Sukses

Konsumen Mulai Lirik Konektivitas Sebelum Beli Smartphone Jadi Alasan Samsung Rilis Galaxy A14 5G

Samsung mengungkap pertimbangan konsumen yang kini mulai melirik konektivitas menjadi alasan perusahaan memperkenalkan Galaxy A14 5G di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah memperkenalkan Galaxy A14 5G sebagai smartphone terbarunya di awal tahun ini. Menurut Samsung, Galaxy A14 5G menjadi smartphone 5G paling terjangkau yang dihadirkan Samsung saat ini.

"Galaxy A14 5G merupakan smartphone 5G Samsung paling terjangkau saat ini," tutur MX Product Marketing Senior Manager SEIN Ilham Indrawan saat sesi tanya jawab secara virtual bersama awak media, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut, Ilham menuturkan, kehadiran Galaxy A14 5G di Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan smartphone 5G. Sebab, berdasarkan riset terkini dari Samsung, konektivitas telah menjadi salah satu faktor utama sebelum membeli smartphone.

Dari riset yang dilakukan Samsung, Ilham menjelaskan, konektivitas kini berada di urutan keempat dari daftar lima besar pertimbangan seseorang sebelum membeli smartphone.

Padahal, Ilham menuturkan, ketika 2020 konektivitas berada pada urutan kesembilan dalam daftar pertimbangan utama seseorang sebelum melakukan pembelian smartphone. Namun dalam dua tahun, urutan itu kini telah berubah.

"Dan, pada 2022 di mana digital lifestyle sudah semakin berkembang, konektivitas menjadi nomor empat dalam daftar pertimbangan seseorang sebelum membeli smartphone," tuturnya melanjutkan.

Kondisi itu juga didukung dengan jangkauan 5G yang terus berkembang. Dari catatan terkini, jaringan 5G sudah menjangkau 13 kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, serta Medan.

"Oleh sebab itu, kami memprediksi pada 2023 akan semakin banyak konsumen yang mencari smartphone 5G," ujar Ilham.

Selain konektivitas, konsumen juga mempertimbangkan beberapa faktor lain, seperti performa, baterai, kamera, serta harga.

Dengan semua pertimbangan itu, Galaxy A14 5G pun dihadirkan untuk pasar Indonesia. Alasannya, smartphone ini sudah didukung dengan chipset MediaTek Dimensity 700 yang menjanjikan peningkatan signifikan dari pendahulunya.

Samsung bahkan membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung dukungan fast charging 15W. Untuk urusan fotografi, ada kamera belakang dengan lensa utama 50MP yang disematkan pada Galaxy A14 5G.

Sementara dari sisi harga, smartphone ini juga dijual dengan harga Rp 2 jutaan. Harga Galaxy A14 5G bahkan lebih murah dari ditawarkan di Amerika Serikat, tapi dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari sisi konfigurasi memori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini Harga Samsung Galaxy A14 5G yang Resmi Meluncur di Indonesia

Bicara soal spesifikasi, tidak sekadar mendukung jaringan 5G, smartphone ini juga diklaim menawarkan paket lengkap bagi penggunanya. Salah satunya dapat dilihat dari baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung fast charging 15W.

Selain itu, Galaxy A14 5G juga dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP, lensa depth 2MP, serta lensa makro 2MP. Sementara di bagian depan, ada kamera selfie 13MP.

Samsung mengatakan, tidak hanya menghasilkan foto yang apik, smartphone ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 30fps. Kemampuan itu berlaku untuk kamera depan maupun kamera belakang.

Untuk performa, smartphone ini hadir menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700 yang ditopang RAM 6GB dan memori internal 128GB. Sama seperti kebanyakan smartphone baru Samsung, Galaxy A14 5G telah mendukung fitur RAM Plus hingga 6GB.

HP Samsung ini memiliki layar berukuran 6,6 inci beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Galaxy A14 5G tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu silver, dark red, dan black.

Harga Galaxy A14 5G dijual dengan harga Rp 2.999.000. Sebagai bagian dari penjualan perdananya, Samsung memberikan promo spesial untuk konsumen yang membeli perangkat ini pada 20 hingga 26 Januari 2023.

Promo yang diberikan berupa cashback Rp 100.000, gratis langganan YouTube Premium selama dua bulan  serta Spotify Premium selama tiga bulan. Promo ini berlaku untuk pembelian di Samsung.com, Samsung Official Store di Blibli, dan Akulaku.

3 dari 5 halaman

Jelang Rilis Galaxy S23, Bos Samsung Janjikan Kamera Lebih Pintar dan Kinerja Tercepat

Di sisi lain, menjelang peluncuran Samsung Galaxy S23, President & Head of MX Business Samsung TM Roh, menjanjikan peningkatan pada perangkat terbaru akan mereka keluarkan dalam waktu dekat tersebut.

Melalui pernyataan resminya, Roh mengatakan orang-orang menginginkan perangkat yang dapat mereka andalkan dari merek bisa dipercaya.

Selain itu, dia juga menyinggung soal isu lingkungan yang kerap diangkat Samsung melalui kampanye-kampanyenya selama beberapa tahun terakhir.

"Pada saat yang sama, tantangan global seperti krisis iklim membuat kita memikirkan kembali cara hidup kita," kata TM Roh, dikutip Jumat (20/1/2023).

"Kita memiliki tanggung untuk membantu menciptakan dunia yang lebih baik sembari mengupayakan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan," kata TM Roh.

Lebih lanjut, Roh mengatakan, di seri Galaxy S yang akan datang, akan hadir sistem kamera pro-grade yang semakin pintar, menawarkan foto dan video yang terbaik dalam segala pencahayaan di antara smartphone Galaxy Samsung.

"Seiring dengan pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak, chipset terbaru kami yang lahir dari filosofi kemitraan terbuka Samsung memungkinkan kinerja Galaxy yang tercepat dan terkuat," ujarnya.

Dia juga mengklaim, konektivitas ekosistem Samsung bakal semakin mudah dan mulus daripada sebelumnya.

"Galaxy S paling teratas adalah Galaxy S Ultra kami. Ini adalah produk yang dapat Anda percaya untuk memberikan yang terbaik dari yang terbaik untuk Anda dengan performa dan kualitas yang telah didefinisikan ulang," kata Roh.

4 dari 5 halaman

Kembali Nyatakan Komitmen untuk Lingkungan

"Kami sepenuhnya menggabungkan pengalaman Galaxy Note yang paling disukai menjadi Ultra, mempelopori smartphone dengan kekuatan, performa, dan kemampuan kreatif dari dua inovasi Galaxy terdepan menjadi satu kekuatan."

Selain itu, TM Roh juga kembali menegaskan mengenai inovasi Samsung untuk lingkungan.

"Performa bukan hanya tentang kekuatan yang lebih besar. Namun juga tentang inovasi yang bertahan dengan dampak lingkungan yang lebih sedikit," dia mengatakan.

Samsung menyatakan mereka berkomitmen untuk menahan perubahan iklim, dengan panduan dari strategi lingkungan baru yang berupaya membuat teknologi yang diandalkan untuk jadi lebih berkelanjutan.

Samsung pun telah memastikan bakal menggelar Galaxy Unpacked 2023 pada tanggal 1 Februari mendatang waktu setempat. Di sana, dikabarkan akan dirilis seri terbaru untuk Samsung Galaxy S23.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.