Sukses

Transfer Andre Onana ke Manchester United Segera Rampung, Nomor Punggung Mana yang Akan Dipakainya?

Manchester United segera mendapatkan Andre Onana dari Inter Milan sebagai pengganti David de Gea. Nomor punggung apa yang akan dipakai oleh kiper berbakat asal Kamerun itu?

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United tinggal selangkah lagi untuk mengamankan jasa Andre Onana dari Inter Milan, setelah resmi meminang Mason Mount dari klub Chelsea.

Andre Onana sudah dipastikan akan menjadi menjadi pengganti David de Gea, di mana kiper senior tersebut sudah membela tim Setan Merah selama 12 tahun.

Erik ten Hag, pelatih Manchester United, sangat menginginkan Onana yang merupakan mantan anak asuhnya di Ajax. Sebelumnya, ten Hag juga sudah memboyong Mason Mount untuk meningkatkan kualitas dan dinamisme lini tengahnya.

Onana bermain cemerlang bersama Inter Milan di Liga Champions musim lalu, walaupun harus puas sebagai runner-up setelah ditaklukkan oleh Paris Saint-Germain.

Kiper asal Kamerun itu dikenal memiliki skill mengoper bola, dan menghalau bola cocok dengan filosofi bermain ten Hag.

Mengutip Manchester Evening News, Selasa (18/7/2023), MU telah menyepakati harga sekitar 43 juta pound sterling (Rp 843 miliar) untuk Onana.

Rencananya, kiper berbakat tersebut akan terbang ke Inggris pekan ini untuk menjalani tes medis dan merampungkan transfer sebelum bergabung dengan tur pramusim MU ke Amerika Serikat.

Dengan kedatangan Onana semakin dekat, banyak warganet yang bertanya-tanya kira-kira kiper baru itu akan memakai nomor punggung berapa.

No.1

Ini akan menjadi nomor punggung paling jelas untuk seorang kiper. Diketahui, nomor punggung ini juga telah dipakai oleh kiper legenda Man United lainnya, seperti Edwin van der Sar dan Peter Schmeichel.

Sementara itu, nomor punggung Andre Onana saat membela membela timnas Kamerun adalah angka 1.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

No. 4

Kiper Inter Milan, Andre Onana memegang bola pada laga final Liga Champions 2022/2023 melawan Manchester City di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, 10 Juni 2023. (AFP/Marco Bertorello)

Walau kemungkinannya kecil, Onana bisa saja memakai nomor punggung 4 untuk membela Manchester United nanti.

Nomor 4 sendiri pernah dipakai oleh pemain Phil Jones, Owen Hargreaves, Gabriel Heinze, dan Juan Sebastien Veron.

Namun, besar kemungkinan nomor ini akan diambil oleh Raphael Varane. Dia sempat mengatakan ingin pakai nomor punggung ini ketika pertama kali dirinya tandatangan kontrak dengan klub.

No.13

Pernah dipakai oleh Park Ji-Sung, No. 13 biasanya digunakan oleh para penjaga gawang di Man United di mana sebagian besar dari mereka hanya berada di bangku cadangan.

Nama-nama seperti Lee Grant, Anders Lindegaard, Roy Carroll, dan Mark Bosnich adalah beberapa pemain yang pernah pakai nomor punggung ini.

No. 24

Meski ada opsi jelas dengan nomor punggung 1, besar kemungkinan Andre Onana akan memilih angka favoritnya, yaitu 24.

Kiper berusia 24 tahun itu menggunakan nomor 24 saat membela Ajax, dan ganti ke 1 saat dirinya bermain untuk Inter Milan dan timnas Kamerun.

Saat ini, nomor punggung 24 masih tersedia sejak Timothy Fosu-Mensah meninggalkan klus pada 2021.

3 dari 4 halaman

Manchester United Segera Resmikan Transfer Andre Onana, Diikat Kontrak 5 Musim

Reaksi kiper Inter Milan Andre Onana usai membawa timnya membendung Porto di Liga Champions (AP)

Manchester United dilaporkan sukses merekrut kiper baru Andre Onana dari Inter Milan. Pengumuman resmi kini tinggal menunggu waktu saja.

Pakar transfer ternama Fabrizio Romano mengabarkan manuver MU yang merekrut Onana sebagai pengganti David de Gea yang kontraknya tidak diperpanjang.

“Andre Onana ke Manchester United, akhirnya here we go!,” tulis Romano di Twitter.

Romano menjelaskan, MU kini sedang menyelesaikan kesepakatan pelunasan biaya transfer dengan Inter. Selanjutnya Onana bakal menjalani tes medis dan meneken kontrak.

Jurnalis Italia itu juga menyatakan, Setan Merah bakal mengurus visa Onana untuk kunjungan pramusim di Amerika Serikat. MU dijadwalkan menghadapi Arsenal, Wrexham, Real Madrid, dan Borussia Dortmund di Negeri Paman Sam.

“Man Utd akan meminta visa untuk perjalanan Onana ke AS. Ten Hag akan memiliki kiper baru yang diinginkannya,” tulis Romano.

Terkait kontrak, mantan kiper Ajax Amsterdam tersebut bakal meneken perjanjian berdurasi lima musim, plus opsi perpanjangan setahun.

Onana tampil apik musim lalu. Dia bermain 41 kali di seluruh kompetisi dengan mencatat 19 clean sheet. Kontribusinya membantu Inter menjuarai Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Penampilan impresif Onana juga membawa Inter Milan menembus final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak terakhir kali pada 2009/2010. Sayang mereka harus mengakui keunggulan Manchester City di laga puncak. 

Andre Onana bukan sosok asing bagi Erik ten Hag. Keduanya pernah bekerja sama di Ajax selama 4,5 musim dan meraih enam trofi yaitu Eredivisie (2018/2019, 2020/2021, 2021/2022), KNVB Cup (2018/2019, 2020/2021), dan Johan Cruyff Shield (2019).  

4 dari 4 halaman

David de Gea Tinggalkan MU

<p>Kiper Manchester United David de Gea. (CRISTINA QUICLER / AFP)</p>

Kesedihan dirasakan pemain dan mantan pemain Manchester United usai kabar kepastian David de Gea hengkang dari klub. Dua diantaranya dirasakan penyerang MU Marcus Rashford dan mantan gelandang MU Juan Mata.

De Gea seperti diketahui sudah memutuskan untuk pergi dari Man Utd sejak Sabtu (8/7/2023). Setelah menunggu lama kejelasan kontraknya, dia memutuskan untuk ambil tantangan baru di klub lain.

David de Gea sudah negoisasi kontraknya dengan MU selama beberapa bulan. pemain yang sudah membela Manchester United sejak 2011 ini kesulitan untuk mencapai kesepakatan.

De Gea sempat dikabarkan ingin teken kontrak baru dengan MU. Namun klub menarik proposalnya dan memberinya tawaran gaji lebih rendah.

Kepergian De Gea menandai kontribusi panjang kiper asal Spanyol ini di Manchester United. Dia tampil sebanyak 545 kali dan mencetak rekor 190 clean sheets sepanjang kariernya.

Inilah yang membuatnya menjadi kiper legendaris untuk MU. Rekan-rekannya pun meratapi kepergian sang pemegang rekor clean sheet ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.