Sukses

Google Tingkatkan Kemampuan Kamera Utama Pixel 8

Menurut Kuba Wojciechowski, kamera Google Pixel 8 yang diluncurkan tahun depan akan mendukung fitur staggerd HDR.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi tentang Google Pixel 8 mulai beredar di internet, dimana kabarnya ponsel penerus Pixel 7 itu bakal tampil dengan kamera baru.

Hal ini diungkap oleh developer Kuba Wojciechowski saat membedah kode baru untuk aplikasi Camera Go.

Di dalam kode tersebut, dua melihat referensi ke perangkat dengan kode nama "Husky" dan "Shiba".

Banyak yang meyakini, "Husky" dan "Shiba" adalah kode nama yang digunakan Google untuk Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Menurut Kuba Wojciechowski, kamera Google Pixel 8 yang diluncurkan tahun depan akan mendukung fitur staggerd HDR.

Dijelaskan, fitur inimemungkinkan sensor kamera menangkap eksposur berbeda secara bersamaan dengan piksel yang sama.

Saat ini, Google menggunakan sensor ISOCELL GN1 di seri Pixel 7 yang sayangnya chip kamera milik Samsung itu masih belum mendukung staggerd HDR.

Diprediksi, Pixel 8 akan menggunakan ISOCELL GN2 dengan peningkatan dalam hal mobile fotografi.

Staggered HDR tampil lebih baik daripada HDR biasa, karena mampu menghasilkan efek sama dalam waktu lebih singkat.

Dengan ini, pengguna dapat mengambil foto saat bergerak tanpa harus khawatir hasil foto akan ngeblur atau tidak fokus.

Jika memang Google beralih ke sensor bari di Pixel 8, ini akan menjadi awal perubahan strategi perusahaan yang menggunakan kamera sama selama bertahun-tahun.

Selain itu, peningkatan di sensor kamera juga menjadi hal baik bagi Google untuk meningkatkan kemampuan dari sisi hardware dan software di lini HP Android Pixel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Render Google Pixel Fold Nongol di Internet

<p>Gambar render Google Pixel Fold beredar di internet. (Doc: OnLeaks x Howtoisolve)</p>

Di sisi lain, kabar tentang rencana Google untuk meluncurkan HP Android dengan layar lipat sudah lama jadi perbincangan di dunia maya.

Informasi terkini, sebuah gambar render HP layar lipat Google Pixel Fold pun sudah mulai bermunculan di internet.

Adapun render Google Pixel Fold ini diungkap pertama kali oleh @OnLeaks. Selain itu, dia juga membagikan informasi tentang spesifikasinya.

Mengutip GSM Arena, Jumat (9/12/2022), Pixel Fold dijadwalkan meluncur pada May 2023, dan memiliki desain menyerupai Google Pixel 7.

Seperti yang bisa dilihat dari gambar di bawah, desain kamera belakang HP Android ini serupa dengan Pixel 7 dan menampung tiga kamera.

Dalam hal desain dan dimensi, Google Pixel Fold memiliki bentuk mirip Oppo Find N.

Pixel Fold memiliki ukuran 158,7 x 139,7 x 5,7mm dalam keadaan terbuka, dan OnLeaks mengatakan, layar utama ponsel memiliki ukuran 7,699 inci.

Untuk ukuran layar sekunder di bagian luar, diyakini Google akan memasang panel berukuran 5,799 inci.

Pixel Fold kemungkinan akan ditenagai oleh chipset Tensor G2 buatan Google, RAM 12GB, Android 13, dan sudah mendukung fitur stylus.

Harga Pixel Fold kemungkinan bakal dijual mulai dari USD 1.799 atau Rp 28 juta dengan pilihan warna hitam dan silver.

3 dari 3 halaman

Android 13 Meluncur di Google Pixel

Android 13 (Foto: Android Police)

Lebih lanjut, Android 13 mulai meluncur untuk Google Pixel. Sementara perangkat dari Samsung, Asus, Nokia (HMD), Motorola, OnePlus, Oppo, Sony, Xiaomi, dan lainnya diharapkan bakal mendapat pembaruan pada akhir 2022.

Versi terbaru dari sistem operasi besutan Google ini menghadirkan kontrol privasi yang lebih terperinci, fitur photo picker terbaru, Bluetooth LE, dan masih banyak lagi.

Salah satu pembaruan yang lebih menarik adalah streaming aplikasi perpesanan, yang memungkinkan pengguna mentransmisikan aplikasi perpesanan ke Chromebook sehingga pengguna dapat mengobrol dengan teman di PC/laptop.

Google mengatakan fitur ini berfungsi dengan aplikasi pesan dan banyak aplikasi perpesanan favorit yang lain. Salin dan paste antar perangkat juga akan semakin mudah.

Google menambahkan pengguna akan segera dapat menyalin konten--seperti URL, gambar, teks, atau video--dari ponsel Android dan menempelkannya di tablet atau sebaliknya.

Ada banyak sentuhan kecil yang membuat Android 13 terasa lebih segar, seperti animated progress bar di kotak media playback yang diperbarui di lock screen, serta pintasan pemindai kode QR.

Juga banyak peningkatan lain yang hadir di versi Android L yang dirancang untuk membuat navigasi perangkat layar besar lebih intuitif.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.