Sukses

Instagram Rilis Fitur Baru untuk Bantu Pengguna Rebut Akun yang Diretas

Pengguna Instagram yang menjadi korban peretasan kini punya cara baru untuk mencoba merebut kembali akun mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Instagram yang menjadi korban peretasan kini punya cara baru untuk mencoba merebut kembali akun mereka. Dengan tool Instagram.com/hacked, pengguna bisa melaporkan dan mencoba menyelesaikan masalah akses akun.

Pengguna dapat meminta bantuan untuk memulihkan akun yang diretas, melaporkan akun peniruan identitas, atau mendapatkan bantuan jika mereka lupa sandi.

Masalah yang paling mendesak bagi banyak pengguna kemungkinan besar adalah mendapatkan bantuan saat akun mereka diretas, sesuatu yang sebelumnya sulit dilakukan pengguna.

Ya, sebelumnya memulihkan akun Instagram yang diretas memang sulit. Laporan Motherboard pada 2018, merinci bagaimana beberapa pengguna telah membayar uang tebusan kepada peretas yang telah menyandera akun mereka.

Laporan terpisah dari tahun 2019 menunjukkan bagaimana influencer yang akunnya diambil alih harus meminta bantuan peretas lain. Dalam kedua kasus tersebut, pengguna mengatakan Instagram sendiri lambat merespons.

Awal tahun ini, Instagram mengumumkan sedang menguji fitur pemulihan akun seperti meminta teman pengguna untuk menjamin mereka untuk mendapatkan kembali kendali atas akun mereka.

Instagram mengatakan, sekarang pengguna yang terkunci dari akun mereka dapat memilih dua teman yang dapat membantu memverifikasi identitas mereka.

Perusahaan menyebut terus berusaha untuk menghentikan peretasan akun, termasuk mengirimkan peringatan tentang akun mencurigakan yang mungkin meniru identitas orang lain.

Meta akhirnya mulai membangun divisi layanan pelanggan yang lebih kuat yang ditujukan untuk membantu pengguna yang mengalami masalah akun dan moderasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Kini Bisa Akses Toko Avatar Meta

Meta resmi meluncurkan toko avatar untuk pengguna di seluruh Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Toko avatar Meta ini hadir untuk mendukung pengguna mengekspresikan diri mereka, sekaligus mempersonalisasi avatar mereka dengan lebih akurat.

Dalam toko avatar ini, pengguna tidak hanya dapat menggunakan pakaian dan aksesoris gratis, tapi juga bisa menggunakan pakaian dan aksesoris premium. Kehadiran toko avatar ini tidak lepas dari kebiasaan pengguna di Indonesia.

Menurut laporan tren mengenai Gen Z di Indoensia, avatar menjadi salah satu fitur yang disukai Gen Z di Instagram. Untuk itu, toko avatar ini diharapkan bisa mendukung para Gen Z lebih ekspresif sekaligus menampilkan keunikan mereka masing-masing.

"Dengan adanya ekspansi toko avatar di seluruh Asia Pasifik, saat ini akan lebih banyak cara pengguna bisa mengubah avatar mereka untuk menunjukkan hal-hal yang mereka sukai," tutur Director of Product Management, Avatars, and Identity Meta, Amanda Jefson, dalam keterangan resmi, Kamis (15/12/2022).

Meta juga bekerja sama dengan beberapa brand mewah, klub bola, hingga tayangan populer dari Netflix untuk menghadirkan pilihan outfit yang menarik dan bisa memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pengguna.

Beberapa brand premium yang hadir di toko avatar Meta ini adalah Prada, Thom Browne, termasuk streetwear seperti Madhappye dan Drees X. Bagi penggemar klub asal Inggris, Liverpool, toko ini juga menyediakan beberapa football kits klub tersebut.

Sementara bagi penonton setia Netflix, toko ini menghadirkan outfit dari tayangan populer seperti Squid Game dan Stranger Things. Untuk mengakses toko ini, pengguna bisa mengaksesnya melalui langkah-langkah berikut ini:

Facebook

Pengguna dapat mengakses toko ini melalui menu di pojok kanan bawah di Facebook, kemudian gulirkan ke bawah dan pilih jalan pintas. Setelah itu, kamu bisa klik bagian avatars dan edit avatar.

Instagram

Untuk mengakses avatar dari Instagram, kamu tinggal mengklik tab profil yang ada di pojok kanan bawah, lalu pilih menu di pojok kanan atas. Setelah itu, kamu bisa memilih pengaturan, pilih akun, dan avatar.

Messenger

Kamu bisa mengakses toko avatar melalui Facebook Messenger dengan mengklik foto profil yang ada di pojok kanan atas. Berikutnya, kamu tinggal gulirkan layar ke bawah dan tekan avatar untuk mengedit avatar sesuai keinginan.

3 dari 5 halaman

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Avatar untuk Foto Profil dan Stiker

Sebelumnya, Meta resmi mengumumkan kehadiran fitur avatar untuk seluruh pengguna WhatsApp. Sebelumnya, fitur avatar ini tersedia untuk layanan Meta lain, seperti Facebook dan Instagram.

Meta mengumumkan avatar yang dipersonalisasi ini dapat digunakan sebagai foto profil di WhatsApp, termasuk dikirimkan menjadi stiker. Ada 36 stiker yang bisa dipilih dengan desain avatar ini.

"Kami menghadirkan Avatar di WhatsApp! Sekarang Anda bisa menggunakan Avatar diri Anda sebagai stiker di dalam obrolan. Dan akan lebih banyak gaya akan hadir di aplikasi," tutur CEO Meta Mark Zuckerberg dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (7/12/2022).

Menurut Meta, fitur avatar ini akan digulirkan secara bertahap untuk seluruh pengguna. Karenanya, ada kemungkinan belum semua pengguna WhatsApp bisa mengakses fitur ini sekarang.

"Bagi kebanyakan orang, ini merupakan kali pertama mereka membuat avatar dan kami akan terus memberikan penyempurnaan gaya termasuk pencahayaan, bayangan, tekstur gaya rambut, dan banyak lainnya yang akan membuat avatar makin baik ke depannya," tulis Meta.

4 dari 5 halaman

Kembangkan Avatar Bagi Pengguna

Dilansir Digital Trends, Meta saat ini mengembangkan cara agar pengguna dapat memakai avatar ketimbang video diri mereka secara langsung saat video call di WhatsApp dan Messenger.

Perusahaan bentukan Mark Zuckerberg itu mengatakan, pengguna nanti dapat pakai avatar ini layaknya mode ketiga antara 'video on' dan 'video off'.

Diharapkan, Meta akan mulai meluncurkan fitur Avatar ke Reels, WhatsApp, Messenger ini pada tahun depan. Selain itu, perusahaan juga kembali menungkap komitmen mereka dalam pengembangan teknologi dan fitur di metaverse.

Meta pertama kali memperkenalkan avatar 3D ke Instagram Stories dan DM pada awal tahun 2022 lalu, untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Meta juga memperbarui tampilan avatar di Facebook dan Messenger. 

5 dari 5 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.