Sukses

Metaverse Jadi Tema Besar CTI Infrastructure Summit 2023

CTI Group mengumumkan akan kembali menggelar CTI Infrastructure Summit secara offline pada Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - CTI Group mengumumkan akan kembali menggelar CTI Infrastructure Summit secara offline pada 9 Maret 2023 di Tribarta Darmawangsa, Jakarta Selatan. Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah "The Metaverse: Why Your Business Needs to Prepare by Now?"

Dengan mengangkat tema ini, CTI Group ingin memperluas wawasan para peserta mengenai berbagai potensi dan implementasi teknologi metaverse untuk menghadirkan business value bagi perusahaan di Indonesia.

Acara ini akan menghadirkan pembicara dan pakar untuk membahas metaverse lebih dalam, seperti Co-Founder Avium Nathaniel Lim, Country Managing Director Accenture for Indonesia Jayant Bhargava, WIR Group's Brand Engagement & Metaverse Strategy Director Almira Shinantya, serta pembicara lain.

"CTI Infrastructure Summit 2023 menyoroti potensi penerapan metaverse dan business value yang akan diperoleh perusahaan melalui teknologi ini," tutur President Director CTI Group Rachmat Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (11/2/2023).

Berdasarkan data dari McKinsey, dalam lima bulan pertama 2022, lebih dari USD 120 miliar telah diinvestasikan dalma pembangunan teknologi dan infrastruktur metaverse, dua kali lipat lebih banyak dari USD 57 miliar yang diinvestasikan pada 2021.

Adanya laporan tersebut menegaskan keyakinan dan optimisme akan potensi metaverse dalam membuka peluang penciptaan new revenue stream bagi perusahaan di seluruh dunia.

Saat ini, metaverse merupakan gabungan dari beberapa teknologi yang berfungsi untuk menciptakan pengalaman virtual, seperti blockchain dan web 3.0 yang diyakini dapat menciptakan ekonomi terdesentralisasi.

Selain itu, ada pula 5G disertai dengan kecerdasan buatan dan augmented reality/virtual reality.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gelar iCIO Awards 2023

Dalam rangkaian acara CTI IT Infrastructure Summit 2023, CTI juga kembali mengadakan iCIO Awards 2023, yakni program dari iCIO Community.

Program ini hadir untuk memberikan penghargaan pada CIO dan Staf Senior TI yang telah terbukti mampu menghadirkan value terbaik TI.

Selain itu, iCIO Award juga memberikan penghargaan pada CEO yang berhasil membuktikan kepemimpinannya dalam mendorong transformasi digital.

Sebanyak tiga CIO dan satu CEO akan menerima penghargaan dengan kategori The Most Innovative CIO, The Most Influential CIO, The Most Intelligent CIO, dan The Most Inspiring CEO.

3 dari 5 halaman

Helios Jalin Kemitraan dengan Tencent Cloud, Siap Atasi Tantangan Cloud di Indonesia

Sebelumnya, Helios sebagai anak perusahaan CTI Group mengumumkan telah menjalin kemitraan strategis dengan Tencent Cloud. Lewat kemitraan ini, mereka menghadirkan layanan cloud stabil dan aman untuk berbagai industri, sekaligus membantu bisnis mengatasi tantangan cloud di Indonesia.

Kerja sama ini sekaligus menjadi salah satu langkah Helios mengoptimalkan perjalanan digital Indonedia, mengingat peningkatan adopsi cloud yang signifikan baik di bisnis skala enterprise maupun UMKM. Namun, tidak dimungkiri masih ada beberapa perusahaan yang menghadapi hambatan dalam adopsi teknologi ini.

Oleh sebab itu, menurut Presiden Direktur Helios Royani Lo, kerja sama dengan teknologi Tencent Cloud bisa membantu mengatasi masalah adopsi cloud yang dihadapi pelaku bisnis di Indonesia, termasuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Kami berharap pengumuman kemitraan hari ini hanya awal dari lebih banyak kolaborasi, karena ke depannya Helios dan Tencent Cloud akan terus bekerja sama membantu perusahaan beradaptasi dengan tren digitalisasi dan teknologi cloud yang terus berkembang," tutur Royani dalam keterangan resminya, Kamis (1/9/2022).

4 dari 5 halaman

Hadirkan Layanan Cloud Kinerja Tinggi

Sementara Regional Director Tencent Cloud International for Southeast Asia and General Manager of Singapore, Malaysia, and Indonesia, Kenneth Siow menuturkan, Tencent Cloud siap menyediakan layanan cloud dengan kinerja tinggi, pemeliharaan mudah, cerdas, serta fleksibel.

Nantinya, lewat Helios, Tencent Cloud menawarkan solusi cloud end-to-end untuk mendukung perkembangan digital di Indonesia, khususnya di sektor ritel, media, dan perbankan. Terlebih, sektor perbankan di Indonesia kini telah bergeser ke layanan digital.

Tidak hanya itu, Tencent Cloud juga memiliki dua internet data center di Indonesia yang telah memperoleh sertifikasi yang membuktikan standar keselamatan dan keamanan tingkat tinggi, seperti Uptime Institute Tier III-Design & Facility, PCI DSS, ISO 27001, ISO 14001, dan SNI.

Tencent Cloud juga menyediakan solusi China Connect untuk membantu perusahaan Indonesia yang ingin memperluas bisnisnya ke Tiongkok. Solusi ini hadir dengan layanan komprehensif dengan panduan dan dukugan untuk menjalankan operasi mereka di Tiongkok.

Sebagai mitra strategis, Helios hadir dengan channel partner dan customer yang luas untuk membantu memperluas pasar Tencent Cloud di Indonesia. Selain itu, Helios juga memiliki layanan lokal yang menawarkan dukungan 24 pada para pengguna dengan tim engineer yang berpengalaman.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini