Sukses

Riot Games Mau Bawa Valorant ke Konsol, Ketahuan dari Lowongan Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Gim tactical shooter multiplayer populer Riot Games, Valorant, tampaknya akan dirilis untuk konsol. Sebelumnya, permainan ini hanya rilis di PC dan pertama kali diluncurkan tahun 2020.

Mengutip IGN Southeast Asia, Senin (5/12/2022), beberapa laporan memang menyebutkan kabar soal kemungkinan Valorant untuk dirilis di Xbox maupun PlayStation.

Kerja sama antara Riot Games dan Microsoft untuk Xbox Game Pass adalah alasan lain untuk kemungkinan kehadiran gim tersebut di platform Xbox.

Namun, isyarat terbaru adalah munculnya bukaan lowongan kerja, di mana Riot mengunggah lowongan untuk senior designer dan design manager, yang keduanya ditujukan untuk konsol.

Dalam deskripsinya, mereka menuliskan pekerjaan ini akan "mengembangkan visi pertempuran Valorant pada konsol," dan juga "merancang dan menyempurnakan fitur, mode, dan sistem untuk membantu menghadirkan produk konsol ke pasar."

Riot Games belum mengumumkan atau berkomentar apapun soal unggahan tersebut, maupun menyatakan gim itu akan dirilis di platform selain PC. Namun hal ini jelas menunjukkan bahwa Valorant suatu saat akan rilis di konsol.

Sebelum isu soal perilisan di konsol, Riot sebelumnya juga menyatakan sedang menggarap Valorant untuk perangkat seluler alias mobile. Gim ini terbilang sukses dengan memecahkan rekor sejak closed beta dan sukses dalam peluncuran globalnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Valorant Mobile

Valorant pun dengan cepat bertransformasi menjadi gim favorit bagi penggemar di seluruh dunia dan mampu unjuk gigi sebagai salah satu gim FPS terpopuler di PC.

Dengan antusiasme yang terus bertumbuh, Riot sedang bersiap untuk melebarkan sayapnya dengan meluncurkan Valorant Mobile, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Kamis (3/6/2021).

"Kami tidak memulai dengan 'kita buat Valorant versi mobile,' kami memulai dengan 'Bisakah kami membuat Valorant untuk perangkat mobile dan tablet?' dengan banyak skeptisisme," kata produser eksekutif Valorant, Anna Donlon.

Kepada Polygon, Donlon menambahkan, "apa pun yang didapat saat bermain di PC, player akan temukan juga hal yang sama saat bermain Valorant Mobile. Tapi kita harus menyadari kebutuhan pemain mobile berbeda dengan PC."

3 dari 4 halaman

Tanggal Rilis Valorant Mobile Belum Diumumkan

Sayangnya, dia tidak merinci apa saja perbedaan tersebut. Namun, satu hal yang ditekankan adalah Valorant versi mobile tidak akan memengaruhi versi PC.

"Kami tidak ingin mengubah pemain Valorant di PC menjadi player Valorant Mobile atau sebaliknya," ujar Anna.

Sejauh ini, Riot Games juga belum mengumumkan tanggal resmi dari perilisan Valorant Mobile.

Kabar ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Riot sudah melakukan hal serupa dengan League of Legends, meluncurkan spin-off yang berfokus pada mobile, yakni Wild Rift.

Sementara itu, beberapa gim shooter paling populer di dunia telah memboyong permainannya ke smartphone juga dan meraih sukses seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile. Selain itu Apex Legends juga sudah merilis versi selulernya.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC untuk Main Valorant

Untuk PC, berikut ini spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain Valorant, seperti dikutip dari Epic Games Store:

Minimal

  • OS: Windows 7/8
  • Prosesor: Intel Core 2 Duo E8400 (Intel), Athlon 200GE (AMD)
  • Memori: RAM 4GB
  • Grafik: Intel HD 4000, Radeon R5 200

Direkomendasikan

  • OS: Windows 10 (64-Bit)
  • Prosesor: Intel i3-4150 (Intel), Ryzen 3 1200 (AMD)
  • Memori: RAM 4GB
  • Grafik: GeForce GT 730, Radeon R7 240

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS