Sukses

Cara Sembunyikan Pesan dan Obrolan di WhatsApp Agar Tak Diakses Orang Lain

Berikut cara meyembunyikan pesan dan obrolan di WhatsApp agar tidak diakses orang lain, selain pemilik smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dipakai secara luas sebagai sarana berkomunikasi bagi dua miliar pengguna di seluruh dunia. Dengan penggunaannya yang beragam, mungkin ada situasi-situasi di mana si pengguna enggan orang lain mengakses chat mereka karena alasan privasi dan pribadi.

Untuk menghindari hal ini, salah satunya aplikasi WhatsApp menawarkan fitur menyembunyikan pesan di WhatsApp, dengan dukungan password atau mengarsipkan obrolan, atau mentransfer perbincangan ke lokasi berbeda.

Berikut cara sembunyikan pesan dan obrolan WhatsApp

Sembunyikan Chat WhatsApp dengan Fungsi Arsipkan

  • Cara mudah menyembunyikan obrolan WhatsApp di Android adalah melalui fungsi Arsip. Untuk mengarsipkan obrolan, pengguna perlu membuka WhatsApp di Android.
  • Lalu, pilih obrolan yang ingin mereka sembunyikan.
  • Setelah itu, pengguna perlu menekan dan tahan obrolan.
  • Lalu, klik ikon panah bawah dan obrolan pun akan diarsipkan.
  • Untuk mengakses obrolan yang diarsipkan, pengguna perlu membuka WhatsApp.
  • Lalu, menggulir ke bagian atas layar dan memilih opsi Obrolan yang diarsipkan di atas bilah pencarian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sembunyikan Seluruh Pesan

Cara Sembunyikan Seluruh Percakapan WhatsApp

Bagi pengguna yang begitu peduli akan privasi, memblokir akses ke seluruh chat atau obrolan WhatsApp adalah opsi terbaik yang bisa dilakukan.

  • Ada sejumlah perangkat yang memiliki fitur untuk mengunci seluruh aplikasi menggunakan metode keamanan passcode atau sidik jari.
  • WhatsApp juga menghadirkan opsi penguncian aplikasi untuk perangkat Android yang mengizinkan penguncian chat menggunakan sidik jari.
  • Alternatif lainnya dengan mengunduh app locker atau pengunci aplikasi, misalnya ChatLock+ dari Google Play Store.
  • Setelah diinstal, pengguna perlu membuka aplikasi, mengaktifkan opsi untuk membuka WhatsApp, masukkan kode PIN 4 digit, lalu aktifkan opsi penguncian WhatsApp, masukkan pin 4 digit, dan setiap kali pengguna membuka WhatsApp mereka akan diminta untuk memasukkan PIN 4 digit untuk melindungi chat diakses orang lain.

Kesimpulannya, WhatsApp kini dipakai oleh miliaran pengguna. WhatsApp juga tawarkan fitur keamanan untuk menyembunyikan pesan agar tidak dibaca oleh orang lain selain pemilik ponsel.

 

3 dari 5 halaman

10 Fitur WhatsApp Agar Makin Romantis Saat Valentine Day

Berbekal beragam fitur yang dimilikinya, WhatsApp bisa menjadi salah satu aplikasi untuk mengekpresikan rasa sayang ke pasangan, terutama menjelang Hari Valentine yang biasanya dirayakan pada 14 Februari. Lantas, apa saja fitur WhatsApp tersebut? Simak daftarnya berikut ini

1. Jadikan Prioritas

Dengan menyematkan chat di bagian atas dalam daftar chat di WhatsApp, kamu tidak akan pernah melewatkan pesan dari pasangan. Untuk pengguna iPhone, kamu tinggal menggesar chat yang disematkan ke kanan, lalu klik sematkan.

Sementara di Android, klik lalu tahan chat yang diinginkan pada aplikasi WhatsApp, lalu pilih Sematkan.

2. Ekspresikan diri dengan emoji reaksi

Untuk menunjukkan perhatianmu saat berkomunikasi dengan pasangan, kamu bisa memberikan emoji reaksi untuk menanggapi pesannya. Dengan cara ini, perbincangan bisa menjadi ramai dan menyenangkan.

3. Buat Avatar

Kini, WhatsApp sudah mendukung fitur avatar, sehingga pengguna bisa membuat versi digital dari dirinya. Melalui fitur WhatsApp ini, avatar juga bisa dimanfaatkan untuk stiker saat mengobrol, sehingga menjadikan pesan yang dikirimkan lebih personal.

4 dari 5 halaman

4. Bagikan momen spesial lewat status

Bagikan foto liburan hingga momen-momen menarik melalui Status. Lewat fitur ini, kamu memungkinkan orang-orang terdekat mengenai momen-momen yang sudah dilalui bersama pasangan.

5. Kirim pesan suara

Dengan fitur ini, kamu bisa berkomunikasi dengan cara yang lebih menarik. Sebab, kamu bisa mengirimkan pesan suara ke pasangan yang lebih tulus, lebih dari sekadar pesan teks.

6. Buat notifikasi khusus

Buat nada notifikasi khusus untuk orang spesial, sehingga kamu bisa segera tahu ketika merekan menghubungimu. Untuk melakukannya, kamu tinggal mengklik info kontak pasangan dan mengubah nada peringatan melalui menu Wallpaper & Suara.

5 dari 5 halaman

7. Bagikan informasi lokasi

Berencana bertemu dengan pasangan di tempat ramai, tapi kesulitan untuk menemukan satu sama lain. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini agar bisa mengetahui lokasi masing-masing secara real-time ketika menuju lokasi tujuan.

8. Belanja produk lokal untuk memberikan hadiah

Kini, pengguna juga bisa berbelanja melalui pemilik bisnis di WhatsApp untuk membeli hadiah valentine bagi pasangan.

9. Pakai polling untuk menentukan pilihan

Perlu pendapat teman untuk membelikan hadiah bagi pasangan? Pakai fitur polling untuk mengajak teman-teman terdekat untuk membantu memilih.

10. Jadikan foto favorit sebagai wallpaper chat

Ubah latar belakang chat dengan pasangan menggunakan foto bersama pasangan, dan membedakannya dari chat yang lain. Kamu tinggal mengklik info kontak pasangan dan klik wallpaper.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.