Sukses

Cari Game dengan Bahasa Indonesia di Steam Kini Lebih Mudah

Pengguna pun dapat lebih mudah untuk menemukan game dalam bahasa tertentu di Steam, misalnya Bahasa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Steam memudahkan para gamer untuk dapat mencari game dengan bahasa yang ia inginkan dengan merilis update atau pembaruan untuk preferensi bahasa baru, di mana salah satu bahasa yang didukung adalah bahasa Indonesia.

Selain bahasa Indonesia, bahasa lain yang disertakan adalah "Slovakia, Melayu, Arab, Ibrani, Serbia, Hindi, dan bahasa lain yang saat ini didukung oleh Windows."

Dalam laman Steam Community, dikutip Senin (7/11/2022), menyetel preferensi bahasa Steam akan mempengaruhi konten berbahasa apa yang akan muncul dan membuatnya lebih mungkin direkomendasikan di fitur Discovery di seluruh Steam store.

Pilihan bahasa juga akan tampil lebih menonjol di laman pencarian dan toko game.

Steam juga menyebutkan, pengguna dapat memiliki bahasa utama (primary language) dan menambahkan bahasa sekunder (secondary language).

Bahasa utama akan menentukan dalam bahasa apa antarmuka pengguna Steam akan ditampilkan, bersama dengan konten di seluruh toko dan komunitas, seperti deskripsi game dan konten yang dibuat pengguna.

Kemudian bahasa sekunder, akan memungkinkan pengguna melihat konten dalam bahasa yang dipilih ini seperti deskripsi halaman toko dan ulasan pengguna, jika tidak tersedia dalam bahasa utama.

Preferensi bahasa juga mempengaruhi informasi yang tersedia sekilas di halaman toko game dan di berbagai opsi filter di seluruh Steam. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Filter Bahasa di Pencarian

Untuk Game Store Pages, bahasa yang dipilih akan muncul pertama kali secara otomatis di laman toko game, jika game tersebut mendukung bahasa yang dipilih.

Selain itu, jika pengguna melihat game yang tidak mendukung salah satu bahasa pilihan pengguna, akan ada catatan yang memberitahukannya. Kemudian, bahasa yang dipilih akan muncul pertama kali sebagai opsi untuk digunakan di filter Steam.

Ini berarti, pengguna bisa dengan cepat memilih satu bahasa atau lebih, untuk menemukan dengan spesifik, game yang tersedia dalam bahasa tersebut jika diinginkan.

Sebagai contoh, jika mau mencari daftar game yang mendukung bahasa Indonesia, kamu bisa ke filter "Narrow by language" dan memilih Indonesia. Nantinya game-game yang mendukung teks Indonesia, akan ditampilkan di sana.

Dalam pengumumannya, Steam menambahkan, mulai beberapa pekan yang lalu, mereka juga sudah memungkinkan pengembang untuk menandai game buatannya dengan berbagai bahasa baru.

"Sejak saat itu, kami telah melihat lebih dari 500 game menambahkan indikasi dukungan untuk salah satu bahasa baru ini," kata mereka.

"Tentu saja ini baru permulaan, karena semakin banyak pengembang yang menggunakan alat baru ini untuk menunjukkan dukungan yang mungkin sudah tersedia dalam game, serta saat merilis game baru," kata Steam.

3 dari 4 halaman

Harga Game Steam di Indonesia Bisa Meroket?

Sebelumnya, Valve meluncurkan sistem rekomendasi harga regional baru untuk platform toko game mereka Steam. Meski begitu, hal ini berpotensi bakal membuat harga game bakal melonjak tinggi di beberapa negara.

Alat penetapan harga baru ini merekomendasikan harga di 39 mata uang yang didukung oleh Steam, untuk menyederhanakan proses bagi pengembang.

"Kami pikir ini adalah panduan bermanfaat, tetapi dengan daya beli dan nilai tukar mata uang asing terus berkembang, kami perlu membuat perubahan signifikan pada rekomendasi konversi tersebut agar tetap terkini," kata Valve.

"Kami juga berkomitmen untuk menjaga agar panduan ini tetap berharga dengan menetapkan irama lebih teratur untuk meninjau harga," ujar Valve melalui pengumumannya, seperti dikutip dari Eurogamer, Senin (31/10/2022).

Meski begitu menurut SteamDB, melalui unggahan di Twitter, beberapa harga baru disarankan merupakan rekomendasi harga jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Indonesia pun mendapat rekomendasi yang bisa membuat harga game melonjak tinggi, yaitu di angka 80 persen. Sementara Ringgit Malaysia mendapatkan rekomendasi harga naik sampai 40 persen, dan Peso Thailand hingga 57 persen.

 

4 dari 4 halaman

Harga Rekomendasi

Tenge Kazakhstan juga direkomendasikan naik sampai 97 persen, Rupee India hingga 85 persen, dan Ruble Rusia sampai 75 persen.

Namun mengutip informasi lebih lanjut di laman SteamDB, kenaikan yang dijabarkan di atas hanyalah untuk game-game di harga USD 59,99. Game dengan kisaran harga yang lain memiliki rekomendasi penyesuaian harga yang juga berbeda.

Jika diambil dari kelompok harga paling rendah di USD 0,99, game dengan Rupiah Indonesia di harga lama Rp 8.499 akan mendapatkan rekomendasi kenaikan hingga 14 persen menjadi Rp 9.699.

Patut diingat bahwa pengembang game tetap bebas untuk menentukan harga produknya sendiri di Steam. Namun, alat rekomendasi baru ini mungkin juga berdampak signifikan pada penetapan harga secara global.

Valve pun mencatat, di luar nilai tukar mata uang asing, penetapan harga ditentukan oleh metrik seperti paritas daya beli dan indeks harga konsumen.

Perusahaan pun menegaskan akan memperbarui harga game-nya sendiri agar sesuai dengan rekomendasi yang baru.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.