Sukses

5 Tips Optimalkan Penggunaan YouTube Music: Bisa untuk Putar MP3 hingga Cara Atur Kualitas Audio

Selain fitur pencarian lagu berdasarkan lirik, simak beberapa trik berikut ini untuk mengoptimalkan YouTube Music.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube Music menjadi layanan alternatif para pecinta musik sejak Google menghentikan layanan Google Play Music. Sebagai platform music streaming yang dikelola oleh Google, YouTube Music menyediakan beragam fitur dan menarik.

Secara umum, pengguna dapat menikmati koleksi lagu yang luas, mendengarkan album dan playlist favorit, serta menemukan artis-artis baru.

Selain itu, YouTube Music juga menawarkan rekomendasi personal yang didasarkan pada preferensi musik pengguna, sehingga memungkinkan pengalaman musik yang disesuaikan dan personal.

Di artikel kali ini, kita akan membahas beberapa trik untuk mengoptimalkan YouTube Music.

1. Memutar MP3 di perangkat

YouTube Music memungkinkan pengguna untuk memutar MP3 yang tersimpan di perangkat. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengakses menu Pengaturan (Settings), Unduhan dan Penyimpanan (Downloads and Storage), Tampilkan file perangkat (Show device files).

Dengan mengikuti langkah tersebut kamu dapat menikmati lagu kesayanganmu yang tersimpan sebagai MP3 di dalam perangkat melalui YouTube Music.

2. Temukan daftar putar di YouTube

Dengan masuk menggunakan akun Google yang sama untuk YouTube dan YouTube Music, kamu dapat dengan mudah mengakses dan mengelola daftar musik di YouTube Music saat menjelajahi YouTube.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggabungkan video musik dengan klip video lain dalam satu daftar putar dan menyimpan setiap perubahan yang disinkronkan antara kedua platform.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cari lagu berdasarkan lirik

Fungsi penelusuran YouTube Music lebih dari sekadar judul lagu. Bahkan, jika kamu hanya mengetahui beberapa baris liriknya atau beberapa kata dari penggalan liriknya, dalam banyak kasus YouTube Music dapat mengidentifikasi lagu yang kamu cari.

Cukup ketik baris lirik atau kata-kata yang kamu kenali di kotak telusur (Search box), YouTube Music akan menampilkan daftar lagu yang relevan dengan pencarianmu. Meskipun mungkin tidak selalu sempurna, fitur sangat berguna dalam menemukan lagu berdasarkan sebagian lirik.

4. Hemat Data

Kalau kamu sedang bepergian dan tak terhubung ke jaringan Wi-Fi, kamu dapat mempertimbangkan fitur yang membatasi penggunaan jaringan mobile saat melakukan streaming. Masuk ke menu Pengaturan (Settings), lalu Data Saving.

Kamu dapat menyalakan fitur Limit mobile data usage (Batasi pemakaian mobile data) dan Stream via Wi-Fi only (Streaming hanya via Wi-Fi.

 

3 dari 4 halaman

5. Setelan kualitas audio

Kamu dapat mengoptimalkan pengalaman menggunakan YouTube Music dengan menyesuaikan kualitas audio agar sesuai dengan preferensi dan kondisi jaringan di perangkatmu.

Kamu dapat menyesuaikan setelan ini di menu Pengaturan (Settings), lalu Playback (Pemutaran), kemudian Equaliser. Di fitur Equali kamu dapat memilih beberapa opsi yang akan menghasilkan luaran suara berbeda, seperti Normal, Pop, Classic, Jazz, Rock, dan Custom.

Uniknya, ada juga fitur Adapat Sound yang mencoba melakukan personalisasi luaran suara, antara lain berdasarkan usia pengguna. Misalnya, untuk usia di bawah 30 tahun, ada opsi untuk meningkatkan frekuensi tinggi. Untuk usia antara 30-60 tahun, ada opsi untku meningkatkan frekuensi sedang dan tinggi.

Sama halnnya seperti Equaliser, fitur Adapat Sound tersedia di menu Pengaturan (Settings), lalu Playback (Pemutaran), Adapt Sound.

Demikian beberapa trik yang kami harap dapat meningkatkan pengalaman YouTube Music kamu. Selamat mencoba!

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.