Sukses

Melihat iQOO 11 Lebih Dekat, Bakal Meluncur di Indonesia 8 Desember 2022

Liputan6.com, Jakarta - iQOO memastikan akan meluncurkan smartphone perdananya untuk pasar Indonesia, yakni iQOO 11. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan secara resmi pada 8 Desember 2022.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, iQOO sudah mengungkap penampakan smartphone ini ke publik. Salah satu desain yang ditunjukkan merupakan hasil kolaborasi dengan BMW Motorsport.

<p>Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Desain itu menampilkan garis ikonik dari BMW motorsport yang berada di atas bodi berwarna putih. Menurut iQOO Brand Team Robiat Pahlevi, kolaborasi dengan BMW motorsport menjadi bentuk pendekatan yang dilakukan iQOO untuk merengkuh pasar Indonesia.

Selain warna putih dengan balutan garis ikonik BMW motorsport, iQOO 11 juga tersedia dalam pilihan warna hitam. 

<p>Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di pasar Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

"Kami kombinasikan semangat kami yang menunjukan iQOO fokus pada performa tinggi, tanpa meninggalkan sisi premium yang mana kami bekerja sama dengan BMW Motorsport. Sisi itu yang ingin kami rengkuh di pasar Indonesia," tutur Robiat melanjutkan.

Selain desain premium, performa iQOO 11 juga didukung chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan diklaim menjadi yang pertama memakainya untuk pasar Indonesia. Smartphone ini juga hadir dengan teknologi Dual Flagship-Chip.

<p>Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Selain Snapdragon 8 Gen 2, smartphone ini turut didukung V2 Chip ekslusif buatan sendiri. V2 Chip merupakan in-display chipset independen untuk mendukung Game Frame Interpolation, sehingga pengguna dapat menikmati visual dengan frame rate tinggi dan konsumsi daya rendah saat bermain game.

Kendati demikian, informasi lain mengenai smartphone ini belum banyak diungkap. Karenanya, spesifikasi lengkap dan harga iQOO 11 baru akan diungkap pada saat peluncuran resmi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bocoran Spesifikasi iQOO 11 5G, Seperti Apa?

Seperti diketahui, iQOO (baca: Aiku) sedang bersiap untuk meluncurkan HP Android terbarunya, iQOO 11 5G, secara global, termasuk di Indonesia.

Setelah teaser kehadiran iQOO 11 5G ini lewat akun media sosial mereka, diketahui ponsel ini sudah mengantongi sertifikat TKDN dari Kemenperin dan Kominfo.

Walau perusahaan sub-brand Vivo ini belum mengungkap tanggal pasti peluncurannya, iQOO 11 5G siap debut pada Desember 2022.

Jelang peluncurannya tersebut, beredar bocoran tentang spesifikasi iQOO 11 5G di internet.

Meski sudah dikonfirmasi ponsel flagship-nya tersebut akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2, iQOO masih tutup mulut tentang spesifikasi hardware lainnya.

Kini, bocoran informasi spesifikasi HP iQOO 11 5G pun sudah marak beredar di internet via aplikasi benchmark Geekbench.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi iQOO 11

Adapun ponsel yang terdaftar di Geekbench menggunakan RAM 12GB--kemungkinan RAM LP-DDR5X, dan menggunakan memori UFS 4.0.

Dikutip GSM Arena, Selasa (22/11/2022), iQOO 11 5G menggunakan layar Samsung E6 berukuran 6,78 inci dan beresolusi 1,440 x 3,200 piksel.

Layar HP iQOO ini sudah mendukung refresh rate 144Hz dan sensitivitas hingga 300Hz. Dalam hal kamera, seri 11 ini tampil dengan kamera utama 50MP.

Sementara lensa lainnya, termasuk 13MP (ultra wide) dan 8MP (makro). Untuk keperluan selfie, perusahaan menyematkan sensor 16MP.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, iQOO 11 5G menggunakan baterai berkapasitas 5,000mAh dan sudah mendukung kemampuan fast charging 120W.

Disebutkan, iQOO 11 5G akan tersedia dalam dua pilihan warna tempa balap, yaitu Isle of Man Edition dan Track Edition.

4 dari 5 halaman

iQOO 11 5G Lolos TKDN

iQOO 11 5G telah mengantongi serifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian.

Berdasarkan deskripsi sertifikat TKDN di situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri), iQOO 11 5G ini memiliki nilai TKDN 35,98 persen.

Dari pantauan Tekno Liputan6.com di situs Kemenperin, setifikat dengan nomor 5459/SJ-IND.8/TKDN/10/2022 diajukan oleh PT.Vivo Indonesia.

Diketahui, sertifikat TKDN ini sudah terbit sejak 17 Oktober 2022 dengan nama merek dan tipe iQOO I2212.

Selain muncul di web P3DN, HP Android iQOO 11 5G dengan nomor model I2212 ini juga sudah mejeng di situs Ditjen SDPPI milik Kementerian Kominfo.

Dengan informasi ini, sudah dapat dipastikan iQOO (dibaca: aiku) atau I Quess On and On akan debut di pasar Indonesia dengan model ponsel kelas premium mereka.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.