Sukses

Begini Rupa iPhone V, iPhone Layar Lipat Bikinan Tim Tech Aesthetics

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai rencana Apple untuk membuat iPhone layar lipat sudah beredar dalam beberapa bulan terakhir. Namun hingga saat ini, kehadiran ponsel layar lipat tersebut belum diketahui kepastiannya.

Kendati demikian, sebuah tim asal Hong Kong bernama Tech Aesthetics berhasil membuat rekayasa model iPhone lipat.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (12/11/2022), perangkat ini dikerjakan secara mandiri atau biasa dikenal dengan proyek DIY (Do It Yourself).

Hasil kerja tim tersebut bisa disaksikan melalui kanal YouTube mereka. Dalam pembuatan iPhone layar lipat ini, mereka memanfaatkan bodi dari Motorola Razr 2019 dan memakai isi komponen iPhone X.

Pembuatan perangkat ini memakan waktu hingga hampir setahun, dengan banyak uji coba sebelum akhirnya benar-benar berhasil. Meski bukan produk resmi, perangkat ini diberi nama iPhone V.

Dijelaskan, tim Tech Aesthetics mengambil layar iPhone X dengan menghancurkan penutup kaca dan lapisan sentuhnya untuk mengambil layar OLED-nya. Meski terdengar mudah, prosesnya terbilang rumit, karena membutuhkan mesih yang canggih dan keahlian tersendiri.

Secara keseluruhan, tim harus menghancurkan 37 layar iPhone, sebelum akhirnya berhasil mendapatkan layar yang dipakai dalam proyek ini. Tim ini juga membuat motherboard khusus dicetak menggunakan printer 3D.

Sementara untuk bodi luarnya, tim menggunakan sepasang Motorola Razr 2019 yang dibongkar. Karena ada keterbatasan ruang, mereka hanya bisa membenamkan baterai dengan kapasitas 1.000mAh.

Tidak hanya sisi hardware, tim juga mengubah tampilan iOS agar lebih sesuai dengan penggunaan layar lipat dengan memanfaatkan mod yang sudah di-jailbreak. Hasilnya, mereka bisa membuat aplikasi yang berjalan di kedua sisi layar.

Mengingat proyek ini merupakan pekerjaan pribadi, produk tersebut jelas tidak dikomersialkan. Hanya dengan adanya perangkat ini, konsumen setidaknya bisa mendapatkan gambaran mengenai iPhone layar lipat yang mungkin akan dirilis Apple di masa depan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Apple Bakal Rilis Perangkat Layar Lipat Pertamanya pada 2024

Di ssisi lain, sebuah laporan baru menyebutkan, Apple kemungkinan bakal meluncurkan perangkat layar lipat pertama mereka pada 2024.

Walau begitu, masih belum diketahui apakah perangkat layar lipat tersebut adalah iPhone.

Alih-alih, perusahaan bermarkas di Cupertino itu diyakini akan meluncurkan iPad layar lipat.

Hal ini diungkap oleh analis dari CCS Insight kepada CNBC. "Saat ini, tidak masuk akal untuk Apple merilis iPhone layar lipat," kata Ben Wood, kepala peneliti di CCS Insight.

Apple akan menghindar dari tren HP Android layar lipat, dan lebih memilih memperkenalkan iPad layar lipat, dilanisir Digital Trends, Rabu (19/10/2022).

Langkah ini memngkinkan perusahaan untk mencoba teknologi layar lipat, dan sebelum diadopsi ke iPhone.

Lewat iPad layar lipat, teknologi ini dipercaya akan memberikan 'nafas baru' untuk lini tablet milik Apple tersebut.

Laporan CCS Insight ini diperkuat oleh laporan lain yang menunjukkan, Apple sedang mengerjakan layar lipat berukuran besar daripada smartphone.

Leaker Mark Gurman, mengatakan "Apple sedang mengembangkan layar ganda, hibrida MacBook/iPad yang dapat dilipat berukuran 20 inci."

Ben Wood juga menyebutkan, perkenalan teknologi di iPhone akan beresiko tinggi bagi Apple karena model pertama rentan dengan masalah dari sisi hardware.

Berkaca dari ponsel layar lipat milik pesaingnya yang berkendala di produk awalnya, Apple tidak ingin hal itu terjadi dan mencoret reputasi perusahaan.

Soal harga, Ben memperkirakan iPhone layar lipat pertama ini akan dijual seharga USD 2.500--lebih tinggi USD 900 dari model iPhone 14 paling mahal.  

3 dari 4 halaman

Apple Uji Coba Panel Layar Lipat untuk iPhone dan iPad

Sebelumnya, diungkap oleh media asal Korea Selatan, TheElec. Mengutip GSM Arena, Kamis (12/5/2022), layar lipat iPhone dan iPad tidak akan menggunakan lapisan polarizer seperti kebanyakan HP layar lipat di pasaran saat ini.

Bila memang benar, makan panel layar lipat iPhone dan iPad ini akan menggunakan teknologi serupa yang digunakan Samsung untuk Galaxy Z Fold3 dan layar Eco2 OLED-nya.

Berkaca dari kesuksesan Samsung di lini smartphone layar lipatnya, bukan hal yang tidak mungkin Apple mempertimbangkan hal serupa untuk perangkat layar lipat buatannya.

Lalu, apa yang terjadi bila lapisan polarizer ini tidak dipakai untuk layar lipat di iPhone dan iPad? Dengan ini, maka panel layar di perangkat akan lebih tipis.

Meski begitu, perusahaan harus mengorbankan visibilitas dan kecerahan layar. Produsen pun dipaksa untuk meningkatkan konsumsi daya layar untuk meningkatkan kecerahan.

Karena hal tersebut, patut ditunggu bagaimana cara Apple akan mengatasi hal tersebut untuk iPhone dan iPad layar lipat buatannya itu.

4 dari 4 halaman

Smartphone Layar Lipat Apple Akan Menyandang Nama iPhoneAir?

Pada Februari 2022, desainer Antonia De Rosa menggabungkan beberapa konsep render yang terlihat seperti sebuah iPhone yang dapat dilipat. Ia menjuluki konsep smartphone itu dengan nama iPhoneAir.

Perlu dicatat bahwa smartphone ini hanya sebuah konsep dan bukan bocoran, jadi ini adalah murni dari konsep yang dikembangkan oleh De Rosa.

Dari gambar di atas, De Rosa tampaknya memilih konsep ponsel flip yang mirip dengan seri Samsung Galaxy Z Flip. iPhoneAir memiliki engsel di tengah untuk mendukung kemampuan lipat perangkat.

Konsepnya sendiri mencakup sedikit perubahan pada desain, yakni notch dan juga kamera belakang. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Senin (14/2/2022).

Pada bagian bodi belakang smartphone layar lipat itu tak hanya menampung kamera, tetapi juga layar yang dapat menampilkan informasi seperti tanggal, waktu, dan juga notifikasi.

Sementara itu, laporan terbaru menyebut Apple telah menguji berbagai purwarupa smartphone layar lipat, tetapi perusahaan dirumorkan skeptis tentang hal itu.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.