Sukses

Tinggalkan Manchester United, De Gea Unggah Salam Perpisahan di Instagram Banjir Pujian Fans MU

David De Gea mengumumkan perpisahan dirinya dari Manchester United, klub yang telah membesarkan namanya sejak 2011. Ia pun mengunggah salam perpisahan melalui Instagramnya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Penjaga gawang asal Spanyol yang berkarier di Manchester United, David De Gea, memutuskan untuk meninggalkan klub Manchester United yang telah diperkuatnya sejak 2011.

De Gea bergabung dengan Manchester United usai hengkang dari Atletico Madrid di tahun 2011. Bersama MU, ia telah tampil 545 kali, dan cetak sejarah klub Setan Merah, sebagai penjaga gawang yang paling banyak tampil bersama MU.

Mengutip Sky Sport, Minggu (9/7/2023), kiper dengan nomor punggung 1 itu meninggalkan Old Trafford sebagai pesepak bola tanpa kontrak, setelah 12 musim bersama MU.

De Gea pun mengungkap pesan perpisahannya dengan Manchester United melalui akun Instagram resminya @d_degeaofficial, sekitar 14 jam lalu.

Dalam unggahan Instagram tersebut, De Gea memamerkan foto dirinya saat berada di klub asuhan Erik Ten Hag dari tahun ke tahun hingga sederet capaiannya bersama MU.

Ia menuliskan unggahan:

"Saya ingin mengirimkan pesan perpisahan ini kepada semua pendukung Manchester United.

Saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan saya yang tak berkesudahan atas cintanya, dalam 12 tahun terakhir. Kami telah mencapai banyak hal sejak Sir Alex Ferguson membawa saya ke klub ini.

Saya sangat bangga setiap kali saya mengenakan seragam ini, untuk memimpin tim, untuk mewakili institusi ini, klub terbesar di dunia, adalah sebuah kehormatan yang hanya diberikan kepada beberapa pesepak bola yang beruntung.

Ini merupakan periode yang tak terlupakan dan sukses sejak saya datang ke sini. Saya tidak berpikir meninggalkan Madrid sebagai anak muda, saya akan mencapai apa yang kami capai bersama.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan tantangan baru, untuk mendorong diri saya lagi di lingkungan baru.

Manchester akan selalu ada di hati saya, Manchester telah membentuk saya dan tidak akan pernah meninggalkan saya.

Kita telah melihat ini semua."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi Fans MU, Ucapan Terima Kasih hingga Sebutan Legend

Sontak, unggahan perpisahan De Gea itu mendapatkan apreasiasi dari para fans MU. Hal ini terlihat dari jumlah tanda suka yang ada di unggahan tersebut, total lebih dari 2 juta tanda likes bersarang di unggahan De Geda.

Bukan hanya itu, lebih dari 110.000 komentar juga membanjiri salam perpisahan pria kelahiran 7 November 1990 ini.

"Kamu tidak hanya menyelamatkan gawang United dari gol, tetapi menyelamatkan hati jutaan banyak fans yang harinya bakal kelabu jika klub kalah. Terima kasih karena selalu ada lebih dari satu dekade, David. Kamu benar-benar pahlawan," ujar akun @abr*** dalam komentarnya.

Warganet lain juga mengunggah kata-kata yang menghangatkan hati seputar perpisahan De Gea.

"David De Gea, pria yang bisa menyelamatkanmu," kata @dav***.

Pemilik akun lainnya menyebut De Gea sebagai legend dalam komentarnya.

"Legend, terima kasih atas segalanya, sekali merah, selalu merah," kata akun @yud***.

"Terima kasih DDG, kamu akan selalu menjadi legend, semoga sukses dengan masa depanmu, GGMU," kata akun @pau***.

"Thank you goaTkeeper," kata seorang dengan akun @4un***.

Warganet lain pun mengunggah rasa cintanya terhadap De Gea.

"Saya mencintaimu selamanya, number one," kata @__f****.

3 dari 4 halaman

Erik Ten Hag Puji De Gea Salah Satu Pemain Terbaik MU

Sementara itu, manajer klub Manchester United Erik ten Hag mempertahankan De Gea sebagai No 1 setelah tiba dari Ajax musim panas lalu. Capaian kiper tersebut mendapatkan penghargaan Golden Glove untuk clean sheet terbanyak di Liga Premier musim lalu.

Ten Hag berpendapat tentang pemain berusia 32 tahun itu: "Dibutuhkan kualitas dan karakter yang hebat untuk mencapai level bahkan memainkan satu pertandingan untuk Manchester United.

"Melakukannya 545 kali selama 12 tahun adalah pencapaian istimewa, terutama di posisi penjaga gawang di mana setiap pertandingan membuat Anda menjadi sorotan.

4 dari 4 halaman

MU Pastikan De Gea Cabut

Manchester United pada Sabtu 8 Juli 2023 akhirnya memastikan kiper David De Gea tidak akan kembali ke Old Trafford. Usaha MU merekrut kembali pria Spanyol itu kandas. Setan Merah sudah mengucapkan salam perpisahan kepada De Gea.

Kontrak De Gea bersama MU telah habis 30 Juni 2023. Segala upaya untuk memperpanjang kontraknya gagal. Setelah berstatus pengangguran per 1 Juli 2023, MU masih berusaha bernegosiasi dengan De Gea agar mau balik dan meneken kontrak baru.

Sayangnya usaha terakhir Manchester United juga tidak sukses. De Gea kabarnya sangat keberatan dengan keinginan MU memangkas gajinya dengan cukup signifikan dan memilih mencari petualangan baru mulai musim 2023/2024.

De Gea sudah mengabdi di MU selama 12 tahun setelah dibeli dari Atletico Madrid di tahun 2011. Selama ini De Gea mampu menunjukkan performa sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki MU.

De Gea mampu mempersembahkan satu trofi Liga Premier Inggris, Piala FA, Liga Europa dan dua Carabao Cup. Total De Gea tampil 545 kali dengan mencatatkan 190 clean sheat. Catatan ini membuat nama De Gea terukir dalam sejarah klub sebagai kiper dengan penampilan terbanyak dan clean sheet tersering di MU.

Selama membela Man Utd, De Gea juga meraih banyak penghargaan individu. Dua kali De Gea jadi kiper terbaik di Liga Inggris. Dia juga empat kali menjadi pemain terbaik tahunan di MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini