Sukses

Bikin Heboh, Militer AS Tak Sengaja Kirim Jutaan Email Typo: Ada Informasi Sensitif Perjalanan ke Indonesia

Kesalahan ketik (typo) di jutaan email militer AS dikirim ke Mali (sebuah negara di Afrika Barat), beberapa di antaranya berisi informasi sangat sensitif.

Liputan6.com, Jakarta - Kesalahan ketik (typo) di jutaan email militer AS dikirim ke Mali (sebuah negara di Afrika Barat), beberapa di antaranya berisi informasi sangat sensitif.

Masalah email typo itu dilaporkan berasal dari memasukkan .ML (bukannya .MIL) untuk domain alamat email penerima. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Rabu (19/7/2023).

Seperti yang dilaporkan Financial Times, kesalahan satu huruf telah mengungkap data seperti dokumen diplomatik, pengembalian pajak, kata sandi, dan detail perjalanan pejabat tinggi, dan masih banyak lagi.

Meskipun email yang salah arah (sejauh ini) telah diterima oleh kontraktor yang bertugas mengelola domain negara Mali, kontrol .ML akan segera dikembalikan ke pemerintah Mali, yang memiliki hubungan dengan Rusia.

Kebocoran salah ketik ini diungkap oleh Johannes Zuurbier, seorang kontraktor Belanda yang mengelola domain negara Mali.

Zuurbier mengatakan dia melakukan banyak upaya untuk memperingatkan Amerika Serikat tentang masalah ini--sejak tahun 2014--mendesaknya untuk menanggapinya dengan serius.

Dia mengklaim mulai mengumpulkan email tahun ini karena tanggal kedaluwarsa kontraknya (dan penyerahan domain, termasuk email yang salah kirim, ke pemerintah Mali), sebagai upaya terakhir untuk membujuk AS agar bertindak dengan segera.

Dalam sebuah surat kepada AS pada awal Juli, Zuurbier menulis, “Risiko ini nyata dan dapat dimanfaatkan oleh musuh AS.”

Dia mengatakan telah mengumpulkan sekitar 117.000 email, dan hampir 1.000 lainnya tiba pada Rabu lalu, 12 Juli 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Informasi Sensistif Militer AS

Meskipun Zuurbier mengatakan tidak ada pesan yang ditandai sebagai rahasia, pesan tersebut masih berisi data sensitif tentang personel, kontraktor, dan keluarga militer AS.

Isi yang diberitakan antara lain rencana perjalanan bulan Mei oleh Kepala Staf Angkatan Darat AS, Jenderal James McConville, untuk perjalanan ke Indonesia.

Informasi terbuka lainnya termasuk peta instalasi, foto pangkalan, dokumen identitas (termasuk nomor paspor), daftar awak kapal, catatan pajak dan keuangan, data medis, daftar awak kapal, laporan inspeksi angkatan laut, kontrak, pengaduan pidana terhadap personel, internal investigasi intimidasi, dan pemesanan.

Satu email dari agen FBI menyertakan surat diplomatik Turki ke AS, memperingatkan tentang kemungkinan operasi oleh Partai Pekerja Kurdistan (Kurdistan Workers’ Party/PKK).

“Jika Anda memiliki akses berkelanjutan semacam ini, Anda dapat menghasilkan intelijen bahkan hanya dari informasi yang tidak rahasia,” kata mantan kepala NSA dan pensiunan Laksamana Angkatan Laut AS bintang empat, Mike Rogers kepada Financial Times.

Rogers mengatakan ini tidak biasa, mencatat bahwa orang membuat kesalahan tidak keluar dari norma. Namun, dia menambahkan, “Pertanyaannya adalah skala, durasi, dan sensitivitas informasi.”

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Pentagon

Letnan Cmdr Tim Gorman, berbicara untuk Pentagon, mengatakan kepada Financial Times bahwa Departemen Pertahanan menyadari masalah ini.

"Kami menganggap serius semua pengungkapan yang tidak sah atas informasi keamanan nasional yang dikendalikan atau informasi yang tidak rahasia yang dikendalikan,” ujarnya.

Gorman mengatakan email yang dikirim dari .MIL ke alamat .ML "diblokir sebelum mereka meninggalkan domain .mil dan pengirim diberitahu bahwa mereka harus memvalidasi alamat email dari penerima yang dituju," menunjukkan bahwa email yang salah arah mungkin berasal dari militer AS (akun pegawai).

4 dari 4 halaman

Infografis Kekuatan Militer Israel (Liputan6.com/M. Iqbal ARS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini