Sukses

Apple Ungkap 81 Persen iPhone di Dunia Sudah Pakai iOS 16

Apple mengungkapkan bahwa 81 persen perangkat iPhone mereka sudah menggunakan iOS 16

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pengumuman untuk iOS 17, Apple melaporkan sudah 81 persen di antara perangkat iPhone telah menerapkan sistem operasi versi terkini mereka, iOS 16.

Melalui situs Apple Developer, perusahaan menyebutkan 81 persen dari seluruh perangkat iOS sudah memakai iOS 16, sejak dirilis ke publik pada bulan September 2022.

Sementara, 13 persen perangkat memakai iOS 15 yang masih mendapatkan patch keamanan, sementara hanya 6 persen perangkat yang menjalankan versi lama, seperti dikutip dari 9to5mac, Senin (5/6/2023).

Untuk iPad, 71 persen dari seluruh perangkat sudah memakai iPadOS 16, dengan 20 persen memakai iPadOS 15, dan 9 persen masih memakai sistem operasi versi yang lebih lama.

Data lainnya yang diungkap Apple, iOS 16 telah diinstal di 90 persen iPhone 11 dan lebih baru, dan hanya 2 persen dari perangkat ini yang belum diperbarui ke iOS 15 atau iOS 16.

Berikutnya, iPadOS 16 tercatat berjalan di 76 persen iPad yang dirilis dalam empat tahun terakhir, dan hanya 6 persen dari model tersebut yang masih menjalankan perangkat lunak sebelum iPadOS 15.

Tingkat adopsi iOS 16 dinilai serupa dengan iOS 15 pada bulan Mei tahun lalu. Namun saat dibandingkan beberapa bulan pertama setelah rilis, iOS 16 jauh lebih cepat.

Diasumsikan, salah satu penyebabnya adalah karena update iOS ini membawa perubahan yang signifikan pada Lock Screen iPhone, yang dianggap menarik buat banyak pengguna.

Awal tahun ini, ketika Apple membagikan data resmi adopsi iOS 16 untuk pertama kalinya, 72 persen dari semua perangkat iOS sudah menjalankan perangkat lunak versi terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbandingan dengan Android 13

Bila dibandingkan Android, versi terbaru Android 13 baru mencapai 12 persen dari seluruh perangkat yang memakai OS tersebut. Sebagian besar malah masih menggunakan Android 11 yang rilis di 2020.

Keuntungannya, para pembuat aplikasi masih bisa fokus untuk menambahkan fitur baru ke aplikasinya, tanpa khawatir sebagian besar pengguna tidak akan mendapatkannya. Di sisi lain, memasang pembaruan terbaru sebenarnya penting dari sisi keamanan.

Google mungkin akan lebih sulit memastikan sebagian besar pengguna akan mendapatkan pembaruan ini, karena perusahaan memiliki sedikit atau tidak ada kendali atas perangkat pihak ketiga yang menjalankan Android.

Apple dikabarkan akan mengumumkan kehadiran iOS 17 dalam salah satu sesi keynote Worldwide Developers Conference atau WWDC pada 5 Juni 2023.

Berdasarkan kabar saat ini, ada sekitar 12 fitur baru dan perubahaan bagi pengguna iPhone di berbagai dunia. Apa saja?

Seperti biasa, iOS 17 versi beta bakal tersedia bagi anggota Apple Beta Software Program pada Juli 2023, dan baru diluncurkan secara global pada September tahun ini---atau bersamaan dengan peluncuran iPhone 15.

3 dari 4 halaman

Jajaran iPhone dan iPad yang Tak Dapat Update iOS 17

Menjelang pengumuman iOS 17, sempat beredar rumor baru yang mengklaim bahwa iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan lagi mendukung beberapa perangkat Apple versi lama. 

Rumor itu juga menyebut salah satu tipe iPhone yang akan kehilangan dukungan untuk mendapatkan update iOS terbaru ini adalah iPhone X. 

Mengutip 9to5Mac, Rabu (12/4/2023), desas-desus ini berasal dari seorang pengguna Twitter anonim yang sebelumnya sempat mengungkapkan tentang informasi pembaruan software Apple secara detail.

Dalam cuitannya, update iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan tersedia untuk perangkat berikut : 

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone XiPad (generasi ke-5)
  • iPad Pro 9,7 inci (generasi ke-1)
  • iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1)

Seperti yang diinformasikan oleh MacRumors, keputusan Apple mengecualikan daftar perangkat di atas dari pembaruan iOS 17 dapat dikaitkan dengan kerentanan boot ROM yang dapat memengaruhi chip A5 hingga A11. 

 

4 dari 4 halaman

Masih Ada Tambalan Keamanan

Untuk diketahui, dihentikannya dukungan ini sebenarnya sama seperti ketika iOS 16 rilis pada tahun lalu.

Ketika itu, Apple tidak menggulirkan iOS 16 untuk sejumlah perangkat besutannya yang terbilang sudah lawas, termasuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone SE (generasi ke-1), dan iPod touch (generasi ke-7).

Kendati demikian, Apple juga akan terus meluncurkan perbaikan keamanan untuk iOS 16, bahkan setelah iOS 17 dirilis. Sama seperti iOS 15 yang tahun ini telah menerima banyak pembaruan untuk menambal kerentanan keamanan utama. 

Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kebiasaan Apple yang seringkali membatasi beberapa fitur dalam rilis iOS baru ke perangkat teranyarnya.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.