Sukses

Gol Kylian Mbappe di Final Pecahkan Rekor Cuitan di Twitter soal Piala Dunia

Elon Musk mengungkap gol Kylian Mbappe untuk timnas Prancis membuat rekor baru dalam jumlah cuitan mengenai Piala Dunia di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Final Piala Dunia 2022 tidak dimungkiri \menyajikan pertandingan yang begitu dramatis. Bagaimana tidak, Argentina hingga menit ke-79 berhasil unggul atas Prancis dengan skor 2-0.

Namun, Mbappe berhasil memperkecil ketinggalan Prancis di menit ke-80 melalui titik penalti. Lalu tidak berselang lama, Mbappe juga mencetak gol kedua untuk menyamakan kedudukan.

Gol kedua dari pemain PSG itu tidak hanya memberi asa pada Prancis, tapi juga berhasil menarik perhatian para penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut. Salah satunya terlihat dari cuitan para penonton yang langsung menyerbu linimasa Twitter.

Menurut Elon Musk, gol yang diciptakan Mbappe untuk Prancis langsung membuat ramai Twitter. Bahkan, cuitan seputar gol tersebut menjadi yang tertinggi untuk gelaran Piala Dunia.

"24.400 tweet per detik untuk gol Prancis, tertinggi sepanjang sejarah Piala Dunia!" tulis Elon Musk seperti dikutip dari akun Twitternya, Senin (19/12/2022). Elon Musk sendiri diketahui turut hadir menyaksikan pertandingan final yang digelar di Stadion Lusail Iconic Qatar tersebut.

Selama pertandingan, ia pun sempat membagikan jalannya pertandingan tersebut melalui sejumlah cuitan di Twitter. Ia pun mengakui keseruan pertandingan final yang akhirnya dimenangkan oleh Argentina tersebut.

"Duel di Gurun. Tidak bisa meminta permainan yang lebih baik (dari ini). Permainan yang luar biasa," tulis CEO Tesla tersebut. Untuk diketahui, pertandingan puncak Piala Dunia 2022 memang menyajikan pertandingan yang begitu seru.

Setelah sempat tertinggal 2-0, Prancis akhirnya bisa menyamakan kedudukan sebelum tiup peluit waktu normal 90 menit berbunyi. Pertandingan pun dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Pada perpanjangan waktu ini, Argentina sempat kembali unggul melalui gol Lionel Messi di menit 108. Kendati demikian, gol ketiga Mbappe pada menit 118 berhasil memaksa kedua tim harus melanjutkan pertandingan ke babak adu penalti.

Di babak ini, Prancis harus mengakui kemenangan Argentina dengan skor 4-2. Seluruh algojo timnas Argentina berhasil mencetak gol dan membuat mereka meraih juara dunia untuk kali ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hasil Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis: Bantu Tim Tango Berjaya, Lionel Messi Cetak 2 Rekor Unik

Sejarah hadir pada final Piala Dunia 2022. Argentina merebut gelar ketiga setelah menang adu penalti 4-2 (3-3) atas Prancis di Lusail Iconic Stadium, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Kapten Argentina Lionel Messi kembali mencetak rekor. Dia jadi sosok dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia. Melakoni 26 pertandingan, Messi mengungguli legenda Jerman Lothar Matthaus. 

Pemain Paris Saint-Germain itu juga mengukir capaian unik. Messi mengukuhkan diri sebagai pemain pertama yang mencetak gol pada tiap fase Piala Dunia usai dua kali menaklukkan kiper Prancis Hugo Lloris pada partai pamungkas. 

Sebelumnya Messi merobek gawang Arab Saudi dan Meksiko (grup), Australia (16 besar), Belanda (8 besar), serta Kroasia (semifinal) untuk membawa Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022.

Kala membuat gol melawan Kroasia di Lusail Starium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB, Messi mengikuti jejak lima nama. Mereka adalah Salvatore Schillaci (1990), Roberto Baggio (1994), Hristo Stoichkov (1994), Davor Suker (1998), dan Wesley Sneijder (2010).

Namun, para pendahulunya itu tidak ada yang bisa menciptakan gol di final. Schillaci (Italia), Stoichkov (Bulgaria), dan Suker (Kroasia) tidak mendapat kesempatan karena negara masing-masing takluk di semifinal.

Sementara Baggio (Italia) dan Sneijder (Belanda) gagal melanjutkan performa. Keduanya bahkan sama-sama bernasib buruk dan menderita kekalahan, dengan Baggio bahkan gagal menunaikan tugas sebagai algojo pada adu penalti.

3 dari 5 halaman

Top Skor Piala Dunia 2022: Cetak Hattrick di Final, Kylian Mbappe Ungguli Lionel Messi

Selain itu, bintang Prancis Kylian Mbappe sukses merebut gelar top skor Piala Dunia 2022. Kepastian ini diperoleh usai Mbappe mencetak tiga gol tambahan dalam final FIFA World Cup yang dihelat pada Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Seperti diketahui, Mbappe menghadapi lawan berat dalam duel pemungkas yang berlangsung di Stadion Lusail. Ia dan rekan-rekannya harus meladeni perlawanan Argentina yang serangannya dimotori oleh Lionel Messi.

Les Bleus sanggup membuat La Pulga dan kolega kerepotan. Meski sempat tertinggal, mereka mampu memaksa permainan berlanjut ke extra time dan adu penalti sebelum laga berakhir dengan kemenangan Argentina.

Tak hanya menjadi ajang penentuan tim yang berhak meraih gelar juara di kompetisi sepak bola empat tahunan, laga final Piala Dunia 2022 juga merupakan kesempatan terakhir bagi penggawa 23 tahun untuk mengukuhkan posisinya sebagai pencetak gol terbanyak.

Pasalnya sebelum pertandingan kali ini, torehan gol Mbappe mampu dipepet oleh pesaing terdekatnya Lionel Messi.

Laman resmi FIFA mencatat, duo bintang PSG sama-sama menyumbangkan lima angka bagi timnya sejak awal fase penyisihan grup hingga semifinal Piala Dunia 2022. Namun, torehan tiga gol baru yang didapat Mbappe di partai puncak membuat situasi berubah.

4 dari 5 halaman

Performa Kylian Mbappe

Adapun Mbappe memang tampil sangat perkasa sepanjang pelaksanaan Piala Dunia 2022. Penggawa kelahiran 1998 itu selalu menjadi andalan bagi lini depan Les Bleus dalam turnamen sepak bola terakbar empat tahunan.

Mbappe tercatat menyumbangkan satu gol kala timnya bersua dengan Australia di fase grup. Ia kembali tampil sebagai momok bagi lini belakang lawan dengan melesakkan brace saat Les Bleus mengalahkan Denmark di laga kedua Grup D Piala Dunia 2022.

Mbappe sempat mencetak dua gol lagi dalam pertandingan babak 16 besar FIFA World Cup kontra Polandia. Akan tetapi, ia mangkir menyumbang angka ketika timnya bersua dengan Tunisia (fase grup), Inggris (perempat final), dan Maroko (semifinal).

Keberhasilannya mencetak hattrick di final Piala Dunia 2022 membuat torehan Mbappe tak mampu dikejar oleh Lionel Messi. Alhasil, bintang PSG itu berhak menyandang predikat sebagai top skor FIFA World Cup edisi ini.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Road to Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.