Sukses

WhatsApp Hadirkan 3 Pembaruan untuk Fitur Polling, Apa Saja?

WhatsApp mengumumkan telah melakukan pembaruan untuk fitur polling yang ada di aplikasinya. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kembali meluncurkan sejumlah pembaruan fitur untuk para penggunanya. Kali ini, aplikasi chatting milik Meta tersebut menghadirkan pembaruan untuk fitur polling dan berkirim file.

"Seiring terus melakukan inovasi pada aplikasi, hari ini kami ingin berbagi beberapa fitur baru di WhatsApp yang kami harap akan menjadikan chat lebih produktif dan menyenangkan," tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (7/5/2023).

Untuk fitur polling, WhatsApp menghadirkan tiga pembaruan sekaligus. Menurut WhatsApp, deretan fitur ini dapat membantu grup mengumumpulkan informasi dan membuat keputusan bersama.

Lantas, apa saja pembaruan fitur polling yang kini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

  • Buat Polling Single Vote

Kini, aplikasi WhatsApp menambahkan opsi baru pada polling yang membuat responden hanya bisa memilih sekali saja, sehingga jawaban yang diberikan lebih definitif. Untuk melakukannya, kamu tinggal matikan opsi 'Izinkan beberapa jawaban' saat membuat polling.

  • Cari Polling di Chat

Pengguna WhatsApp kini juga bisa memfilter pesan berdasarkan polling, sama seperti ketika memfilter foto, video, atau tautan. Pada layar chat, pengguna tinggal memilih opsi Cari lalu polling untuk menemukan daftar semua hasil.

  • Tetap Dapatkan Info Terkini dari Polling

Sekarang, pengguna bisa menerima notifikasi ketika seseorang memberikan pilihan polling yang dibuat. Jadi, tanggapan terkini dapat dengan mudah diketahui.

Selain pembaruan pada fitur polling, WhatsApp juga memperbarui kemampuan meneruskan (forward) pesan dalam bentuk foto. Pengguna kini memiliki opsi mempertahankan, menghapus, hingga menulis ulang keterangan yang disertakan pada sebuah foto atau video.

Lalu pada opsi berbagi dokumen, pengguna sekarang bisa menambahkan keterangan sebelum mengirimkannya. Fitur baru WhatsApp ini sudah diluncurkan secara global dan akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur yang Banyak Diminta, Satu Akun WhatsApp Kini Bisa di 4 HP Sekaligus

Di sisi lain, WhatsApp akhirnya meluncurkan kemampuan yang memungkinkan satu akun WhatsApp pengguna untuk digunakan di beberapa HP atau ponsel secara bersamaan.

Dengan fitur yang menurut perusahaan banyak diminta ini, pengguna dapat menautkan satu akun WhatsApp ke paling banyak empat perangkat, sama seperti halnya saat menautkan WhasApp di browser web, tablet, dan desktop.

Mengutip siaran persnya, Rabu (26/4/2023), setiap ponsel yang ditautkan akan terhubung ke WhatsApp secara independen, guna memastikan bahwa pesan, media, dan panggilan pribadi pengguna terenkripsi secara end-to-end.

"Dan jika perangkat utama Anda tidak aktif selama periode yang lama, akun WhatsApp Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya," tulis perusahaan.

3 dari 4 halaman

Permudah Pengguna Akses WhatsApp

Menggunakan fitur baru WhatsApp ini, perusahaan mengatakan ponsel yang tertaut sebagai perangkat pendamping akan membuat berkirim pesan jadi lebih mudah.

"Sekarang Anda dapat beralih di antara beberapa ponsel tanpa perlu keluar dan Anda dapat langsung melanjutkan chat terakhir Anda," kata platform perpesanan milik Meta itu.

"Atau jika Anda adalah pemilik usaha kecil, karyawan Anda kini dapat langsung menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan akun WhatsApp Business yang sama," imbuh mereka.

Pembaruan ini telah dirilis ke pengguna secara global, dan akan tersedia di aplikasi WhatsApp semua orang dalam beberapa pekan ke depan.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru WhatsApp Lainnya

Selain itu, WhatsApp juga bakal merilis fitur lain dalam beberapa minggu ke depan, berupa cara alternatif dan mudah untuk terhubung dengan perangkat pendamping.

Pengguna akan dapat memasukkan nomor teleponnya di WhatsApp Web untuk menerima kode satu kali, yang bisa digunakan di ponselnya.

"Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi memindai kode QR untuk mengaktifkan penautan perangkat. Kami berharap dapat memasukkan fitur ini ke lebih banyak perangkat pendamping di masa mendatang," pungkas WhatsApp.

WhatsApp sebelumnya juga telah merilis sebuah fitur bernama Pesan Sementara, yang berguna untuk menghilangkan sebuah percakapan, sehingga tidak perlu tersimpan selamanya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini