Sukses

Turnamen Terbesar Dota 2 The International 12 Bakal Digelar di Seattle pada Oktober 2023

Setelah sempat berpindah-pindah negara, The International 2023 atau TI12 bakal digelar di Seattle, Amerika Serikat, yang sempat lama jadi lokasi penyelenggaraan turnamen Dota 2 itu.

Liputan6.com, Jakarta - Valve baru-baru ini telah menetapkan lokasi dari penyelenggaraan turnamen esports Dota 2 terbesar di dunia, The International 12.

Valve mengungkapkan bahwa The International 2023 akan digelar di Seattle, Amerika Serikat, pada Oktober yang akan datang, serta diklaim akan jadi event yang paling besar selama seri turnamen ini.

Gelaran The International 2023 atau TI12 sendiri bakal dimulai dari babak penyisihan grup pada tanggal 14 Oktober 2023, untuk kemudian dilanjutkan dengan babak playoff.

"Kedua acara ini akan berjalan di bawah satu banner, The Road to the International, yang akan kami bicarakan lebih lanjut dalam beberapa pekan mendatang," tulis Valve dikutip dari situs resminya, Senin (15/5/2023).

The International 2023 pun akan digelar pada Jumat, 27 Oktober 2023, dan berlangsung sampai Minggu, 29 Oktober 2023 di Climate Pledge Arena, Seattle.

Mengutip Engadget, Climate Pledge Arena yang sebelumnya dikenal sebagai KeyArena, menjadi lokasi penyelenggaraan The International selama tahun 2014 sampai 2017.

Meski begitu, dikutip dari Liquipedia, seri turnamen esports Dota 2 ini telah digelar di Seattle pada tahun 2012 sampai 2017.

Pada 2018, Valve memindahkan venue The International ke Roger's Arena Vancouver, Kanada, karena renovasi yang dilakukan di KeyArena. Kemudian, negara penyelenggaraan berpindah-pindah dari China, Rumania, dan Singapura.

Valve juga sempat akan menggelar The International di Swedia, namun terpaksa dibatalkan akibat pandemi pada 2020.

Di The International 2022 atau TI11, Tundra Esports keluar sebagai juara usai mengalahkan tim unggulan, Team Secret.

Walau berhadapan dengan salah satu tim Dota 2 terkuat, Oliver "skiter" Lepko, Leon "Nine" Kirilin, Neta "33" Shapira, Martin "Saksa" Sazdov, dan Wu "Sneyking" Jingjun berhasil menang 3-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tundra Esports Juarai Kompetisi Dota 2 TI11

Dengan kemenangan ini, Tundra Esports berhak memboyong piala TI11 dan total uang hadiah sekitar US 8,489,501 (Rp 132 miliar). 

Ini merupakan kali kedua skor 3-0 terjadi di babak grand final, dimana sebelumnya Team Liquid melakukan hal serupa saat mendominasi Newbee di TI7, dikutip dari One Esports, Senin (31/10/2022).

Sepanjang pertandingan, Nine dkk memang lebih unggul dalam draft pemilihan hero mereka yang unggul dalam team fight dan performa individu.

Untuk lokasi pertandingan, babak The Playsoffs dari turnamen Dota 2 ini digelar di Suntec Convention Center, sementara The Finals diselenggarakan di Singapore Indoor Stadium.

Pengumuman dijadikannya Singapura sebagai tuan rumah dari The International 11 sendiri sudah dilakukan pada bulan Mei 2022 yang lalu.

Mengutip The Verge, penyelenggaraan TI11 di Singapura ini menjadi yang pertama digelarnya kompetisi esports tingkat dunia ini di negara Asia Tenggara.

3 dari 4 halaman

Turnamen Dota 2 Bali Major Ungkap Lokasi Penyelenggaraan

Di sisi lain, Indonesia juga dalam waktu dekat akan jadi tuan rumah untuk salah satu kompetisi Dota 2 yaitu Bali Major.

Gelaran ini nantinya akan jadi Major terakhir yang diadakan tahun ini, sebelum mengarah ke turnamen DOTA 2 tingkat tertinggi The International 2023.

Mengutip jadwal di akun Twitter IO Esports @ Bali Major @ioesportsgg, Group Stage akan dimulai pada 92 Juni sampai 3 Juli, dilanjutkan dengan Playoff pada 5 sampai 6 Juli 2023.

Baru pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2023, Bali Major akan digelar di Ayana Estate, seperti yang telah dikonfirmasi di situs resminya.

"Kompetitor dan penggemar sama-sama akan dapat menikmati pantai yang indah dan hidangan lokal yang menggiurkan di sela-sela menikmati pertandingan yang menggetarkan antara tim DOTA 2 terbaik dunia," tulis penyelenggara.

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, Bali Major akan diselenggarakan oleh IO Esports dan Epulze.

 

4 dari 4 halaman

Total Hadiah Bali Major

Kenchi Yap, CEO IO Esports mengatakan Bali Major adalah acara besar-besaran bagi semua penggemar DOTA 2, terutama yang ada di Indonesia.

"Prioritas utama kami adalah memastikan bahwa setiap orang akan bersenang-senang, apakah mereka bergabung dengan kami di sini di AYANA Resort atau menonton pertandingan dari kenyamanan rumah mereka," kata Yap.

Selain itu, Yap juga mengatakan mereka akan menggelar sejumlah kegiatan untuk para penggemar, yang telah direncanakan. Meski begitu untuk harga tiket, jadwal pertandingan, maupun platform penyiaran belum diumumkan.

Adapun, lewat kompetisi esports DOTA 2 ini, 18 tim dari seluruh dunia akan bersaing untuk membawa pulang porsi paling besar dari total hadiah USD 500.000 (sekitar Rp 7,3 miliar)

Di samping itu, mereka juga dapat mengumpulkan poin DOTA Pro Circuit (DPC) yang bisa dipakai mengamankan tempat untuk berlaga di The International.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.