Sukses

Realme Jadi Brand HP Android Pertama yang Tiru Fitur Dynamic Island iPhone 14 Pro

Realme kemungkinan menjadi brand HP Android pertama yang meniru fitur Dynamic Island milik iPhone 14 Pro series ke smartphone-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi perangkat mobile terus berkembang selama beberapa tahun terakhir. Inovasi terbaru di smartphone yang menarik perhatian adalah digantikannya notch di iPhone dengan Dynamic Island.

Fitur Dynamic Island diperkenalkan pertama kali melalui iPhone 14 Pro. Namun, tidak jelas apakah pengguna memerlukan fitur ini di perangkat Android mereka.

Meski begitu, sejumlah merek tidak yakin saat Apple memperkenalkan fitur ini. Tetapi seperti kebanyakan inovasi, hanya masalah waktu hingga akhirnya fitur tersebut diadopsi oleh produsen atau pengembang aplikasi lain.

Sementara beberapa aplikasi membesut layanan yang menghadirkan Dynamic Island tersedia di Google Play Store (toko aplikasi Android) sejak beberapa waktu, perusahaan yang benar-benar berupaya menghadirkan fitur ini ke Android adalah Realme.

Mengutip laman Gizchina, Jumat (24/2/2023), Realme bahkan bertanya ke penggunanya tentang informasi seperti apa yang ingin mereka lihat di kotak hitam mengambang ini.

Langkah Realme mendapat reaksi beragam, beberapa orang menganggap fitur tiruan Dynamic Island ini tidaklah diperlukan di HP Android. Sementara sejumlah orang lain percaya, fitur Dynamic Island memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Baru-baru ini, Realme mengumumkan mereka telah mengembangkan fungsionalitas untuk Dynamic Island dalam versi baru UI-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilkan Informasi Pengisian Daya HP Realme

Realme memberi pengguna gambaran sekilas mengenai cara kerja Dynamic Island dan seperti apa tampilannya. Intinya, fitur tersebut bakal cukup cerdas untuk menyembunyikan kamera depan.

Fitur tiruan Dynamic Island ini menampilkan informasi dalam kotak hitam yang mengambang dan dapat disesuaikan. Pengguna nantinya bisa melihat pengatur waktu, kontrol multimedia, atau informasi relevan lainnya.

Fitur ini mirip dengan apa yang sudah terintegrasi ke dalam bilah penyesuaian cepat atau lockscreen dan Always on Display di Android.

Dynamic Island Realme bakal menjadi Dynamic Island resmi pertama Android. Namun, masih harus dilihat apakah produsen lain akan mengikutinya. Selain itu juga tidak jelas nama apa yang diterapkan Realme pada fitur ini di dalam firmware-nya.

Wakil Presiden Realme Madhav Sheth mempublikasikan gambar fitur Dynamic Island, tetapi kemudian menghapusnya kembali. Hal ini pun menimbulkan spekulasi bahwa hal itu adalah bocoran yang tidak disengaja.

3 dari 4 halaman

Apa Vendor Lain Bakal Hadirkan Dynamic Island di Android?

Ada juga sejumlah leakers yang menemukan video memperlihatkan bagaimana Dynamic Island bekerja pada smartphone Realme. Namun, video singkat itu hanya menampilkan fitur tersebut saat pengisi daya cepat superVOOC terhubung.

Tidak ada informasi tentang opsi lain yang dapat ditampilkan di dalam kotak hitam tersebut. Ada kemungkinan juga Realme masih menguji fitur tersebut dan belum memutuskan bagaimana cara kerjanya.

Kesimpulannya, Dynamic Island menjadi fitur baru yang menarik dan berpotensi meningkatkan pengalaman pengguna di smartphone.

Realme menjadi pabrikan Android pertama yang memperkenalkan fitur ini. Masih harus dilihat apakah produsen lain akan mengikutinya.

Apakah fitur ini akan diadopsi secara luas atau tetap menjadi fungsi khusus masih belum jelas terlihat. Namun, jelas bahwa teknologi seluler terus berkembang dan berinovasi, memberi fitur menarik dan berguna bagi penggunanya.

4 dari 4 halaman

Bakal Aplikasikan Dynamic Island di iPhone 15

Setelah untuk pertama kalinya menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch di iPhone 14 Pro, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus kabarkan akan mendapatkan fitur Dynamic Island. Fitur ini adalah pengganti notch yang telah bertahun-tahun hadir di layar iPhone.

Dynamic Island memadukan desain hardware dan software sehingga membuatnya interaktif dan berguna bagi pengguna.

Informasi tentang kehadiran fitur Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diungkap Mark Gurman dari Bloomberg. Ia mengatakan, Apple kemungkinan menghadirkan desain yang sama termasuk Dynamic Island pada semua model iPhone 15.

Mengutip Gizchina, Rabu (11/1/2023), selain mengguncang tampilan iPhone premium, Dynamic Island memiliki keunggulan dari sekadar punch hole di layar perangkat.

Dynamic Island dipakai secara luas bersama dengan antarmuka iOS, menampilan notifikasi yang tengah berlangsung, indikator privasi, menampilkan lagu apa yang sedang diputar, notifikasi arah navigasi, dan lain-lain.

Kehadiran Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tak diragukan lagi bakal membuat kedua ponsel standar di seri iPhone 15 menjadi lebih menarik bagi pecinta Apple. Bagaimana tidak, pendahulunya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus oleh sebagian besar orang dianggap minim update dari iPhone sebelumnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.