Sukses

Apple Tak Akan Pakai Touch ID di iPhone 15

 

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, Apple dikabarkan ingin menggunakan kembali teknologi Touch ID untuk model flagship iPhone 15 mendatang.

Walau sedang melakukan uji coba secara intens, kecil kemungkinan Apple akan kembali memboyong teknologi tersebut ke seri iPhone baru dalam waktu dekat ini.

Seperti diketahui, Apple melakukan perubahan dari Touch ID ke Face ID untuk pertama kalinya ketika mengumumkan iPhone X pada 12 September 2017.

Sejak itu, perusahaan berbasis di Cupertino itu secara pasti menggunakan Face ID untuk model-model iPhone berikutnya.

Hal ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg, dimana dia menyebutkan Apple saat ini sedang berdiskusi soal kemungkinan pakai Touch ID di iPhone flagship mendatang.

Mengutip laporan Bloomberg, Senin (3/10/2022), Apple juga saat ini sedang menguji fitur Touch ID di layar atau di tombol power--seperti di iPad Air 4.

Meski banyak diskusi tentang bagaimana mengimplementasikan Touch ID ke model iPhone baru, semuanya masih jauh teralisasikan.

"Pada titik ini, saya percaya Face ID akan tetap dipakai dan Touch ID tidak akan kembali hadir di iPhone flagship--setidaknya dalam waktu dekat ini," tulis Gurman.

Terlepas dari tidak adanya Touch ID di iPhone 15, bukan hal yang tidak mungkin Apple akan menggunakan fitur ini untuk ponsel lebih terjangkau, seperti iPhone SE.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Ultra Bakal Tampil dengan Dua Kamera Selfie dan Port USB-C

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Lebih lanjut, salah satu model penerus iPhone 14 yang sudang banyak dibicarakan adalah iPhone 15 Ultra--tidak lagi pakai penamaan Pro Max.

Berdasarkan bocoran yang beredar saat ini, iPhone 15 Ultra akan tampil dengan dua kamera depan dan pilihan memori penyimpanan lebih besar dari iPhone 14 saat ini.

Adalah leaker dengan akun Twitter Majin Bu (@MajinBuOfficial) yang membagikan informasi tentang model premium iPhone 15 ini.

Dia menyebutkan, Apple akan melakukan perubahan besar terhadap desain iPhone 15 Ultra ketimbang model sebelumnya.

Adapun salah satu perubahan tersebut adalah iPhone 15 Ultra akan menjadi ponsel pertama Apple dengan dua kamera selfie.

Mengutip Android Authoriy, Rabu (28/9/2022), pengaturan dua kamera depan ini akan menjadi salah satu fitur yang membedakan model iPhone 15 Ultra dengan 15 Pro.

Selain menggunakan dua kamera depan, perusahaan bermarkas di Cupertino ini juga akan menyediakan opsi kapasitas penyimpanan di ponsel barunya itu.

Majin Bu mengklaim, iPhone 15 Ultra bakal hadir dengan kapasitas penyimpanan paling kecil di 256GB--iPhone 14 Pro Max mulai dari 128G.

Perubahan desain terakhir adalah mulai diadopsinya port USB-C. Namun, hal ini sudah diketahui sejak lama karena Apple diwajibkan menggunakan port universal ini bila ingin menjual iPhone-nya ke pasar Eropa.

 

3 dari 4 halaman

Adopsi Fitur Android di iPhone 15 Ultra

iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

iPhone 15 nantinya akan memiliki fitur serupa dengan yang sudah lebih dulu dinikmati pengguna HP Android.

Melansir dari unggahan Twitter LeaksApplePro, Rabu (21/9/2022), yang menuliskan daftar prediksi terkait penampilan iPhone selanjutnya.

Unggahan tersebut mengklaim bahwa keempat model iPhone 15 nantinya akan memiliki port USB-C, serta Dynamic Island yang akan tampil di keempat model perangkat.

Akun tersebut juga menyampaikan saran kepada Apple untuk meningkatkan chipset dari perangkat, yaitu dengan iPhone 15 dan 15 Plus menggunakan chip A16. Sedangkan seri iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max akan pakai chip A17.

Salah satu rumor menarik dari iPhone 15 adalah perubahan nama iPhone 15 Pro Max, yang diisukan akan berubah sebutan menjadi iPhone 15 Ultra.

 

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Ultra Bisa Rekam Video 8K

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Selain itu, iPhone 15 Ultra akan tampil dengan beberapa fitur baru yang tidak akan hadir di model iPhone lainnya.

Adapun fitur tersebut adalah kemampuan merekam video berkualitas 8K. Untuk pengguna Android, fitur ini sudah lama dinikmati.

Akan tetapi rumor ini belum jelas kepastiannya. Jika isu ini benar, dapat dilihat Apple sedang berusaha menyamakan langkah dengan fitur-fitur yang dimiliki Android.

Selain itu, ada juga bocoran yang menyebut perusahaan ingin meningkatkan daya baterai, khususnya pada model Ultra menjadi 3 sampai 4 jam.

Sayng, kabar ini masih berupa spekulasi dan belum bisa dipastikan kejelasannya. Namun, bisa dilihat banyak harapan agar Apple bisa meningkatkan teknologi untuk generasi iPhone selanjutnya.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.