Sukses

Meta Perkenalkan Headset VR Quest Pro Seharga Rp 23 Juta

Meta juga menegaskan, Quest Pro adalah headset VR pertama yang menggunakan Qualcomm Snapdragon XR2+.

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan lalu, Mark Zuckerberg, CEO Meta mengungkap bakal meluncurkan kehadiran headset VR terbaru mereka Oktober 2022.

Sesuai janji, perusahaan merilis headset VR Quest Pro bertepatan dengan acara Meta Connect 2022.

Sebelumnya, bocoran tentang headset VR baru milik Meta ini sudah ramai beredar di dunia maya, mulai dari nama kode perangkat Project Cambria hingga foto bentuk headset.

Dengan pengumuman ini, perusahaan bentukan Mark Zuckerberg itu juga sudah mulai proses preorder di Amazon.

Quest Pro sendiri tampil dengan beberapa peningkatan dengan optik baru menggantikan lensa Fresnel yang terpasang di Quest 2.

Meta juga menegaskan, Quest Pro adalah headset VR pertama yang menggunakan Qualcomm Snapdragon XR2+.

Mengutip IGN, Rabu (12/10/2022), perangkat ini digadang-gadang mampu bekerja optimal dengan performa 50 persen lebih tinggi ketimbang Quest 2.

Selain itu, headset Quest Pro ini juga mampu menjaga suhu perangkat lebih baik ketika dipakai dalam waktu lama.

Berdasarkan penjelasan Meta, Quest Pro diklaim memiliki piksel 37 persen lebih banyak dan 10 persen lebih besar daripada Quest 2.

Dalam hal desain, Quest Pro memiliki bodi lebih ramping dan ringkas dibandingkan Quest 2 dengan lensa berbentuk panekuk dab baterai melengung di bagian belakang.

Meta mengklaim, Quest Pro ini sebagai headset VR tertipis dan paling seimbang yang pernah dibuat.

Untuk perangkat pengendali, Quest Pro disertakan dengan kontroler bernama Touch Pro yang dilengkapi sensor bawaan pada setiap pengontrol.

Dengan ini, kontroler Quest Pro dapat melacak posisi pengguna dalam ruang 3D. Meta mengonfirmasi, Quest Pro ini dibuat untuk bekerja bukan untuk bermain gim.

Meski begitu, headset VR ini kompatible dengan aplikasi dan game Quest 2. Meta memasang harga Quest Pro di USD 1499 atau sekitar Rp 23 jutaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocor Gara-Gara Ketinggalan di Hotel

Facebook mengubah namanya menjadi Meta. (Doc: The Verge)

Meta berencana bakal memperkenalkan headset virtual reality (headset VR) terbaru mereka ke publik pada Oktober 2022. Namun tepat sebulan jelang perilisannya, tampilan dari perangkat itu sudah bocor duluan ke internet.

Tampilan dari headset bernama Meta Quest Pro ini diunggah ke Facebook oleh akun milik Ramiro Cardenas beberapa waktu lalu. Oleh Cardenas, perangkat itu disebut ketinggalan di sebuah kamar hotel.

Dalam video yang diunggah Cardenas, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (23/9/2022), Cardenas menunjukkan headset hitam dengan tiga kamera di bagian depan, mirip dengan apa yang sekilas terlihat dari Project Cambria Meta.

Headset VR Meta baru itu juga terlihat seperti model yang ditampilkan dalam sebuah video instruksional yang bocor. Cardenas juga memperlihatkan adanya controller baru dengan desain yang baru, menggantikan looped controllers dari sebelumnya.

Kemasan headset ini menunjukkan tulisan "Meta Quest Pro," yang disertai stiker "Not for resale - engineering sample." Cardenas mengungkapkan kepada The Verge, bahwa penyewa kamar telah mengambil kembali perangkat tersebut.

Mengutip The Verge, Meta sebelumnya telah mengumumkan bakal menyiarkan secara langsung Connect Conference pada 11 Oktober 2022 pukul 1 siang Eastern Time (ET) atau 10 pagi (Pacific Time) atau 12 Oktober 2022 dini hari WIB.

3 dari 3 halaman

Fitur Baru di Headset VR Teranyar Meta

Facebook meluncurkan tanda Meta baru mereka di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Kamis, 28 Oktober 2021. Facebook Inc. yang diperangi mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta, untuk mencerminkan apa yang CEO Mark Zuckerberg mengatakan komitmennya untuk mengembangkan t

Dalam pernyataan di blog Oculus, perusahaan mengatakan mereka akan mengungkap kemajuan yang dibuatnya di metaverse, dan menawarkan "melihat apa yang akan datang dalam waktu dekat dan jauh di masa depan."

Meta mengatakan bahwa dalam acara itu, akan diperlihatkan informasi soal aplikasi VR Horizon Worlds, dan mengisyaratkan bahwa headset kelas atas "Project Cambria" akan diperkenalkan.

CEO Meta Mark Zuckerberg, bulan lalu juga mengonfirmasi bahwa mereka akan mengumumkan headset VR baru di bulan Oktober.

Dikutip dari The Verge, Minggu (28/8/2022), Mark menyebut, VR headset terbaru Meta ini akan meluncur pada Oktober 2022. Ia menuturkan, headset ini akan hadir dengan beragam fitur besar di dalamnya.

"Untuk perangkat berikutnya yang keluar pada bulan Oktober, ada beberapa fitur besar," tutur Mark. Salah satu fitur yang disebut akan hadir di headset ini kemampuan pelacakan mata dan wajah. 

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini