Sukses

Ini Deretan Produk Terbaru Google yang Rilis 2023, Mulai dari Pixel Fold Hingga AI yang Kian Canggih

Berdasarkan berbagai rumor, laporan, jadwal peluncuran yang biasa dilakukan perusahaan, terdapat beberapa perangkat Google yang diharapkan akan rilis tahun ini, mulai dari Pixel 7A hingga Pixel Fold.

Liputan6.com, Jakarta - Lini perangkat Google mengalami pertambahan yang sangat penting di tahun 2023 ini. Biasanya, perusahaan mengumumkan produk Pixel baru di sepanjang tahun.

Namun untuk kal ini, Google juga diperkirakan bakal merilis ponsel lipat pertamanya yang akan bersaing dengan jajaran perangkat Galaxy Z Fold milik Samsung.

Selain itu, Google juga telah memperkenalkan saingan ChatGPT buatannya, Bard, yang dibuka untuk umum pada bulan Maret. Perkembangan Bard ini tidak mengherankan karena Google memiliki ambisi dalam menggarap AI lainnya saat konferensi I/O di bulan Mei.

Mengutip CNET, Selasa (11/4/2023), kedua pengumuman ini pun menandakan bahwa raksasa teknologi tersebut sedang memikirkan rencana lainnya untuk smartphone dan aplikasi yang berjalan di perangkatnya pada tahun 2023.

Berdasarkan berbagai rumor, laporan, jadwal peluncuran yang biasa dilakukan perusahaan, terdapat beberapa perangkat Google yang diharapkan akan rilis tahun ini. Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut adalah daftar produk baru Google tersebut. 

Pixel 7A

Jika melihat seri Pixel sebelumnya, kemungkinan Google akan kembali menghadirkan versi lebih murah dari Pixel 7, yaitu Google Pixel 7A. Meskipun kehadirannya belum dapat dipastikan, beberapa bocoran dan laporan yang beredar telah memberi petunjuk tentang ponsel ini. 

Menurut CNET, sebuah situs Vietnam Zing News menunjukkan bocoran Pixel 7A yang akan memiliki layar 6,1 inci seperti Pixel 6A dengan desain menyerupai Pixel 7.

Terdapat pula informasi yang menyebutkan bahwa Google Pixel generasi terbaru ini akan membawa layar dengan refresh rate 90Hz dan pengisian daya nirkabel lebih tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pixel Fold

Selain Apple, Google juga merupakan salah satu pembuat ponsel terbesar yang belum merilis ponsel lipat. Namun, laporan 9to5Google dan WinFuture menyatakan perangkat Pixel lipat pertama Google akan segera tiba paling cepat bulan Juni.

Menurut bocoran tersebut pula, Pixel Fold akan mengadopsi desain yang lebih pendek dan lebar dengan tampilan mirip OPPO Find N atau Microsoft Surface Duo. 

Pixel 8 dan 8 Pro

Dalam beberapa tahun terakhir, pembaruan Google berfokus pada peningkatan kemampuan kamera. Misalnya, Pixel 7 yang mendapatkan peningkatan zoom dan Pixel 7 Pro menerima mode fotografi makro baru.

Karenanya, Google Pixel 8 dan 8 Pro juga kemungkinan besar akan unggul di bagian kamera dan menggunakan prosesor Tensor baru. Sayangnya, sejauh ini belum banyak bocoran yang dapat memberikan gambaran tentang kedua ponsel ini. 

3 dari 4 halaman

Android 14

Android 14 saat ini tersedia dalam mode preview untuk developer, dengan versi final yang diharapkan siap meluncur ke konsumen pada beberapa bulan mendatang.

Dalam sepanjang tahun, Google merilis fitur Android baru dan fitur khusus Pixel, tetapi pembaruan tersebut juga akan memberikan peningkatan secara menyeluruh di semua platform.

Sepertinya Google akan terus mengembangkan berbagai peningkatan terkait efisiensi daya, privasi, dan aksesibilitas di Android 14 mendatang.

Pixel Tablet

Meskipun tidak memberikan rincian, Google mengatakan berencana merilis Pixel Tablet pada 2023. 

Diketahui, tablet ini akan memiliki lapisan nano-keramik yang terinspirasi dari porselen dan akan berjalan pada prosesor Tensor G2. Prosesor tersebut pertama kali dijalankan pada Pixel 7 dan 7 Pro.

4 dari 4 halaman

Lebih Banyak Fitur AI di Platform Google

Mengikuti kesuksesan ChatGPT, teknologi AI mulai merambah dan dinilai menjadi nilai jual utama pada produk milik berbagai perusahaan, tak terkecuali Google. 

Perusahaan telah memperkenalkan chatbot pencarian, Bard, bertenaga AI. Selain itu, Google juga mengumumkan fitur AI baru untuk Gmail dan Google Docs yang mampu membuat draf dan menulis ulang email.

Di samping itu, Google juga telah membahas peningkatan otomasi seperti terjemahan otomatis dan transkripsi untuk video, serta pembaruan Google Search yang membuatnya lebih baik dalam menangani pertanyaan dengan gabungan teks dan gambar.

Dengan semua perhatian yang diperoleh Microsoft Bing berkat penggabungan AI-nya, Google kemungkinan akan menjadikan AI dan Google Search sebagai inti dari presentasinya di I/O mendatang.

Pixel Watch 2

Google belum membahas rencana untuk jam tangan Pixel baru dan belum banyak pula bocoran yang beredar. Namun mengikuti jadwal tahunan Google Pixel dan pesaingnya, yaitu Apple Watch dan Samsung Galaxy Watch, tidak mengherankan jika Pixel Watch mengikutinya.

Berdasarkan seri terdahulunya, kemungkinan Pixel Watch 2 akan kembali membawa desain yang sama. Diprediksi, perangkat ini akan menggunakan Wear OS versi terbaru dan memiliki masa pakai baterai lebih lama dengan fitur pelacakan kesehatan tambahan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.