Sukses

Jadwal Final All England 2023, Pertarungan All Indonesian Final: Duel The Daddies vs FajRi Dinanti Warganet

 

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen tahunan bulutangkis bergengsi All England 2023 telah masuki puncaknya, Minggu (19/3/2023). Kejuaraan yang diselenggarakan di Kota Birmingham, Inggris, sejak 14 Maret hingga 19 Maret 2023 ini mencapai puncaknya dan menyisakan 10 partisipan serta pasangan di masing-masing sektor bulutangkis.

Di antara lima sektor yang dipertandingkan, wakil Indonesia berjaya di sektor ganda putra alias men's double dengan dua pasangan yang bakal berlaga di Utilitia Arena, Birmingham, tempat All England 2023 dilangsungkan. 

Kedua pasangan, yakni Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan alias The Daddies serta pasangan Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian (FajRi) yang bakal memperebutkan gelar juara di turnamen tertua bulutangkis itu.

Jadwal final All England 2023 sendiri menurut jadwal akan berlangsung pada Minggu, 19 Maret 2023, mulai pukul 17.00 WIB.

Adapun deretan pasangan dan partisipan yang bermain di All England 2023 berdasarkan urutan adalah:

  1. Ganda putri: Kim So Yeong dan Kong Hee Yong melawan Baek Hana/ Lee So Hee. Keduanya sama-sama berasal dari Korea Selatan.
  2. Ganda campuran: Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong (Tiongkok) melawan Seo Seung Jae dan Chae Yu Jung (Korea Selatan).
  3. Tunggal putri: Chen Yu Fei (Tiongkok) melawan An Se Young (Korea Selatan).
  4. Ganda putra: Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto melawan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Keduanya merupakan pasangan ganda putra asal Indonesia.
  5. Tunggal putra: Li Shi Feng melawan Shi Yu Qi, keduanya merupakan pemain dari Tiongkok.

Pertandingan jadwal final All England 2023 ditayangkan di stasiun televisi iNews.

2 dari 4 halaman

Warganet Tak Sabar Saksikan Duel Bestie The Daddies dan FajRi

Final dua pasangan ganda putra Indonesia The Ahsan/ Hendra serta Fajar/ Rian tentu jadi duel paling dinanti-nantikan oleh badminton lovers di Indonesia.

Bagaimana tidak, The Daddies yang merupakan legenda akhirnya bisa berduel melawan sahabat mereka di turnamen super 1000 series ini. Siapa pun pemenang, tentunya adalah kegembiraan bagi pecinta tepok bulu Tanah Air.

Warganet pun telah mulai mengicaukan topik Daddies yang merujuk pada pasangan Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan sejak pasangan bulutangkis kawakan ini melaju ke final All England 2023, usai mengalahkan ganda putra Tiongkok Liang Wei Keng dan Wang Chang di semifinal.

Dalam pertandingan yang sangat mendebarkan, The Daddies menundukkan pasangan nomor 9 dunia tersebut dengan skor 21-15, 19-21, dan 29-27, pada Sabtu malam, 18 Maret 2023.

Keduanya pun banjir pujian warganet karena di usianya yang tidak muda lagi, masih eksis tampil di All England 2023 hingga partai final.

Pujian pun dialamatkan ke Ahsan/Hendra yang selama dua tahun berturut-turut konsisten tampil di final All England, yakni pada tahun 2022 (melawan ganda Indonesia Bagas Maulana dan Shohibul Fikri) dan tahun 2023 ini, akan melawan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto.

3 dari 4 halaman

The Daddies 4 Kali Final All England, 2 Kali Kampiun

Pasangan ganda putra senior ini tercatat pertama kali sampai ke final kejuaraan All England pada 2014. Selanjutnya, The Daddies melaju ke babak final pada 2019, 2022, dan 2023.

Ahsan/ Hendra yang kini berusia 35 tahun dan 38 tahun itu pernah dua kali menjuarai All England, yakni pada 2019 dan 2014.

Pada 2022, The Daddies berada di posisi kedua usai dikalahkan rekan senegaranya, Bagus Maulana dan Shohibul Fikri. Lantas, bagaimana dengan tahun 2023, apakah The Daddies atau Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto yang akan menjadi kampiun?

4 dari 4 halaman

Perjuangan Fajar/ Rian di All England 2023

Di sisi lain, Fajar/ Rian yang merupakan pasangan ganda putra nomor satu dunia saat ini sah menantang The Daddies di partai final All England 2023. Keduanya memastikan diri bakal berlaga di final usai menaklukkan pasangan Tiongkok He Ji Ting dan Zhou Hao Dong dalam dua game langsung.

Kedua pasangan sempat terlibat dalam laga sengit di set pertama. Kejar-mengejar poin dilakukan kedua ganda putra, di mana He/ Zhou mencapai angka 11 lebih dahulu di interval, sementara 9 poin untuk FajRi.

Namun, empat poin beruntun usai interval diraih Fajar/ Rian sehingga berbalik unggul 13-11. Pasangan Tiongkok menyamakan skor 13-13 dan 14-14, tetapi Fajar/ Rian berhasil unggul dua angka lagi 16-14.

Pasangan Tiongkok kembali menyamakan kedudukan hingga 16-16 hingga terjadi kejar mengejar point. Namun, laga gim pertama dimenangkan Fajar/Rian dengan skor 21-19.

Pada babak kedua, Fajar/ Rian unggul 9-4, lalu hampir terkejar hingga 7-9. Namun, pasangan Indonesia mencapai interval lebih dahulu dengan 11-9.

Pasangan nomor satu dunia ini kemudian menjauhkan jarak hingga 14-8 lewat raihan poin beruntun. Poin kedua pasangan makin jauh berkat plesing bola yang sulit dari Fajar/ Rian menjadikan skor 17-10.

Pasangan Tiongkok He/ Zhou sempat hampir sukses memperkecil jarak poin, namun, Fajar dan Rian sukses mengakhiri game dengan kemenangan 21-17 atas He/ Zhou.

(Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.