Sukses

Bug WhatsApp Diam-diam Akses Mikrofon di HP Android, Pengguna Khawatirkan Privasi

Google dan WhatsApp mengonfirmasi adanya bug yang membuatnya seolah-olah mengakses mikrofon secara diam-diam di beberapa perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - Google dan WhatsApp mengonfirmasi adanya bug di aplikasi yang membuatnya seolah-olah mengakses mikrofon secara diam-diam di beberapa perangkat Android. Masalah ini diungkap oleh seorang insinyur Twitter, Foad Dabiri. 

Melalui akun Twitter-nya, Dabiri mengunggah foto tangkapan layar yang yang menunjukkan akses mikrofon oleh WhatsApp telah berulang kali digunakan di latar belakang. Bahkan, hal ini terjadi saat aplikasi tidak digunakan. 

Dalam foto tersebut, terlihat pula seberapa sering akses mikrofon smartphone berjalan selama Dabiri tertidur. 

Menanggapi isu ini, WhatsApp berdalih bahwa masalah ini terletak pada HP Android, bukan akses mikrofon tersembunyi dari aplikasi chatting tersebut.

“Kami percaya ini adalah bug di Android yang salah memberikan informasi di Dasbor Privasi mereka dan telah meminta Google untuk menyelidiki dan memulihkannya,” tulis WhatsApp dalam keterangan resminya melalui Twitter.

Di sisi lain, Dabiri bukan orang pertama yang menyadari isu ini. Sebelumnya, WABetaInfo telah memperhatikan bug WhatsApp ini sejak sebulan lalu. 

Menurut pantauan, masalah ini berdampak pada perangkat Pixel dan Samsung. Untuk mengatasinya, WABetaInfo menyarankan pengguna untuk mencoba me-restart perangkat mereka.

Kendati demikian, Google tidak banyak berkomentar, tetapi perusahaan mengonfirmasi pihaknya tengah menyelidiki isu ini. 

Mengutip Engadget, Kamis (11/5/2023), salah satu juru bicara Google mengungkapkan, “Kami mengetahui masalah ini dan bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyelidikinya”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna WhatsApp Khawatirkan Keamanan Privasi

Masalah bug yang mengakses mikrofon secara diam-diam ini jelas menimbulkan kekhawatiran bagi penggunanya tentang keamanan privasi.

Berdasarkan beberapa laporan, aktivitas mikrofon tersebut diketahui dari Dashboard Privasi Android serta melalui titik hijau pada status bar perangkat. 

Notifikasi tersebut tetap muncul ketika pengguna telah menutup WhatsApp. Itu berarti, aplikasi masih mengakses mikrofon mereka dan bisa jadi merekam percakapan pengguna tanpa disadari. 

Untungnya, titik hijau tersebut dapat membuat mereka menyadari dengan cepat penggunaan mikrofon dan kamera yang tidak mereka kehendaki itu. 

Ketika hal ini terjadi, pengguna bisa langsung menolak atau membatalkan izin aplikasi dan memeriksa hal-hal apa yang mungkin terjadi.

3 dari 4 halaman

Elon Musk Sebut WhatsApp Tidak Dapat Dipercaya

Cuitan Foad Dabiri tentang masalah akses mikrofon ini mengundang perhatian Elon Musk. 

Musk membalas postingan Dabiri dan mengatakan “itu aneh.” Selain itu, Musk juga me-retweet cuitan tersebut dengan menyatakan bahwa WhatsApp tidak dapat dipercaya. 

“Jangan percaya apapun,” tulis Elon Musk dalam cuitannya yang diunggah Selasa (9/5/2023), tak lama setelah mengomentari aplikasi milik Meta itu.

Setelah Musk mengkritik, WhatsApp mengeluarkan pernyataan bahwa masalah tersebut berada pada sistem operasi Android, bukan terkait aplikasinya. 

Menurut perusahaan, WhatsApp hanya mengakses mikrofon saat pengguna melakukan panggilan atau merekam catatan suara dan video. Pengguna pun memiliki kontrol penuh atas pengaturan mikrofon di perangkatnya.

Di sisi lain, kebijakan platform media sosial Meta memang tentang perlindungan privasi telah banyak dipertanyakan. Bahkan, CEO Mark Zuckerberg pernah bersaksi di depan Kongres untuk menjelaskan kebijakan perusahaannya.

4 dari 4 halaman

Tips Menghindari Pengintaian Aplikasi Berbahaya

Melihat isu yang membahayakan keamanan ini, pengguna perlu mempertimbangakan aplikasi dan layanan yang sedang diapakai.

Tidak hanya itu, penting pula untuk selalu memperhatikan dan membaca secara seksama setiap izin yang diminta pada semua aplikasi, seperti kesesuaian fungsi aplikasi dengan permintaan akses mikrofon dan kamera. 

Cara Melindungi Privasi Pada Perangkat:

  • Menggunakan Penutup Kamera atau Webcam

Penutup kamera sederhana dapat digunakan untuk memberikan perlindungan ekstra dan perasaan tenang ketika alat sedang tidak digunakan.

  • Mencermati Permintaan Izin Akses Aplikasi

Dengan memperhatikan izin akses yang diminta suatu aplikasi pada ponsel, pengguna dapat menghindari pelanggaran privasi yang mungkin terjadi. Pengguna ponsel juga diharapkan memahami fungsi aplikasi dengan baik agar tidak sembarang mengizinkan akses yang diminta. 

  • Segera Hentikan Izin Aplikasi yang Mencurigakan

Ketika terjadi hal yang mencurigakan pada aplikasi seperti tanda peringatan yang muncul saat aplikasi tidak digunakan, pengguna dapat segera menghentikan izin akses atau menghapus aplikasi tersebut dari ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.