Sukses

2 Cara Ampuh Cek Nomor Tak Dikenal Pakai Getcontact di HP Android dan iOS

Getcontact adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mengidentifikasi nomor tak dikenal dengan mudah, sehingga dapat melindugi diri dari spam, penipuan, atau gangguan. Simak cara menggunakan Getcontact di HP Android dan iOS di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendapatkan panggilan atau pesan dari nomor tak dikenal yang mengganggu, dan penasaran siapa orang di balik nomor tersebut?

Jika ya, maka ada baiknya Anda menginstal aplikasi Getcontact di HP Android dan iOS. Informasi, Getcontact adalah aplikasi untuk membantu pengguna mengidentifikasi nomor tak dikenal dengan mudah.

Berdasarkan laman situs perusahaan, aplikasi Getcontact sudah digunakan lebih dari 200 juta pengguna di 70 negara, termasuk Rusia, Indonesia, Turki, Ukraina, dan Arab Saudi.

Berbekal jumlah pengguna yang besar dan tersebar di berbagai negara, aplikasi ini memiliki database besar dan terus diperbarui oleh penggunanya.

Dengan Getcontact, Anda bisa mengetahui nama, foto, lokasi, dan tag dari nomor tak dikenal menghubungi Anda.

Aplikasi yang tersedia gratis untuk pengguna HP Android dan iOS ini juga dapat melindungi Anda dari panggilan atau pesan spam, penipuan, atau gangguan.

Aplikasi ini memiliki fitur spam protection dapat memblokir nomor-nomor yang sudah dilaporkan oleh pengguna lain sebagai spam. Anda juga bisa melaporkan nomor-nomor mengganggu tersebut agar tidak menghubungi pengguna lain.

Getcontact tersedia untuk HP Android dan iOS. Anda bisa men-download-nya secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Berikut adalah cara pakai Getcontact di HP Android dan iOS:

  • Download dan instal aplikasi Getcontact di HP Anda.
  • Buka aplikasi Getcontact dan daftar dengan menggunakan nomor telepon Anda.
  • Verifikasi nomor telepon Anda dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Setujui persyaratan dan kebijakan privasi dari Getcontact.
  • Berikan izin akses kontak, panggilan, dan SMS kepada Getcontact.
  • Selesai! Sekarang Anda bisa menggunakan Getcontact untuk cek nomor tak dikenal yang masuk ke HP Android dan iOS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2 Cara cek nomor tak dikenal pakai Getcontact

<p>Cara Ampuh Cek Nomor Tak Dikenal Pakai Getcontact. (Doc: Getcontact)</p>

2 Cara cek nomor tak dikenal pakai Getcontact sangat mudah:

  • Melalui aplikasi Getcontact: Buka aplikasi Getcontact dan masukkan nomor yang ingin Anda cek di kolom pencarian. Kemudian, tekan tombol search. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang nomor tersebut, seperti nama, foto, lokasi, dan tag.
  • Melalui panggilan atau pesan: Saat Anda mendapatkan panggilan atau pesan dari nomor tak dikenal, buka notifikasi dari Getcontact. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang nomor tersebut, seperti nama, foto, lokasi, dan tag.

Dengan menggunakan Getcontact, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan nomor tak dikenal yang menghubungi Anda. Anda bisa mengetahui siapa mereka dan apakah mereka bermaksud baik atau tidak. Anda juga bisa melindungi diri Anda dari spam, penipuan, atau gangguan.

Getcontact adalah aplikasi yang ampuh untuk cek nomor tak dikenal di HP Android dan iOS. Jadi, tunggu apa lagi? Download dan instal Getcontact sekarang juga!

3 dari 4 halaman

Aplikasi Serupa dengan Getcontact

Ilustrasi SMS Spam (sumber: iStockphoto)

1. Truecaller: Caller ID & Block

Truecaller bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi pengenal nomor telepon yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi Truecaller dapat diunduh di Android maupun iPhone dan layanan ini bisa digunakan secara gratis.

TrueCaller ID bisa mengidentifikasi dan memblokir robocaller, fraudster, telemarketer, dan panggilan tak diinginkan lainnya. Tidak hanya itu, detektor spam tingkat lanjutnya juga otomatis memblokir dan melindungi pengguna dari panggilan dan SMS palsu.

Nomor telepon dalam daftar spam pun terus diperbarui secara real-time oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

2. Whoscall

Aplikasi pengenal panggilan Whoscall, juga bisa diunduh di Android atau iPhone. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna. Aplikasi ini juga mencakup 1,6 miliar database berisi nomor telepon dari komunitas global.

Fungsi aplikasi Whoscall sejenis dengan Truecaller dan Getcontact, yakni mengidentifikasi penelepon yang namanya tidak disimpan di buku telepon, memblokir telepon mengganggu, dan mencari nomor telepon.

Layanan premium atau berbayar dari Whoscall mencakup ekstensi database offline yang memberikan informasi tiap panggilan, update otomatis database offline, dan bebas dari iklan. 

4 dari 4 halaman

3. Hiya - Call Blocker, Fraud Detection & Caller ID

Ilustrasi spam (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Aplikasi pengenal nomor telepon Hiya tersedia di Android dan iPhone. Aplikasi ini mendukung pengenalan panggilan spam dan memblokirnya.

Selain itu, pengguna juga bisa mencari nomor telepon, baik itu teman, penelepon, atau nomor penipuan. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan spam dan deteksi penipuan.

Meski bisa digunakan secara gratis, Hiya menawarkan layanan premium atau berbayar.

4. Showcaller - Caller ID & Block

Aplikasi lainnya yang juga bisa mengenali nomor telepon asing adalah Showcaller. Aplikasi ini mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi ID penelepon dan menghindari spam, telemarketing, dan panggilan penipuan.

Fitur-fitur utama dari Showcaller adalah ID caller, pemblokir panggilan, perekam panggilan, pencarian nomor telepon, hingga pemutar nomor. Showcaller juga mengklaim punya dukungan dual SIM.

Sementara, akses Showcaller premium mendukung pencarian dalam jumlah tak terbatas, pemblokiran spam otomatis, dan layanan tanpa iklan.

Showcaller juga memastikan pihaknya tidak mengunggah buku telepon pengguna agar diketahui umum atau agar dapat dicari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.