatas di perangkat iPhone ke pihak ketiga.

Mengingat pentingnya pembaruan, pengguna iPhone maupun iPad pun disarankan untuk segera mengunduhnya.

Pembaruan ini diketahui berlaku mulai dari iPhone 8 termasuk iPhone X hingga generasi terbaru. Sama seperti update lainnya, simak cara berikut ini untuk mengunduh update iOS 16.6 dan iPadOS 16.6

  • Buka menu Settings di iPhone atau iPhone
  • Pilih opsi General, lalu Software Update
  • Apabila update sudah muncul, kamu tinggal memilih opsi Download and Install
  • Setelahnya tunggu proses update yang akan berjalan otomatis sebelum bisa memakainya kembali

Perlu diingat pula, pembaruan iOS ini tidak membawa pembaruan fitur apa pun, sehingga pengguan tidak akan merasakan perubahan yang berarti. Dari informasi yang diketahui, besaran update iOS 16.6 ini berkisar 500-600MB.

Pembaruan ini rilis menjelang peluncuran iOS 17 yang dijadwalkan bergulir pada September 2023. iOS 17 sendiri diumumkan saat gelaran WWDC 2023. 

Apple meyebut, iOS 17 menjanjikan keamanan lebih, aplikasi journaling build-in, mode nightstand yang baru, desain kartu kontak baru, fitur auto-correct yang ditingkatkan, serta live voicemail.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ini Deretan Fitur Baru iOS 17 Public Beta 1 yang Telah Digulirkan Apple

Di sisi lain, Apple telah menggulirkan iOS 17 versi Public Beta 1. Para pengguna bisa mengetahui apa saja fitur yang bakal hadir ke iPhone mereka melalui update software ini.

Bagi mereka yang pengin mencoba iOS 17 sudah bisa mengunduhnya. Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti program beta ini.

Misalnya, pengguna memiliki perangkat yang tepat dan memiliki lisensi pengembang. Update iOS 17 untuk Beta Public tersedia setelah beta tertutup menerima feedback dari pengguna yang memasangnya.

Mengutip Gizchina, Sabtu (15/7/2023), iOS 17 Public Beta meliputi fungsi Standby, antarmuka baru untuk telepon, dan fitur-fitur dasar pada sistem. Para pengguna bisa mengujinya sebelum versi stabil tersedia.

 

3 dari 4 halaman

Cara Download iOS 17 Public Beta untuk Pengguna iPhone

Untuk mengunduhnya, pengguna bisa langsung masuk ke website resmi program beta Apple dan mengikuti langkah untuk download.

Lalu, pengguna bisa masuk ke Setting > General dan lihat apakah ada tab Software Update untuk mengunduh file iOS 17.

Penting dicatat, meski public beta lebih halus, sistem ini masih bersifat beta. Oleh karenanya, menginstal versi beta di perangkat seluler utama sangat mungkin menyebabkan beberapa masalah atau mengurangi masa pakai baterai, hingga ditemukannya bug. 

4 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru di iOS 17

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang akan hadir di iOS 17 : 

  • Standby Mode

Mode Standby memungkinkan iPhone pengguna masuk ke kondisi daya rendah (saat baterai sudah mulai berkurang) sembari tetap memberi pengguna informasi yang bisa dilihat sekilas.

Misalnya, pengguna bisa melihat waktu, tanggal, cuaca, dan notifikasi tanpa harus membangunkan iPhone.

  • Contact Poster

Fitur baru ini mengizinkan pengguna mengustomisasi bagaimana profil kamu bakal tampil ketika pengguna berinteraksi dengan pengguna iPhone lainnya.

Dalam hal ini, pengguna bisa mengatur Contact Poster untuk menampilkan foto profil hingga jenis font dan warnanya.

  • Live Voicemail

Fitur baru ini memungkinkan pengguna melihat transkrip langsung dari sebuah pesan suara saat ditinggalkan. Fitur ini bermanfaat bagi mereka yang sulit mendengar atau yang ingin memindai pesan suara dengan cepat, sebelum mendengarkannya. 

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini