Sukses

iPhone 15 Pro Bakal Hadir dengan RAM 8GB

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (atau yang mungkin disebut iPhone 15 Ultra) dikabarkan akan hadir dengan RAM lebih besar, yakni 8GB.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikenal agak pelit dalam hal storage atau ruang penyimpanan dan RAM. Apalagi, perusahaan mengharapkan penggunanya untuk membeli layanan penyimpanan berbasis cloud agar bisa mendapat ruang penyimpanan tambahan.

Sebelumnya, Apple merilis iPhone dengan RAM hingga 6GB tetapi label harga yang cukup mahal, hingga US$ 1.000 (sekitar Rp 15 jutaan).

Perlu diakui juga, saat bicara iPhone, angka bukanlah segalanya. Pasalnya Apple memiliki iOS yang efisien sehingga RAM 6GB cukup untuk menangani segala kebutuhan pengguna.

Namun tampaknya, Apple akan menghadirkan RAM yang lebih besar bagi iPhone yang rilis di tahun 2023. Adapun selama ini digadang-gadang iPhone yang rilis tahun ini adalah iPhone 15 series. Jika kabar itu benar, iPhone 15 series bakal menghadirkan RAM lebih besar.

Mengutip Phone Arena, Rabu (22/2/2023), menurut laporan terbaru yang dipublikasikan TrendForce, Apple kemungkinan meningkatkan besaran RAM-nya untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (yang juga dikenal iPhone 15 Ultra).

Saat ini, seluruh model iPhone 14 menggunakan RAM 6GB. Sumber terbaru yang dikutip MacRumors menyebut, iPhone 15 Pro pakai RAM 8GB.

Peningkatan besaran RAM ini kemungkinan besar terbatas hanya di model iPhone 15 premium dan nantinya seiring waktu, baru akan digulirkan ke versi standar iPhone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

Walau iPhone 15 versi standar dan iPhone 15 Plus tidak kebagian RAM 8GB, ada peningkatan yang diusung Apple di model ini ketimbang iPhone 14. Misalnya, penggunaan jenis RAM LPDDR5 yang lebih cepat.

Perlu diketahui, jika kabar Apple meningkatkan RAM pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra ini benar adanya, ini akan jadi peningkatan RAM pertama Apple sejak iPhone 12 Pro.

3 dari 4 halaman

Pertama Sejak iPhone 12 Pro Max

Kala itu, iPhone 12 Pro series menggunakan RAM 6GB, 2GB lebih besar dibandingkan pendahulunya, dan iPhone 12 serta iPhone 12 Mini.

Perlu dicatat, iPhone biasanya dirilis Apple pada bulan September. Belum ada informasi pasti tentang kepastian kabar ini. Namun, dengan peningkatan RAM, arsitektur chip baru, dan port USB type C, ada banyak alasan untuk bersemangat menanti kehadiran iPhone 15.

Kemungkinan iPhone 15 Pro series jadi ponsel terbaik untuk dibeli pada tahun 2023. Bagaimana menurut kamu? Tertarik dengan iPhone 15? Simak terus informasinya di Tekno Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Desain iPhone 15 Ultra

Sementara itu, sebuah gambar yang dianggap sebagai iPhone 15 Pro beredar di media sosial Twitter pada Jumat (17/02/2023) sore. Menariknya, gambar yang dibagikan oleh akun @URedditor ini memperlihatkan port USB C alih-alih port Lightning pada iPhone generasi mendatang.

Sejak tahun 2012, Apple telah menggunakan port Lightning pada sebagian besar produknya. Maka, peralihan ke USB C ini menjadi salah satu perubahan signifikan bagi generasi terbaru iPhone yang akan rilis di tahun 2023 ini. 

Meskipun Apple telah menggunakan USB C pada berbagai produknya seperti iPad dan Mac, bocoran gambar tersebut tetap menarik perhatian pengguna karena iPhone belum mengikuti jejak produk lainnya dengan port USB C.

Sementara itu, iPhone merupakan produk Apple yang memiliki kontribusi paling tinggi pada total pendapatan Apple di tahun 2022.     

Sebelumnya, berbagai model computer-aided design (CAD) untuk iPhone 15 Pro juga telah bermunculan. Umumnya, Apple memberikan bocoran desain kepada pabrik-pabrik di Asia guna mempersiapkan casing sebelum peluncuran resmi produk berikutnya. 

Pada render yang diterbitkan oleh 9to5Mac berdasarkan render CAD sebelumnya, visualisasi pertama dari desain bezel yang lebih tipis dan tepi melengkung juga cukup akurat dengan bocoran foto iPhone 15 Pro yang beredar.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.