Sukses

Riot Games Rilis Ulang League of Legends dan TFT di Asia Tenggara Usai Pisah dari Garena

Riot Games secara resmi mengumumkan peluncuran ulang dari League of Legends dan Teamfight Tactics di wilayah Asia Tenggara, setelah berpisah dengan Garena

Liputan6.com, Jakarta - Riot Games baru saja merayakan peluncuran ulang dari League of Legends (LoL/League) dan Teamfight Tactics (TFT) di wilayah Asia Tenggara.

Peluncuran ulang ini menandakan dimulainya operasional server Riot dan penerbitan untuk kedua game tersebut di Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Hong Kong, dan Vietnam.

Sebelumnya, Riot Games mengakhiri kemitraan penerbitan mereka selama 12 tahun dengan Garena. Pada 18 November 2022 lalu, migrasi akun pemain untuk memindahkan data akun Garena LoL dan TFT ke akun Riot, telah dimulai.

Setelah migrasi berhasil dan dengan peluncuran server baru, pemain bisa menjadi bagian dari ekosistem Riot.

Pemain juga akan mendapatkan akses ke konten yang sebelumnya tidak tersedia di acara lintas franchise, serta pengalaman di luar game termasuk aktivitas komunitas dan esports yang dioperasikan oleh Riot.

Pemain di wilayah-wilayah ini akan mendapatkan akses ke layanan penerbitan Riot regional termasuk Pelokalan, Penagihan, Dukungan Pemain, serta aktivasi dan kemitraan pemasaran lokal di masa mendatang. Mulai saat ini, semua pemain SEA League dan TFT juga akan bermain di Riot Client.

Alex Kraynov, Managing Director Riot Games APAC mengatakan, tujuan migrasi ini adalah untuk memberikan pemain pengalaman terbaik dan tingkat event dan konten yang sama, dengan para pemain di wilayah Riot lainnya.

"Para pemain League of Legends juga akan menikmati integrasi konten yang lebih dalam di dalam ekosistem Riot, serta kampanye dalam game dan lintas waralaba yang menarik," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terbitkan 5 Judul Secara Mandiri

Andrei van Roon, Head of League Studio, dalam keterangan tertulis yang sama, juga mengucapkan terima kasih mereka terhadap Garena.

"Kami berterima kasih atas kerja keras yang dilakukan Garena untuk menghadirkan game kami kepada para pemain hingga saat ini, dan tidak sabar untuk terus membangun fondasi yang telah mereka tetapkan."

Dengan begitu, Riot Games saat ini telah menerbitkan sendiri kelima judulnya termasuk Valorant, League of Legends: Wild Rift, dan League of Legends Runeterra, di wilayah tersebut.

Merayakan peluncuran ulang ini, Riot juga mengumumkan bahwa ranked season akan mulai dari 10 Januari. Pemain juga akan bisa mengikuti Welcome Event yang dimulai pada 13 Januari.

 

3 dari 4 halaman

Membuka Semua Champion

Di event ini, pemain akan bisa memperoleh berbagai jenis Token, yang dapat ditukar dengan skin shards permanen gratis, legendary eggs, dan skin Ultimate.

Selain itu, pemain SEA juga akan berkesempatan membuka semua champion LoL yang dirilis dari 2009 sampai 2021 secara gratis, hanya dengan menyelesaikan misi dalam game. Riot juga akan menggelar Lunar New Year Event yang dimulai pada tanggal 13 Januari 2023.

Musim esports yang baru juga akan menandakan perubahan kepemilikan dan pengoperasian League esports. Riot Games akan meluncurkan ulang Vietnam Championship Series (VCS).

Sebelumnya, Riot Games mengambil alih hak penerbit game League of Legends (LoL) dan Teamfight Tactics ("TFT") di Asia Tenggara dan Taiwan dari Garena.

Informasi diumumkan lewat postingan di blog perusahaan, dan akan berlaku mulai Januari 2023, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Kamis (10/11/2022).

4 dari 4 halaman

Riot Games Ambil Alih League of Legends dan TFT dari Garena

Diketahui, Garena dan Riot Games sudah menjalin kemitraan sejak 12 tahun lalu. Dengan tambahan LoL dan TFT, maka Riot Games telah menerbitkan lima gim di Asia Tenggara dan Taiwan.

Adapun ketiga gim lainnya, antara lain Valorant, League of Legends: Wild Rift, dan Legends of Runeterra. Selain itu, Riot Games juga menunjuk Taiwan Mobile dan VNGGames sebagai penerbit baru LoL dan TFT masing-masing di Taiwan dan Vietnam.

Walau server baru kedua gim akan online pada Januari 2023 mendatang, perusahaan sudah meminta player untuk melakukan backup data mereka.

Garena dan Riot Games bekerja sama untuk proses migrasi akun kedua gim, dan membuka proses link akun mulai 18 November 2022. Setelah proses penautan akun pada bulan November, gamer dapat terus bermain LoL melalui client Garena hingga awal Januari 2023.

Namun, mulai bulan Januari, server Riot akan dibuka dan semua pemain dapat mengakses League of Legends di client multi-game Riot. Pemain akan diminta konfirmasi instruksi dan login melalui client multi-game Riot pada bulan Januari, dan riwayat game sepenuhnya dimigrasikan.

Berhubung akun Garena untuk LoL dan TFT tidak akan akftif lagi setelah migrasi, maka akun gamer yang tidak memindahkan data mereka sebelum 31 December akan dihapus.

Karena akan mengambilalih LoL secara penuh dari G arena, maka Riot akan mengurus sendiri seluruh kejuaraan lokal dan regional di masing-masing area.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.