Sukses

Apple Bakal Rilis AirPods Pro 2 dengan USB Type C Akhir Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Apple diketahui baru-baru ini telah meluncurkan kandidat rilis iOS 16.4 untuk pengembang (developers). Bersamaan dengan rilisan tersebut, diketahui pula ada informasi mengenai AirPods dengan kode model A3048 dan casing Airpods baru A2968. 

Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (27/3/2023), analis kenamaan Ming Chi Kuo, menyebut adanya kode tersebut kemungkinan berkaitan dengan rencana diluncurkannya AirPods 2 versi versi USB Type-C. Menurut Kuo, Apple diprediksi akan mulai melakukan pengiriman massal AirPods tersebut antara kuartal 2 2023 hingga kuartal  3 2023.

Meski mengungkap ada kemungkinan tersebut, Kuo tidak memberikan bocoran apapun tentang AirPods Pro 2 dengan USB Type-C ini. Belum diketahui apakah AirPods Pro 2 versi baru ini hanya akan mengalami perubahan port pada casing atau disertai perubahan hardware

Namun dalam cuitan Twitter-nya, Kuo menyebut Apple saat ini tidak memiliki rencana untuk meluncurkan AirPods 2 dan AirPods 3 versi USB-C. Karenanya, AirPods Pro 2 akan menjadi TWS Apple pertama yang beralih dari port Lightning ke USB Type-C.

Sekadar informasi, penggunaan USB Type-C kemungkinkan makin memudahkan orang untuk mengisi daya berbagai perangkat dengan satu kabel. Sebab, port USB Type-C kini telah banyak digunakan di berbagai jenis perangkat. 

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Juga Disebut akan Gunakan USB-C

Di sisi lain, dalam sebuah bocoran render yang beredar beberapa waktu lalu, diketahui iPhone 15 juga dirumorkan akan menggunakan port USB Type-C. 

Peralihan dari port Lightning ini bisa jadi merupakan dampak dari adanya tekanan dari Uni Eropa yang mendorong produsen mengikuti standar pengisian daya umum pada semua jenis smartphone dan perangkat. 

Regulasi ini juga berlaku pada kamera digital, konsol video games, dan tablet yang mendukung teknologi pengisian baterai.

Pada aturan tersebut juga disebutkan bahwa setelah tanggal 28 Desember 2024, setiap produk yang dipasarkan di Uni Eropa wajib menggunakan port USB-C. Hal ini telah diresmikan dan dicatat dalam jurnal European Union Law 2022. 

Meskipun foto bocoran hanya menunjukkan bocoran untuk iPhone 15 Pro, pembaruan port akan hadir pada seluruh jajaran iPhone 15, termasuk iPhone 15 Plus dan Pro Max. Sementara itu, penyempurnaan desain pada seri ini akan mengikuti masing-masing model iPhone 15. 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga AirPods Pro 2

Bersamaan dengan peluncuran iPhone 14 Series tahun lalu, Apple turut merilis produk TWS terbarunya, yakni AirPods Pro 2.  

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di situs Digimap dan iBox, Senin (27/3/2023), harga AirPods Pro 2 di Indonesia masih sama dengan harga rilisnya, yaitu Rp 4.299.000. 

TWS Apple ini membawa chip H2 baru, serta menawarkan beberapa peningkatan termasuk untuk kualitas suaranya, Active Noise Cancellation (ANC), serta Transparency Mode.

Chip H2 diklaim memberikan dapat menghilangkan noise hingga dua kali lipat lebih banyak dibandingkan AirPods Pro generasi sebelumnya.

Dengan driver audio distorsi rendah baru dan amplifier khusus, AirPods Pro 2 menawarkan bass yang lebih kaya dan suara yang bening di rentang frekuensi yang lebih luas.

Apple juga menyertakan ear tip ekstra kecil baru, sehingga lebih banyak pengguna yang bisa memakai perangkat ini.

Mode Transparansi Adaptif juga disematkan di perangkat ini. Chip H2 memungkinkan pemrosesan di perangkat AirPods Pro 2, yang mengurangi kebisingan lingkungan yang keras.

4 dari 4 halaman

Fitur di AirPods Pro 2

Teknologi lain adalah Personalized Spatial Audio, di mana pengguna bisa merasakan suara secara individual, berdasarkan ukuran, dan bentuk kepala serta telinga mereka.

Lebih lanjut, dengan memanfaatkan kamera TrueDepth di iPhone, pengguna bisa membuat profil pribadi untuk Spatial Audio, yang memberikan pengalaman mendengarkan untuk diputar secara tepat hanya untuk mereka.

Pengguna AirPods Pro 2 dapat menikmati Audio Spasial yang Dipersonalisasi dengan musik, film, dan acara TV — dengan pelacakan kepala dinamis — di iPhone, iPad, Mac, dan Apple TV.1.

Di AirPods Pro 2, pengguna dapat mengendalikan media playback dan menaikkan volume, tanpa menggunakan perangkat lain. Terdapat kontrol sentuh dengan cara swipe ke atas atau ke bawah di bagian gagang perangkat, untuk mengatur volume dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.