Sukses

Microsoft Rilis Windows 11 Update 2022, Boyong Ragam Fitur Baru

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja meluncurkan update Windows 11 dengan sejumlah pembaruan fitur, seperti keamanan, produktivitas, accessibility, dan gaming.

Perilisan update Windows 11 ini juga membawakan beberapa fitur terbaru lain, seperti interface yang didesain ulang, widget, Microsoft Teams lebih mudah diakses, hingga multiple desktop dan Snap Layouts and Groups.

Update Windows 11 memberikan penggunanya pengalaman menggunakan PC lebih mudah, dengan tampilan tombol Start Menu dan Quick Settings.

Fitur baru lain dari operating system ini adalah fitur Greener, dimana bertujuan untuk mengurangi produksi emisi karbon dari perangkat PC, sebagaimana dikutip dari Cnet, Kamis (22/9/2022).

Dengan ini Microsoft akan menjadwalkan pembaruan Windows 11 ketika perangkat dalam keadaan dinyalakan, terpasang charger, dan terhubung internet serta tersedianya data intensitas karbon regional.

Selain update, Microsoft juga berusaha mengurangi produksi emisi dengan mengubah pengaturan daya untuk Sleep dan Screen off, ketika PC sedang tidak digunakan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Lebih banyak Tool untuk mendukung produktivitas

Melalui update Windows 11 ini, fitur Snap Layout mampu mengatur tampilan desktop menjadi lebih fleksibel dengan peningkatan pada touch navigation dan kemampuan untuk membuka beberapa halaman browser di Microsoft Edge.

Pembaruan juga memperkenalkan Focus Session dan mode Do Not Disturb untuk meminimalisasi gangguan.

Jadi, ketika Focus Session dinyalakan, Windows secara otomatis juga akan mengaktifkan mode Do Not Distrub. Aktifnya Focus Session ini akan mematikan notifikasi, taskbar badges, dan notifikasi aplikasi lain yang ada pada taskbar.

Fitur ini juga meningkatkan kerja aplikasi Clock App dengan adanya Timer untuk membantu mengingatkan pengguna untuk mengambil waktu istirahat.

Microsoft menargetkan pengembangan fitur-fitur ini untuk para pengguna multitasker dan menginginkan tampilan desktop yang lebih terorganisasi.

3 dari 5 halaman

Peningkatan pada fitur accessibility dan Microsoft Teams

Windows 11 juga meningkatkan fungsi text-to-speech pada screen reader dari Windows.

Selain dari screen reader, ada Voice Access yang masih berada di dalam tahap pratinjau. Fitur ini masih berusaha dikembangkan dari fitur Voice Command sebelumnya yang memberikan pengguna kemampuan untuk mengontrol PC dan menulis teks menggunakan suara.

Saat pertama kali menggunakan Voice Access, pengguna akan diarahkan langsung untuk mengikuti tutorial menggunakan fitur tersebut dan akan menyampaikan feedback ketika tidak bisa mengenali kata yang disuarakan.

Ada juga fitur baru untuk menampilkan caption, yaitu System-wide Live Caption. Fitur ini nantinya akan tampil di bagian atas layar, tepatnya di bawah kamera PC, tetapi pengguna bisa mengubah posisi caption menjadi di bawah layar atau dalam bentuk floating window.

Perilisan Windows 11 juga membuat Microsoft menjadi lebih mudah diakses. Software ini memperkenalkan Windows Studio Effects, yang memberikan pengalaman terbaru bagi pengguna ketika melakukan panggilan atau video call.

Kamera Windows Studio memanfaatkan Voice Focus untuk menyaring suara bising dari lingkungan sekitar.

Terdapat blurred background dan Eye Contact, membuat pengguna tampak selalu melihat ke kamera. Ada juga Automatic Framing yang membuat kamera terus terfokus pada pengguna, meskipun terus bergerak ke mana-mana.

4 dari 5 halaman

Fitur keamanan dan Smart App Control

Microsoft meningkatkan keamanan PC dengan Smart App Control yang menjadi portal ketika pengguna mengunduh aplikasi. Alat ini akan memblokir aplikasi yang tidak resmi, berkas dokumen, dan aplikasi yang berpotensi membawa bahaya virus.

Prinsipnya, Smart App Control akan memprediksi keamanan aplikasi secara real-time. Sama seperti Windows Defender Application Control, alat ini juga dibangun dengan teknologi AI dan tersedia untuk penggunaan pribadi ataupun bisnis.

Selain itu, Defender SmartScreen dari Microsoft juga kini bisa mengidentifikasi saat pengguna sedang membuka situs web atau aplikasi yang berbahaya dan langsung mengirimkan peringatan.

Melalui pembaruan ini juga, Microsoft mengaktfikan Hypervisor-protected code integrity atau HVCI, dan meningkatkan perlindungan identitas dan manajemen password yang disederhanakan.

5 dari 5 halaman

Fitur Gaming dan Aplikasi Android

Bermain game dalam Windows 11 juga menjadi lebih mudah dengan adanya Controller bar terbaru. Update ini juga memberikan Xbox Game Bar tampilan yang baru untuk akses yang lebih cepat daripada tampilan sebelumnya.

Menurut Microsoft, pembaruan ini akan mengoptimalkan pengalaman bermain game dan meningkatkan latensi, serta membuka kunci Auto HDR dan Variable Refresh.

Pengguna yang juga memperoleh tampilan homepage baru di Microsoft Edge, yang menampilkan cerita yang dipersonalisasi, akses mudah ke Xbox Cloud Gaming Library, dan game yang baru saja dimainkan. Hadirnya Clarity Boost juga menyajikan grafis yang lebih tajam di cloud gaming.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS