Sukses

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Diam-Diam Tanpa Ketahuan

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan pengguna WhatsApp (WA) memiliki grup di dalam daftar chatroom-nya. Sebagian grup WhatsApp digunakan untuk melakukan percakapan bersama lebih dari dua orang. Tujuannya bisa untuk berdiskusi atau sekadar berbagi informasi.

Dari berbagai grup yang ada, tidak semua grup selalu untuk kebutuhan bisnis atau pekerjaan. Ada grup yang dibuat sebagai tempat berbagi hiburan dengan teman atau keluarga.

Namun, ada juga grup WA yang membuat penggunanya merasa tidak nyaman berada di dalam ruang percakapan tersebut.

Setiap pengguna WhatsApp mempunyai kemampuan yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan grup yang tidak mereka inginkan kapan saja mereka mau.

Akan tetapi, beberapa pengguna merasa segan untuk meninggalkan grup akan memunculkan notifikasi, membuat seluruh member di dalam ruang percakapan tahu dan bertanya-tanya sehingga menciptakan suasana yang tidak nyaman.

Untungnya, platform memberikan para penggunanya jalan keluar untuk menghindari situasi canggung ketika seseorang meninggalkan grup secara tiba-tiba.

Pengguna hanya bisa keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota grup dengan menggunakan versi platform yang terbaru.

Jadi, sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pastikan kamu sudah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi paling barunya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Update ke Versi WhatsApp Terbaru

Jika sudah menggunakan versi WhatsApp terbaru, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke daftar percakapan.

2. Cari grup yang ingin ditinggalkan dan pilih chat tersebut.

3. Ketuk nama grup yang berada di atas ruang percakapan.

4. Di dalam halaman informasi grup, scroll ke bawah untuk menemukan Exit Group.

5. Pilih opsi tersebut.

Versi terbaru dari WhatsApp memungkinkan pengguna meninggalkan grup tanpa memunculkan notifikasi ke anggota grup yang lain, kecuali admin grup tersebut.

Hal ini membuat member lain tidak secara langsung mengetahui Anda keluar dari grup, jika mereka tidak memeriksa ruang percakapan lalu masuk memeriksa daftar anggota grup.

3 dari 5 halaman

Fitur Baru WhatsApp Call Links

WhatsApp sendiri baru saja memperkenalkan fitur baru bernama Call Links. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan link undangan kepada pengguna lainnya untuk bergabung dalam panggilan telepon--seperti Zoom dan Google Meet.

Adapun fitur baru WhatsApp Call Links ini diungkap oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat postingan di akun Facebooknya.

Ia menyebutkan, pengguna kini dapat berbagi link undangan panggilan telepon lebih mudah dengan hanya men-tap nammer di atas tab Calls atau Panggilan.

"Kami meluncurkan Call Links di WhatsApp mulai minggu ini sehingga Anda bisa membagikan tautan untuk memulai panggilan dengan sekali klik," tulis Mark di akun Facebook, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (28/9/2022).

"Kami juga sedang menguji panggilan video terenskripsi yang aman hingga 32 orang. Lainnya akan segera hadir," tambahnya.

Fitur Call Links ini dapat segera bisa dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp mulai minggu ini. Pastikan saja kamu sudah meng-update aplikasi ke versi yang baru, dimana nanti akan tampil Call Links di bagian atas tab Calls.

Hal yang membuat fitur baru WhatsApp ini berbeda dengan panggilan biasa, adalah pengguna dapat melakukan panggilan langsung ke banyak pengguna. Disebutkan, pengguna kini dapat melakukan panggilan bersama hingga 32 orang dan sudah mendukung panggilan audio ataupun video. 

4 dari 5 halaman

WhatsApp bersaing dengan platform video call lainnya

Dengan hadirnya fitur Call Links yang memperluas kapasitas penggilan melalui WhatsApp, memasukkan platform ke dalam persaingan di antara aplikasi video call serupa, seperti Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom.

Platform kompetitor ini menawarkan kapasitas melakukan panggilan yang lebih besar dibandingkan fitur Call Links, yaitu 100 orang untuk Google dan Microsoft Teams, serta 300 orang untuk Zoom.

Untuk Zoom, yang termasuk sebagai aplikasi video call berbayar, platform ini membatasi durasi panggilan pengguna yang memiliki akun gratis.

Sementara itu, WhatsApp belum mengabarkan informasi lebih lanjut mengenai adanya batasan durasi panggilan. Platform ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dimanfaatkan pengguna yang ingin melakukan panggilan grup kecil dan personal.

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.