Sukses

Google Meet Kini Dukung Video Call Resolusi 1080p

Google Meet kini mendukung opsi resolusi 1080p, namun dengan beberapa syarat dan ketentuan

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis resolusi 1080p untuk platform meeting online mereka, Google Meet, sehingga pengguna bisa mendapatkan gambar yang lebih tajam dan jelas saat pertemuan daring.

Meski begitu, fitur resolusi 1080p Google Meet sejauh ini masih terbatas hanya pada versi web, membutuhkan kamera yang mendukung 1080p, dan hanya untuk pertemuan dua orang.

Selain itu, dikutip dari Engadget, Minggu (30/4/2023), opsi resolusi ini juga hanya tersedia untuk Google Meet berbayar seperti Google Workspace Business Standard atau Plus dan Enterprise Starter, Standard, Plus, dan Essential.

Pelanggan Google One juga baru bisa mengakses opsi 1080p, apabila mereka punya setidaknya 2 TB penyimpanan di perangkatnya.

Apabila sudah memenuhi syarat-syarat di atas, pengguna juga masih harus menghidupkannya secara manual, karena resolusi 1080p dimatikan secara bawaan.

Jadi, saat masuk ke video call baru, akan muncul popup dari tombol ubah yang diberi ikon tiga titik vertikal, dnegan tulisan, "Let people see you in full HD" bersama informasi tentang pembaruan.

Pengguna Google Meet lalu bisa memilih untuk mengaktifkan atau menutup notifikasi. Resolusi kemudian bisa diubah dengan mengklik tombol tersebut, pilih settings, video, dan pilih opsi resolusi yang diinginkan.

Resolusi 1080p Google Meet akan dirilis dengan domain rilis cepat dalam dua pekan ke depan, sementara pelanggan dengan domain rilis terjadwal baru diluncurkan paling lambat 19 Mei 2023.

Adapun, opsi panggilan resolusi 1080p di Google Meet ini mengikuti sejumlah update terbaru dari platform meeting online itu, seperti reaksi emoji dan transkripsi otomatis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

YouTube Premium Tawarkan Video 1080p Berkualitas Lebih Tinggi

Bicara soal Google dan resolusi 1080p, Youtube juga baru saja memperkenalkan kualitas video HD 1080p yang telah ditingkatkan untuk pelanggan Premium. Namun, untuk saat ini pembaruan tersebut hanya tersedia di iOS dan akan segera hadir di web.

Menurut YouTube, opsi kualitas video Premium 1080p merupakan versi bitrate 1080p yang disempurnakan. Hal ini akan membuat tampilan gambar di YouTube lebih tajam, terutama pada video yang penuh detail dan gerakan.

Dikutip dari The Verge, Rabu (12/4/2023), fitur baru di YouTube Premium ini telah diuji sejak awal tahun 2023. Awalnya pengumuman tersebut menimbulkan kekhawatiran YouTube akan menghapus opsi 1080p untuk non pelanggan premium. 

Untungnya, Untungnya, opsi video 1080p standar masih akan dipertahankan, bahkan untuk pelanggan anggota YouTube Premium. Terlebih, tidak semua video YouTube akan memiliki pilihan 1080p Premium.

 

3 dari 4 halaman

Beda 1080p Biasa dengan Versi Premium

Perusahaan menyatakan opsi ini tidak akan tersedia di video YouTube yang diunggah dengan resolusi lebih tinggi atau lebih rendah dari 1080p, video Shorts, atau live streaming.

Untuk diketahui, opsi video baru ini sudah diuji sejak Februari 2023. Sekadar diketahui, video 1080p dengan bitrate lebih tinggi disebut akan benar-benar mengubah pengalaman menonton YouTube.

Apa bedanya dengan video 1080p yang kini bisa dinikmati pengguna YouTube? Mengingat fakta bahwa akan ada lebih sedikit kompresi, kualitas gambar secara keseluruhan pada opsi Premium 1080p akan meningkat besar-besaran.

Apakah pengguna YouTube yang kini dapat melihat 1080p akan merasakan penurunan kualitas? Kemungkinan hal tersebut tidak akan terjadi, pasalnya YouTube harus menghadapi reaksi di balik langkah ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Pengguna Perlu Perhatikan Data

Namun, memang benar, dengan opsi Premium 1080p akan ada jalan tengah yang lebih baik antara 1080p normal dan 4K. Nantinya kemungkinan video berkualitas 4K hadir dengan bitrate tinggi dan resolusi lebih tinggi.

Oleh karenanya, pengguna perlu memperhatikan penggunaan data ketika memutar video dengan jaringan seluler.

Namun, seiring video 1080p standar YouTube jauh lebih baik dibandingkan 1080p biasa dan tidak menangani ukuran file besar. Hal ini pun jadi cara yang efisien untuk menikmati video berkualitas tinggi.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.