Sukses

Ingin Engagement Tinggi, Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram?

Liputan6.com, Jakarta - Membuat konten viral butuh berbagai strategi, termasuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk piosting foto atau konten di Instagram.

Untuk itu, pengguna perlu mencari tahu kapan waktu terbaik untuk mengunggah ke akun IG kamu, guna memaksimalkan eksposur yang didapatkan.

Pasalnya, seberapa bagus pun unggahan atau foto yang diunggah di Instagram, tapi kalau tidak ada audiens yang melihat dan berinteraksi, engagement pun akan rendah.

Laporan Digital Trends, yang dikutip Rabu (5/10/2022) mengungkap, ada dua cara untuk mengetahui kapan waktu unggah yang tepat di Instagram.

Pertama, kamu bisa mengandalkan penelitian pakar medsos yang bisa memberikan perkiraan hari dan waktu terbaik untuk unggah konten di Instagram.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan data analitik akun Instagram mereka dan mencari tahu kapan waktu unggah terbaik. Berikut adalah pembahasannya:

1. Ikuti Saran dari Ahli

Jika kamu lebih suka mengikuti saran pakar media sosial dan penelitiannya, kamu bisa memilih cara ini. Namun harus diketahui bahwa saran tersebut bisa bervariasi dan mungkin saja tidak berlaku untuk audiens kamu.

Oleh karena itu, ada beberapa saran dan waktu terbaik, sehingga pengguna Instagram bisa mencoba waktu unggah yang disarankan untuk melihat apakah saran tersebut cocok untuk diterapkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Saran dari Hootsuite

Platform manajemen medsos Hootsuite menyebut, waktu terbaik bagi siapa pun untuk mengunggah konten di Instagram adalah Rabu pukul 11 pagi. Waktu optimal lainnya termasuk pukul 9 pagi pada Selasa dan Sabtu, serta pukul 12 malam pada Senin.

Sebelum mencoba waktu unggah ini, perlu diperhatikan bahwa waktu ini dalam waktu pasifik AS.

Sementara, perusahaan software manajemen medsos Sprout Social melaporkan, secara keseluruhan, hari terbaik untuk mempublikasikan unggahan di Instagram adalah hari Selasa dan Rabu.

Hari Minggu justru dianggap sebagai hari terburuk untuk mengunggah konten. Jika kamu membutuhkan waktu tertentu, berikut adalah waktu terbaiknya: pukul 10 pagi hingga 1 siang pada Selasa dan Rabu. Lalu, pukul 11 pagi pada hari Senin.

2. Temukan Waktu Ideal untuk Unggah Konten di Instagram

Pada akhirnya, cara satu-satunya bagi pengguna untuk memastikan data yang paling akurat untuk mengunggah konten di Instagram adalah dengan melacak dan mengelola analitik akun si pengguna sendiri.

3 dari 4 halaman

Cara Lihat Analitik Akun

Jika kamu memiliki akun bisnis atau kreator, pengguna bisa menggunakan alat analisis Instagram yang memungkinkan pengguna melihat dari mana pengikut berasal, kapan mereka aktif di Instagram, dan seberapa baik kinerja konten pengguna dan keterlibatannya dengan followers.

Untuk menemukan analitik di akun bisnis atau kreator Instagram, pengguna bisa: Menavigasikan ke profil di aplikasi IG di smartphone.

Lalu, pilih Dasboard profesional (tepat di atas tombol Edit profil). Lalu, pada layar Dasboard profesional, pilih See all (Lihat Semua) yang ada di sebelah kanan Account Insight (Wawasan Akun), lalu pengguna bisa memilih berbagai jenis metrik.

Mulai dari akun yang dijangkau atau akun yang terlibat untuk metrik dan data demografi lebih detail. 

4 dari 4 halaman

Ketahui Lokasi dan Waktu Aktif Followers

Jika pengguna memilih Total followers, pengguna bisa melihat informasi yang berguna, mulai dari lokasi followers dan waktu-waktu saat mereka aktif di Instagram. Kedua metrik ini bisa membantu pengguna menentukan kapan waktu ideal untuk unggah konten.

Pada opsi ini, pengguna perlu punya 100 followers sebelum bisa memantau analitik akun masing-masing.

Jika kamu tidak pakai akun bisnis atau kreator, pengguna bisa beralih ke akun yang dimiliki dalam beberapa langkah.

Pertama, masuk ke page Profile di aplikasi mobile Instagram. Lalu, ketuk ikon menu tiga garis. Lalu, pilih Setting > Account > Switch to Professional Account.

Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyiapan akun bisnis atau kreator.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.