Sukses

Cara Unduh Sertifikat Haji 2023 Secara Online di HP Android dan iOS

Anda bisa mendapatkan sertifikat haji online 2023 dengan mudah melalui aplikasi Nusuk. Simak cara unduh sertifikat haji online di HP Android dan iOS di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru saja menunaikan ibadah haji tahun 2023, ada kabar baik. Kini, Anda tidak perlu repot-repot mencetak sertifikat haji sebagai bukti telah melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

Berbekal dengan teknologi saat ini, Anda dapat unduh sertifikat haji online ke perangkat HP Android dan iOS.

Toh, sertifikat haji online yang diunduh ini sudah resmi dan sah lewat aplikasi Nusuk. Lantas bagaimana cara mendapatkan serifikat haji 2023 ini?

Informasi, aplikasi Nusuk merupakan pengembangan aplikasi Eatmarna buatan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Mengutip laman Siasat, Rabu (12/7/2023), Anda bisa unduh sertifikat haji online dengan cara ini.

Cara Unduh Sertifikat Haji Online:

  1. Download aplikasi Nusuk di Google Play Store dan Apple App Store.
  2. Pilih "View Card" di halaman utama.
  3. Tap opsi "to issue a Haj completion certificate" atau "mengeluarkan sertifikat penyelesaian haji".
  4. Anda bisa memilih desain yang diinginkan sebelum melanjutkan.
  5. Setelah itu, klik "Issue Certificate" atau "Terbitkan Sertifikat".

Dengan adanya sertifikat haji online ini, Anda tidak perlu khawatir kehilangan sertifikat haji Anda yang berharga.

Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan sertifikat haji online Anda kepada keluarga, sahabat, dan kerabat dengan mudah.

Perlu diingat, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke aplikasi Nusuk di perangkat HP Android atau HP iOS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Aplikasi Nusuk di HP Android dan iOS

Ilustrasi Mimpi Naik Haji Credit: pexels.com/ekrem

Bagi yang belum terdaftar atau mendaftarkan diri, maka Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Download aplikasi Nusuk via Play Store dan App Store, dan instal ke perangkat. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah itu, klik "Login" dan "New User". Bagi yang sudah mendaftarkan diri bisa langsung tap "Login", tapi belum punya akun bisa klik "New User".
  3. Isi data informasi yang diminta, mulai dari nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email, dan password akun Nusuk.
  4. Setelah semua data terisi, kasih centang semua pernyataan di bawahnya dan klik tombol jamaah membutuhkan pendampingan khusus (Special Assistance).
  5. Lanjutkan dengan klik "Register". Tunggu hingga sistem mengirimkan empat nomor pin ke email terdaftar sebagai aktivasi.
  6. Saat log in ke aplikasi, nanti sistem akan kembali mengirim kode verifikasi via email. Ini akan menjadi tanda jemaah haji resmi terdaftar di aplikasi Nusuk.

Musim haji tahun ini, merupakan haji perdana pemberangkatan dengan kuota penuh pasca-pandemi Covid-19. Indonesia memberangkatkan jumlah calon jemaah haji kategori lanjut usia (lansia tahun ini meningkat hampir dua kali lipat dibanding 2019.

 

3 dari 3 halaman

Total Jemaah Calon Haji dari Indonesia

Ilustrasi Ibadah haji (Istimewa)

Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan, total jemaah calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini berjumlah 221.000 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 66.943 di antaranya merupakan calon jemaah kategori lansia.

Kabid Lansia dan Disabilitas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023, Slamet mengungkapkan, Jemaah haji prioritas dengan kategori lansia adalah yang berusia 65 tahun ke atas. Kendati definisi lansia menurut WHO adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas.

"Definisi lansia itu adalah 60 tahun, tetapi kita memprioritaskan yang 65 tahun ke atas, tahun ini ada 66.900. Kalau yang 60 tahun (sesuai definisi WHO), maka akan ada angka 93.000 jemaah lansia, sehingga ini jumlah yang cukup besar," ujar Slamet saat Bimbingan Teknis PPIH di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin 10 April 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini