Sukses

10 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2022 untuk Foto di Medsos

Berikut ini 10 link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2022 yang bisa digunakan di media sosial

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Jumat (28/10/2022), Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini jadi tonggak sejarah penting bagi negara ini, karena menjadi simbol persatuan Indonesia di atas pilar-pilar kedaerahan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan cara berkomunikasi, menyebarkan semangat persatuan yang dikumandangkan lewat Sumpah Pemuda juga bisa melalui media sosial.

Salah satu caranya misalnya dengan memasang Twibbon atau bingkai untuk foto di media sosial (medsos), untuk menunjukkan dukunganmu terhadap semangat persatuan yang dirayakan di Hari Sumpah Pemudah 2022.

Berikut ini Tekno Liputan6.com bagikan beberapa link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2022, yang bisa kamu salin di browser, untuk kemudian digunakan untuk foto di media sosial seperti WhatsApp, Twitter, atau Facebook.

  1. https://www.twibbonize.com/reviewsteknologikutechhsp9
  2. https://www.twibbonize.com/sumpahpemuda2022keern
  3. https://www.twibbonize.com/dirgahayuzeni
  4. https://www.twibbonize.com/sumpahpemuda-14bbp
  5. https://www.twibbonize.com/huttni-ri2022
  6. https://www.twibbonize.com/hari-sumpah-pemuda22
  7. https://www.twibbonize.com/harisumpahpemuda28oktober2022
  8. https://www.twibbonize.com/sumpahpemudabarkahcreation
  9. https://www.twibbonize.com/sumpah-pemuda-94-5
  10. https://www.twibbonize.com/baktitpp2022

Peristiwa Sumpah Pemuda sendiri terjadi pada 28 Oktober 1928, di mana teks Sumpah Pemuda merupakan hasil rumusan dari kerapatan pemuda-pemudi atau Kongres Pemuda II Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumpah Pemuda

Dilansir Hot Liputan6.com, mengutip laman resmi Museum Sumpah Pemuda, Sumpah Pemuda digagas oleh para pemuda yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).

Ini merupakan organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu "Indonesia" karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres.

Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia, berbunyi :

 

PERTAMA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,

MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,

TANAH INDONESIA.

KEDOEA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,

MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,

BANGSA INDONESIA.

KETIGA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,

MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN,

BAHASA INDONESIA.

 

3 dari 3 halaman

Makna Logo Sumpah Pemuda 2022

Pertama kali dideklarasikan pada 1928 silam, tahun ini Sumpah Pemuda telah memasuki perayaan yang ke-94.

Dilansir Lifestyle Liputan6.com, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI terkait Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tertuang pula terkait tema hingga logo Sumpah Pemuda 2022.

Surat Edaran yang ditandatangani Menpora Zainudin Amali pada 21 September 2022 itu tertera bahwa peringatan tahun ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa".  

Sedangkan logo Sumpah Pemuda 2022 menunjukkan angka "94" dengan paduan warna hingga garis yang memiliki makna tersendiri.

Mulai dari karakter logo merupakan karakteristik penggabungan warna yang menggambarkan Indonesia memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.

Makna garis dari logo Sumpah Pemuda 2022, yakni garis putih yang berada dalam angka 9 dan 4 mengikuti bentuk logo. Ini juga menjadi satu kesatuan yang menambah indahnya keberagaman sekaligus menjadi simbol persatuan yang suci.

Berlanjut dengan makna lingkaran, yakni dijelaskan ibarat gambar kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan semangat kepemudaan.

Terakhir, dua garis berjajar yang mengarah ke atas menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud dari rasa cintanya pada Indonesia.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.