Sukses

Update iOS 16.4 akan Hadirkan Emoji Baru dan Notifikasi Aplikasi Safari di iPhone

Apple resmi rilis pembaruan iOS 16.4 Beta 1, dengan kehadiran update ini terungkap sejumlah fitur di iPhone, mulai dari emoji hingga notifikasi aplikasi Safari.

Liputan6.com, Jakarta - Apple secara resmi merilis iOS 16.4 Beta 1 bagi para pengguna yang terdaftar dalam program pengembang atau Apple Developer. Pembaruan ini menyusul peluncuran iOS 16.3 yang telah dibagikan untuk pengguna umum pada beberapa pekan lalu.

Dengan kehadiran update iOS 16.4 Beta ini, terungkap sejumlah fitur baru yang akan hadir di iPhone. Adapun fitur-fitur baru yang akan datang bagi pengguna iPhone setelah update iOS 16.4 mulai dari perluasan emoji baru dengan Unicode 15.0.

Lalu ada pula pembaruan keyboard untuk berbagai bahasa tertentu, dukungan notifikasi pada Safari atau browser Apple, animasi baru pada Apple Music, dukungan 5G Standalone, dan masih banyak lagi.  

Saat ini, pengguna yang terdaftar pada Apple Developer dan telah menggunakan iOS 16.3 beta seri sebelumnya dapat mengaksesnya di bagian General - Software Update pada aplikasi Setting iPhone. 

Namun karena masih dalam proses pengembangan, iOS 16.4 Beta 1 ini tidak disarankan untuk dipasang pada iPhone utama pengguna.

Pasalnya, dilansir 9to5Mac Sabtu (18/2/2022), update iOS 16.4 versi Beta dikhawatirkan akan membawa bug dan gangguan kinerja lain pada perangkat, mengingat versi ini belum stabil. 

Meskipun iOS 16.4 saat ini baru tersedia sebagai versi beta untuk para developer yang terdaftar, pengguna umum dapat menunggu pembaruan versi Beta untuk publik yang mungkin saja akan diberikan pada bulan berikutnya.

Berikut merupakan fitur yang diusung pada iOS 16.4 versi Beta 1. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru iOS 16.4

Keyboard dan Emoji Unicode 15.0

Pada iOS 16.4 Beta 1, diperkenalkan beberapa emoji baru yang tergabung dalam emoji Unicode 15.0. Kehadiran emoji baru ini bakal memberikan lebih banyak pilihan emot untuk mengekspresikan diri melalui pesan. 

Beberapa emoji baru yang disuguhkan yakni simbol Wi-Fi, wajah bergetar, hati berwarna pink, biru muda dan abu-abu, sayap, ubur-ubur, seruling, rightwards dan leftwards pushing hand dengan lima skin tone yang berbeda, dan masih banyak lagi. 

Seperti pembaruan pada umumnya, ketika emoji dikirimkan pada pengguna dengan iOS versi sebelumnya, emoji tidak dapat dilihat dan akan muncul sebagai kotak dengan tanda tanya di dalamnya.  

Tidak hanya itu, keyboard juga mengalami pembaruan untuk fitur autocorrect pada bahasa Korea, mendukung teks prediktif untuk bahasa Ukraina, dan kehadiran bahasa Gujarat, Punjabi, dan Urdu pada keyboard. 

Safari Web Push Notifications

Pembaruan ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi dari aplikasi web yang diakses melalui Safari atau browser. Fitur ini pertama kali diumumkan Apple selama Worldwide Developer Conference (WWDC) bersamaan dengan diperkenalkannya iOS 16. 

Berbagai website yang ditambahkan ke home screen di iPhone atau iPad pengguna sebagai aplikasi web akan meminta persetujuan pengguna untuk mengirimkan notifikasi melalui subscribe atau lainnya.

3 dari 4 halaman

Pembaruan Fitur Lainnya

Terdapat beberapa peningkatan yang juga hadir pada iOS 16.4, yang bisa dilihat melalui digulirkannya update iOS 16.4 Beta 1 ini. Pembaruan tersebut juga menambahkan dukungan untuk layanan 5G Standalone. Fitur yang diumumkan oleh operator seluler Amerika Serikat T-Mobile ini dapat memberikan kecepatan hingga 3Gbps.

Shortcut dan Mode Focus

Selain itu, shortcuts dan mode Focus juga mengalami perubahan. Untuk Always On Display, terdapat filter baru pada mode Focus sehingga pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode Focus secara otomatis. Beberapa shortcuts baru juga tersedia untuk opsi “Set Always on Display”, “Set VPN”, dan Lock Screen.

Selain dari penambahan fitur-fitur baru tersebut, Apple juga banyak mendeteksi beberapa masalah bug dan melakukan perbaikan berbagai aplikasi seperti iCloud Drive. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan iOS 16.4 Beta 1

Anggota program Apple Developer dapat mengaktifkan iOS 16.4 Beta 1 ini secara langsung dari Software Update di menu Setting. Opsi baru ini diaktifkan secara otomatis pada perangkat yang sudah terdaftar. 

Untuk meng-update iOS dari iPhone yang kompatibel dengan iOS 16.4 Beta 1, pengguna yang terdaftar dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini yang dirangkum dari XDA Developers

  • Masuk ke aplikasi Settings
  • Masuk ke bagian General
  • Pilih opsi Software Update
  • Setelah informasi pembaruan muncul, pilih Download dan Install
  • Baca secara detail Terms of Service dan setujui
  • Pastikan perangkat Anda terhubung dengan sumber daya hingga pembaruan selesai diunduh dan dipasang
  • iOS 16 Beta 1 sudah aktif dan dapat digunakan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.