Sukses

Cara Hapus Pesan WhatsApp Setelah 7 Hari dengan Fitur Disappearing Messages

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp memiliki fitur Disappearing Messages yang dinilai bisa melonggarkan memori penyimpanan smartphone pengguna. 

Bagi pengguna aktif WhatsApp, penuhnya memori penyimpanan HP akibat aktivitas obrolan yang setiap hari dilakukan mungkin sudah sering terjadi. Aplikasi ini memang dapat menjadi salah satu penyumbang terbesar jumlah konsumsi memori penyimpanan HP.

Salah satu alasan banyaknya memori yang digunakan adalah karena aplikasi WhatsApp menyimpan seluruh chat pengguna menjadi sebuah data dan tersimpan dalam storage perangkat.

Maka, file berukuran besar seperti foto, GIF, video, dan audio akan memakan ruang kosong pada memori penyimpanan. 

Meskipun file media tersebut tidak pengguna unduh dan simpan di galeri, file tersebut akan tetap mengendap dalam penyimpanan WhatsApp dan meningkatkan ukuran aplikasi ini.

Selain dengan menghapus file dan riwayat obrolan secara rutin, fitur baru WhatsApp ini juga dapat membantu penggunanya agar aplikasi tersebut tidak memenuhi memori penyimpanan smartphone. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan WhatsApp (semua riwayat obrolan) secara otomatis dalam kurun waktu tertentu. 

Pengguna dapat memilih opsi waktu pesan sementara yang akan hilang setelah 24 jam, 7 hari, atau 90 hari setelah dikirim.

2 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages

 

Pengguna juga dapat memilih untuk mengaktifkan fitur ini untuk semua chat, atau hanya chat tertentu.

Sementara itu, pesan yang dikirim atau diterima sebelum fitur ini diaktifkan tidak akan terpengaruh. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengaksesnya melalui langkah-langkah berikut.

  1. Buka chat WhatsApp
  2. Pilih nama kontak atau grup tertentu
  3. Klik Pesan Sementara atau Disappearing Messages
  4. Jika berhasil, akan terdapat pesan kecil di bawah ruang obrolan bahwa pengguna telah memperbarui pengaturan pesan dengan waktu yang dipilih
3 dari 4 halaman

Cara Menonaktifkan Fitur Disappearing Messages

Setelah melakukan pengaktifan, pengguna tetap dapat menonaktifkannya di tengah penggunaan fitur tersebut. Hal ini dapat dilakukan ketika terdapat pesan penting yang tidak boleh hilang atau terhapus. 

Maka, untuk mengantisipasinya, pengguna dapat mematikan fitur ini. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan fitur Disappearing Messages.

  1. Buka chat WhatsApp,
  2. Pilih nama kontak atau grup yang sudah menggunakan fitur ini,
  3. Klik Pesan Sementara atau Disappearing Messages,
  4. Pilih Mati atau Off.
4 dari 4 halaman

Fitur Disappearing Messages Bisa Longgarkan Memori Penyimpanan

Seperti penjabaran di atas, ukuran WhatsApp sering kali membengkak akibat banyaknya data riwayat obrolan dengan file atau media-media yang berukuran besar. 

Dengan fitur Disappearing Messages, pengguna tidak perlu repot menghapus pesan secara berkala karena pesan akan terhapus secara otomatis sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

Setelah mengaktifkannya, pengguna dapat chatting dengan siapapun tanpa khawatir storage ponsel akan cepat penuh. 

Meskipun demikian, file media akan tetap tersimpan pada ponsel yang menggunakan fitur unduh otomatis. Maka, agar file media tidak menumpuk dua kali lipat, pengguna dapat mencoba cara di atas untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages.. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.