Sukses

Pasar Smartphone Asia Tenggara Q1 2023: Apple Tangguh di Puncak, Infinix Melesat ke Posisi ke-2

Di tengah penurunan pengapalan smartphone Asia Tenggara, Apple tetap tangguh dengan peningkatan pengapalan sebesar 18 persen pada periode itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pengapalan smartphone di pasar utama Asia Tenggara mengalami penurunan sebesar 13 persen secara tahunan (Year-over-Year, YoY) pada kuartal pertama tahun 2023 (Q1-2023). Namun, di tengah penurunan ini, Apple tetap tangguh dengan peningkatan pengapalan sebesar 18 persen pada periode itu.

Performa mencolok juga ditunjukkan oleh Infinix, yang mengalami pertumbuhan melesat sebesar 41 persen di pasar Asia Tenggara. Temuan ini terungkap di dalam Southeast Asia Monthly Smartphone Channel Share Tracker dari perusahaan riset pasar Counterpoint Research.

Penurunan pengapalan smartphone dapat disebabkan oleh kombinasi permintaan yang rendah dan penurunan musiman di lima negara utama di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Setiap negara mengalami penurunan yang berbeda-beda; Vietnam terkena dampak yang lebih besar karena volume pengapalan smartphone yang relatif tinggi pada kuartal keempat tahun 2022, mendorong Original Equipment Manufacturers (OEM) untuk mengurangi volume pada kuartal pertama tahun 2023.

Selain itu, faktor seperti penurunan produksi Samsung sebesar 10 persen, penurunan pendapatan bagi OEM dan operator, dan permintaan yang rendah secara musiman setelah kuartal keempat tahun 2022 juga turut berkontribusi pada penurunan tersebut. Namun, Indonesia dan Thailand mengalami perbaikan yang relatif lebih baik, dengan permintaan menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada Maret 2023.

Kondisi ekonomi dan geopolitik secara keseluruhan di Asia Tenggara mulai mengalami stabilisasi, meskipun beberapa negara masih menghadapi efek inflasi. Misalnya, Filipina mengalami inflasi tinggi pada awal tahun. Meskipun demikian, operator di wilayah ini tetap berkomitmen untuk mengembangkan 5G dan menjalin kemitraan dengan perusahaan teknologi.

Investasi asing kembali masuk ke ekonomi besar seperti Indonesia dan Malaysia, yang berkontribusi pada pemulihan industri. Kolaborasi juga muncul di sektor layanan keuangan, seperti kemitraan OPPO dengan bank di Indonesia untuk menyediakan layanan perbankan.

Lalu, ada kemitraan AIS dengan Bangkok Bank di Thailand untuk menyediakan layanan keuangan di platform digital. Meskipun terdapat perkembangan positif ini, konsumen belum sepenuhnya merasakan perbaikan di lapangan, yang menyebabkan penundaan pembelian smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengapalan Smartphone di Bawah Rp 2,9 Juta

Apple mengalami permintaan yang meningkat untuk seri iPhone di Vietnam, terutama untuk iPhone 13 dan 14. Indonesia juga mengalami peningkatan pengapalan iPhone.

Secara keseluruhan, Apple mencatat pertumbuhan pengapalan iPhone sebesar 18 persen secara tahun ke tahun pada kuartal pertama tahun 2023.

Infinix, mitra resmi smartphone untuk liga profesional Mobile Legends di Filipina, berhasil memposisikan dirinya sebagai merek gaming di wilayah ini. Meskipun volume Infinix tidak sebesar merek-merek terkemuka, perusahaan ini terus mengalami pertumbuhan, dengan peningkatan yang mencolok sebesar 41 persen pada kuartal pertama tahun 2023.

Meskipun beberapa merek menjadi sorotan pada awal tahun ini, dua kelompok konsumen mendominasi pangsa pasar pada kuartal pertama tahun 2023.

Pengapalan smartphone dengan harga di bawah USD 200 (Rp 2,9 juta) mengalami pertumbuhan sebesar 4 persen secara tahun ke tahun, didorong oleh permintaan yang tertahan, meskipun tidak semua negara mengalami peningkatan permintaan smartphone murah.

Misalnya, di Vietnam, OEM masih berusaha meningkatkan volume pengapalan dalam segmen ini, sedangkan keluarga dengan pendapatan rendah di Filipina menghadapi kendala akibat pajak tinggi dan masalah inflasi, sehingga membatasi kemampuan mereka untuk membeli smartphone murah.

3 dari 4 halaman

Pengapalan Smartphone Premium

Di sisi lain, pengapalan smartphone premium dengan harga di atas USD 600 (Rp 8,9 juta) terus mengalami peningkatan, mencapai pertumbuhan sebesar 4 persen secara tahun ke tahun.

Segmen smartphone menengah-atas dengan harga antara USD 201 (Rp 2,9 juta) dan USD 600 (Rp 8,9 juta) mengalami penurunan paling signifikan di seluruh wilayah.

Analis Senior di Counterpoint Research, Glen Cardoza, menyatakan bahwa Asia Tenggara sedang mengalami tahap di mana tipe konsumen yang berbeda memiliki perilaku yang berbeda. Pembeli smartphone dengan harga rendah, kata dia, sedang pulih tetapi belum pulih seutuhnya.

"Pembeli smartphone menengah-atas sedang berhati-hati dan memperpanjang penggunaan ponsel mereka, sementara pembeli smartphone premium tidak terpengaruh oleh situasi ekonomi. Konsumen ini memilih untuk membeli seri S, ponsel lipat, dan iPhone," tutur Cardoza.

4 dari 4 halaman

Smartphone 5G

Sementara 5G menjadi hal yang umum, operator menyajikan paket-paket kreatif dan memberikan opsi untuk semua jenis smartphone.

Beberapa bulan mendatang kemungkinan akan melihat sedikit perbaikan dalam sentimen konsumen, sedangkan pemerintah memastikan negara-negara mereka tetap relatif tidak terpengaruh oleh masalah makro global.

Pemerintah Vietnam berencana memperkenalkan 5G secara komersial di negara tersebut tahun ini. Hal ini akan memfasilitasi tingkat manufaktur dan penggunaan konsumen yang baru jika dilakukan lebih awal.

Sementara itu, pemerintah Malaysia dan industri sedang bekerja untuk mengkomersialkan 5G dan menetapkan syarat-syaratnya, sementara konsumen sudah dilengkapi dengan smartphone 5G.

Dengan peningkatan pariwisata di negara-negara Asia Tenggara pada awal tahun ini, ada peluang bahwa bisnis pariwisata dan pendapatan akan meningkat tahun ini. Negara seperti Thailand juga fokus pada inisiatif ekowisata yang berfokus pada keberlanjutan, dengan memanfaatkan smartphone.

Semua perkembangan ini kemungkinan akan membawa normalitas bagi masyarakat, sehingga berpotensi meningkatkan sentimen konsumen pada kuartal-kuartal mendatang.

(Why/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.